oleh

GIIAS 2021: Dua Mobil Listrik Nissan dan GT-R Unjuk Gigi

Dua mobil listrik Nissan unjuk gigi di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Adalah All-New Nissan LEAF dan Nissan Kicks e-POWER, yang menempati booth utama dalam arena 1 gedung ICE BSD, Tangerang.

“Dengan sejarah panjang Nissan di mobilitas elektrifikasi global, kami ingin menawarkan pengalaman dan solusi inovatif untuk mobilitas listrik di Indonesia melalui The All-New Nissan LEAF dan Nissan Kicks e-POWER,” kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia, Evensius Go.

Evensius mengatakan kedua mobil listrik Nissan ini sebagai wujud visi dari Nissan Intelligent Mobility untuk mengubah cara mobil dikendarai, ditenagai, dan dapat terintegrasi dengan lingkungan sekitar.

“Kami sangat senang dapat kembali berpartisipasi di acara ini dan berkomitmen untuk terus menghadirkan jajaran produk Nissan serta teknologi unggulannya bagi para pelanggan kami di Indonesia,” tambahnya.

Nissan GT-R Ramaikan Booth Nissan

mobil listrik nissan
Nissan GT-R di GIIAS 2021

LEAF merupakan mobil listrik Nissan pertama yang dipasarkan secara massal dengan penjualan sudah mencapai 500 ribu unit secara global. Sedangkan untuk pasar Indonesia, Nissan sudah meluncurkan kendaraan ini di Agustus lalu.

Baca juga  Harga Nissan Leaf Indonesia Terungkap, Mobil Listrik Termurah?

Mobil listrik Nissan ini yang sudah sepenuhnya menggunakan baterai ini hadir dengan berbagai teknologi yang diklaim memberikan pengalaman berkendara yang lebih ramah lingkungan dan lebih aman.

Bicara spesifikasi, mobil All New Nissan Leaf dibekali motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 110 kW atau setara 150 PS dan torsi maksimum 320 Nm.

Mobil listrik Nissan ini dapat berakselerasi dari kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 7,9 detik dan kecepatan maksimalnya mencapai 155 km/jam.

Motor listrik tersebut ditenagai baterai lithium-ion 40 kWh yang dapat menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya. Menurut NIssan hal ini setara dengan penggunaan rata-rata harian 40 km selama satu minggu dengan hanya satu kali pengisian penuh.

Pengisian daya menggunakan charger portable (3,3 kw) dapat mengisi penuh dalam waktu 12 hingga 15 jam. Sementara untuk pengisian daya Home Charger (AC 7,4 kW) yang dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 5 hingga 7 jam.

Nissan Leaf terbaru ini juga sudah mengusung teknologi Nissan Intelligent Driving berupa e-Pedal.

Baca juga  Segini Hasil Uji Keselamatan Nissan Kicks, Memuaskan?

Teknologi ini memungkinkan pengemudi memulai berkendara, berakselerasi, deselerasi, dan berhenti dengan hanya menggunakan satu pedal untuk menambah atau mengurangi tekanan pedal gas.

Sedangkan Nissan Kicks yang disemati teknologi e-Power, memungkinkan pengendara menikmati pengalaman berkendara mobil listrik sepenuhnya tanpa perlu charger (pengisi daya) eksternal.

Pada sistem e-POWER, kendaraan digerakkan 100 persen melalui motor listrik, sementara mesin bensin hanya digunakan untuk mengisi daya baterai, sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih efisien.

Terkait mesinnya, Nissan membekali Kicks e-Power dengan kapasitas 3-silinder 1.200 cc. Mesin ini menyokong baterai Lithium-ion dan motor listrik bertenaga 129 ps dan torsi puncak 260 Nm. Konfigurasi tersebut diklaim memiliki efisiensi konsumsi bahan bakar hingga 4,6 liter/100 km.

Nissan Kicks e-Power dibandrol Rp471 juta. Sedangkan Nissan Leaf dengan harga Rp 649 juta untuk opsi one tone dan Rp 651 juta untuk opsi dual tone.

Nissan juga memajang Nissan GT-R, All-New Nissan Magnite, Nissan Serena, dan Nissan Livina di GIIAS 2021. Demikian ulasan terkait mobil listrik Nissan di GIIAS 2021. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Baca juga  Aplikasi GIIAS Auto360, Terobosan Baru Pameran Otomotif Indonesia

Terbaru