by

6 Koleksi Mobil Eddie Van Halen, Ada Lamborghini Klasik

Eddie Van Halen kerap ditemani, mobil-mobil eksotis berbanderol fantastis dalam kesahariannya. Koleksi mobil Eddie Van Halen terbilang cukup banyak, bahkan sebagian koleksinya pernah dipacu di sirkuit.

Seperti diketahui Eddie Van Halen, gitaris kondang sekaligus founder band Van Halen tutup usia pada Rabu (7/10/2020) lalu. Setelah berjuang cukup lama melawan penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

Pria yang punya ibu berdarah Indonesia itu meninggal di usia 65 tahun dan meninggalkan sejumlah kisah menarik seputar koleksi mobil Eddie Van Halen. Ia dikenal sebagai salah satu musisi yang punya mobil eksotis yang sering dipacu di sirkuit.

Adapun mobil-mobil yang kerap menemani Eddie Van Halen mulai dari Lamborghini, Ferrari, Porsche dan masih banyak lagi. Kecintaannya terhadap mobil-mobil bertenaga buas sendiri diketahui sejak tahun 70-an.

Lalu apa saja sebenarnya koleksi mobil Eddie Van Halen? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Lamborghini Miura, Koleksi Mobil Eddie Van Halen

Lamborghini Miura, koleksi mobil Eddie Van Halen yang cukup bersejarah
Lamborghini Miura, koleksi mobil Eddie Van Halen yang cukup bersejarah

Bicara mengenai koleksi mobil Eddie Van Halen, musisi kondang ini diketahui pernah memiliki Lamborghini Miura. Mobil tersebut sempat menghiasi klip lagu Van Halen berjudul Panama.

Layaknya anak-anak yang besar di Pasadena California, Eddie diketahui gemar mengoleksi mobil-mobil eksotis dan memacunya di lintasan balap. Lamborghini Miura diketahui dibekali dengan mesin yang buas.

Di mana Lamborghini Miura dipersenjatai mesin berkapasitas 4.0 liter V12 DOHC dengan sistem pasokan bahan bakar menggunakan empat karburator Weber IDL40 3C 3-barrel downdraft, sistem pengapian dari Bosch, serta alternator 770 watt.

Baca juga  5 Mobil Sean Connery Saat Beraksi Sebagai James Bond

Mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 370 hp dengan torsi 388 Nm. Kecepatan puncak mobil supercar ini mencapai 285 km/jam. Torehan tersebut membawa Miura jadi salah satu supercar tercepat di dunia pada masanya.

2. Porsche 911 GT3 RS

Porsche GT3 RS koleksi mobil Eddie Van Halen
Porsche GT3 RS koleksi mobil Eddie Van Halen

Bicara mengenai koleksi mobil Eddie Van Halen lainnya, datang dari pabrikan asal Jerman, Porsche. Eddie pernah memiliki Porsche 911 GT3 RS, dan Ia mengklaim memang mengagumi sosok mobil satu ini.

Kekaguman Eddie Van Halen terhadap Porsche 911 GT3 RS bukan tanpa alasan. Eddie mengakui sangat sulit menaklukan mobil sport tersebut.

Hingga akhirnya Ia meminta bantuan bengkel BBI Autosport untuk membuat suspensi khusus, agar lebih mudah untuk dikendarai.

“Suspensi itu memang lain, tapi saya apresiasi Porsche yang membuat handlingnya begitu presisi. Saya tidak tahu bagaimana Porsche bisa melakukannya. Yang penting itu baru pertama kalinya saya bisa drifting dengan Porsche,” ujar Eddie.

3. Ford Model 40A

Ford Model 40A
Ford Model 40A, menjadi koleksi mobil Eddie Van Halen

Koleksi mobil Eddie Van Halen berikutnya adalah Ford Model 40A yang beberapa tahun menemani mobilitasnya. Mobil ini laku terjual di tahun 2015 lalu dengan banderol Rp 884 juta.

Baca juga  9 Kisaran Harga Mobil Mewah Artis Indonesia

Meski tercatat bukan sebagai pemilik terakhir dari mobil berdesain vintage tersebut. Namun tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik mobil berikutnya.

Pasalnya di dokumen asli kendaraan, tentunya tertuliskan kepemilikan sang vokalis yang bernama asli Edward L Van Halen tersebut.

Bicara produk, Ford Model 40A berkelir merah bekas Eddie Van Halen itu dibekali mesin V8 B&M SuperCharged 350, yang dipadukan dengan transmisi 700R Overdrive.

4. Ferrari 348 Produksi 1990

Ferrari 348 1990
Ferrari 348 1990 pernah menemani kesaharian Eddie Van Halen

Tidak hanya Lamborghini Miura, koleksi mobil Eddie Van Halen berikutnya adalah Ferrari 348 lansiran 1990. Supercar asal Italia milik Eddie tersebut punya corak warna Grigio Metallic atau yang dikenal juga dengan abu-abu.

Sedikit membahas mengenai spesifikasi Ferarri 348 1990, mobil ini mengusung mesin V8 berkubikasi 3.400 cc. Sama dengan Ford Model 40A, Ferrari kesayangan Eddie Van Halen tersebut juga sudah laku terjual pada tahun 2015 lalu.

5. Chevrolet Nova 1970

Chevrolet Nova
Chevrolet Nova, mobil eksotik bertenaga buas

Chevrolet Nova 1970 menjadi salah satu koleksi mobil Eddie Van Halen. Mobil tersebut memiliki banderol USD 100.000 atau setara dengan Rp 1,5 miliar (kurs Rp14.553 per USD).

Menariknya Chevrolet Nova peninggalan Eddie Van Halen punya kelir “tang yellow orange”. Mobil ini merupakan hasil garapan Bones Fab.

Di atas kertas, Chevrolet Nova dibekali mesin 650HP LSX 454. Menurut informasi, suspensinya mendapatkan sentuhan modifikasi dan ban dipasang yang lebih besar khusus untuk sang musisi.

Baca juga  4 Koleksi Mobil BJ Habibie, Langka dan Mewah

Layaknya musisi papan atas dunia, mobil ini dilengkapi plat nomor bertuliskan “GOT LSX”. Kala mengemudikan mobil ini, kabarnya Eddie kerap memacunya di jalan raya California.

6. Mercedes-Benz ML63 AMG

Mercedes-Benz ML63 AMG
Mercedes-Benz ML63 AMG pernah digunakan Eddie Van Halen

Mercedes-Benz ML63 AMG menjadi salah satu koleksi mobil Eddie Van Hallen yang punya cerita unik. Pasalnya sang musisi memiliki pengalaman berkesan kala mengemudikan mobil ini.

Eddie pernah ditilang oleh polisi ketika memacu Mercedes-Benz ML63 AMG. Untungnya, surat tilang tersebut dibatalkan, setelah komandan polisi yang menilangnya tahu bahwa sang pengemudi Eddie Van Halen.

“Saya berkendara melebih batas kecepatan dan ditilang oleh petugas. Namun begitu komandannya tahu bahwa yang mendapat tilang saya, Ia membatalkannya dan berkata ‘Anda tidak perlu memberi surat tilang kepada Eddie Van Halen’,” cerita Eddie kala itu.

Semoga informasi mengenai koleksi Eddie Van Halen ini bisa menjadi kenangan untuk kita semua. Karya-karya sang musisi tetap melekat bagi para pecinta Van Halen di Indonesia.

Baca juga:

Terbaru