by

Honda HR-V Turbo Segera Masuk Indonesia!

Kemungkinan tidak lama lagi, Honda HR-V Turbo siap masuk Indonesia. Informasi ini kami dapatkan lewat laman resmi Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai Informasi Nilau Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).

Diketahui, di laman tersebut Honda telah mendaftarkan NJKB anyar untuk HR-V. Tampak ada empat varian yang meluncur: HR-V 1.5L E CVT, HR-V 1.5L S CVT, HR-V 1.5L SE CVT, dan HR-V 1.5T RS CVT.

Ketiga varian yang disebutkan di awal tampak tidak aneh. Hanya saja varian terakhir cukup menarik perhatian, lantaran ada kode huruf T di belakang angka 1.5. Biasanya arti huruf T tersebut adalah turbo.

Oleh karenanya, kami yakin bahwa nantinya bakal hadir Honda HR-V Turbo untuk pasar otomotif Indonesia. Lalu varian turbo ini sepertinya jadi penghuni varian tertinggi yang menggantikan HR-V 1.8.

Tidak kalah istimewa, mobil Honda HR-V Turbo menggunakan tipe RS. Jadi kemungkinan akan punya aksesori eksterior dan interior yang lebih sporty.

Bicara harga, HR-V terbaru sepertinya akan sangat menarik. Pasalnya dilihat dari NJKB, justru lebih murah dari model yang dijual saat ini.

Baca juga  5 Perbedaan Honda City Hatchback Vs Jazz, Berubah Total!

Ambil contoh varian termurah atau HR-V S anyar punya NJKB Rp 225 juta, sementara model lamanya Rp 232 juta. Kemudian HR-V Turbo NJKB Rp 305 juta, bandingkan dengan model lawas HR-V 1.8 Rp 314 juta.

Mesin Honda HR-V Turbo Pakai Miliki CR-V?

honda hr-v turbo
Kemungkinan HR-V terbaru bakal pakai jantung mekanis 1.500 cc turbo seperti punya CR-V

Kira-kira seperti apa spesifikasi mesin Honda HR-V Turbo? Sebenarnya di Jepang pernah ada Vezel (nama lain HR-V di negeri sakura) bermesin turbo, bernama Vezel Touring.

Mobil ini menggendong mesin 1.5-liter VTEC Turbo empat silinder berbahan bakar bensin. Di atas kertas, mampu melontarkan torsi hingga 220 Nm dan tenaga 182 PS. Padanannya adalah transmisi CVT.

Sebenarnya mesin itu persis dengan yang digunakan oleh Honda CR-V di Tanah Air. Jadi, tidak aneh ketika Honda HR-V Turbo di pasar Indonesia nanti pakai mesin CR-V.

Tentu strategi ini bisa membuat bujet produksi HR-V terbaru jadi lebih hemat. Honda pun sudah biasa melakukan penggunaan mesin sama di berbagai model. Ambil contoh BR-V 2022 pakai jantung mekanis serupa City Hatchback.

Baca juga  Video Honda City Hatchback Tersebar di Indonesia

Bila benar Honda HR-V Turbo siap meluncur di Tanah Air tidak lama lagi, tentu membuat pertarungan di kelas SUV ringkas semakin ramai. Mobil ini bakal berhadapan langsung dengan Mitsubishi Eclipse Cross serta Toyota Corolla Cross.

Hanya saja yang sampai sekarang belum jelas adalah wujud dari HR-V terbaru tersebut. Kemungkinan terbesarnya, wujud SUV ringkas ini bakal berubah seperti halnya Honda Vezel yang ada di Jepang. Artinya bodi lebih bongsor serta tampilan lebih gagah dibanding model yang dijual sekarang.

Sekian informasi tentang Honda HR-V turbo. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru