Friday, February 3, 2023
Banner

Jalur Pansela Siap Untuk Mudik 2023, Alternatif Pantura!

by Firdaus Ali
jalur pansela

Jalur Pansela (Pantai Selatan) dinyatakan siap dilalui oleh para pemudik lebaran 2023. Hal itu diungkapan oleh Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi dan Dirjen Hubdat (Direktur Jenderal Hubungan Darat), Hendro Sugianto.

Dilansir dari laman Korlantas Polri, Irjen Pol Firman mengatakan, secara fisik jalanan jalur Pansela bisa dijadikan alternatif mudik 2023 dengan mobil atau kendaraan pribadi. Informasi tersebut dia kabarkan setelah melakukan pengecekan jalur arus mudik pantai selatan dalam rangka persiapan operasi ketupat 2023.

“Kita tidak menggunakan pendekatan percepatan di sini untuk sampai di tujuan, tapi lebih kepada menikmati jalur Pantai Selatan. Jadi ini semacam sasaran antaran sebelum sampai ke tujuan mudik,” ujar Irjen Pol Firman beberapa waktu lalu.

Irjen Pol Firman menambahkan bahwa pihaknya juga sedang menyiapkan personel untuk memperlancar arus mudik di jalur Pansela. Hanya saja terkait jumlah personel yang diturunkan, belum final.

“Tentang keberadaan personel, sementara ini kami minta Polda Banten menghitung betul, apakah kami perlu membuka pos dengan kategori tertentu?,” imbuh Firman.

Sementara itu Dirjen Hubdat, Hendro Sugiatno mengajak masyarakat yang akan melakukan mudik melewati jalur Pansela. Tujuannya supaya para pemudik bisa berwisata dan menikmati kuliner di sepanjang perjalanan, sebelum sampai di kampung halaman.

“Hari ini kita mengunjungi tempat wisata di daerah Karangpotong, Sindangbarang Cianjur, bagi masyarakat yang lewat jalur selatan bisa mampir ke tempat-tempat wisata karena viewnya luar biasa. Seperti Benteng Pendem, Benteng Van Der Wijck, Pantai Pangandaran, Pantai Ujung Genteng, dan Pantai Petanahan.” terang Hendro.

Sebagai informasi, Dikutip dari data Kementerian PUPR, panjang jalan jalur Pansela mencapai 1.405 kilometer, dengan lebar rata-rata jalan yang dilewati rata-rata mencapai 5-7 meter. Terdapat beberapa fasilitas seperti SPBU serta lokasi pemberhentian dan pos penjagaan yang dibuka di sepanjang jalur ini untuk memenuhi kebutuhan para pengendara.

Jalur Pansela Melintasi 23 Kabupaten

jalur pansela

Salah satu ruas jalan Pantai Selatan. Foto: Istimewa

Bagi pemudik yang akan melintasi jalur Pantai Selatan dari Pelabuhan Merak sampai ke Banyuwangi, maka akan melintasi 23 Kabupaten sekaligus. Pemandangannya indah, karena berdekatan dengan laut. Berikut daftar daerah yang dilewati:

  • Jalur Pansela di Provinsi Banten melewati Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan kabupaten Lebak.
  • Jalur Pansela di Provinsi Jawa Barat melewati Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran.
  • Jalur Pansela di Provinsi Jawa Tengah melewati Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Purworejo.
  • Jalur Pansela di Provinsi DI Yogyakarta melewati Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Bantul, dan kabupaten Gunungkidul.
  • Jalur Pansela di Provinsi Jawa Timur melewati Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Banyuwangi.

Kelebihan lain jalur Pansela untuk mudik 2023 dengan mobil pribadi adalah relatif sepi. Hanya saja memang banyak medan yang berkelok-kelok, tidak seperti jalur Pantai Utara (Pantura) yang didominasi oleh jalan tol yang lurus.

Moladiners, itulah ulasan mengenai jalur Pantai Selatan yang sudah siap untuk dilalui untuk mudik 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya. 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika