by

7 Rekomendasi Motor Bekas Rp 3 Jutaan, Dapat Matik?

Motor Bekas Rp 3 Jutaan – Dengan harga yang jauh lebih terjangkau daripada motor baru, motor bekas masih banyak diburu hingga sekarang. Terlebih gap banderol antara keduanya cukup signifikan.

Saat ini, varian motor bekas yang terbilang cukup murah pun sudah beragam. Para calon pembeli dapat menentukan motor pilihan berdasarkan merek, tipe, tahun produksi, atau lama penggunaan motor.

Asal kualitasnya bagus, membeli motor bekas juga dapat memenuhi kebutuhan akan alat transportasi. Terlebih yang jenis matik, pasti sangat memudahkan. Pasalnya motor matik punya pengoperasian mudah. Tinggal gas dan rem. Konsumsi BBM kuda besi ini pun terbilang irit. Melewati kemacetan jalan, pasti motor matik bisa jadi pilihan tepat.

Pertanyaannya, apakah ada motor matik dalam kondisi bekas yang harganya cuma Rp 3 jutaan? Tentu saja ada, bahkan pilihannya cukup banyak. Jika kamu penasaran, berikut rekomendasi motor bekas Rp 3 jutaan:

1. Yamaha Mio Tahun 2008, Motor Matic Bekas Rp 3 jutaan

Yamaha Mio SportyYamaha Mio 2008 punya bodi ramping, ketika itu pabrikan garpu tala memproduksinya khusus untuk konsumen wanita

Motor bekas Rp 3 jutaan yang pertama datang dari salah satu varian skuter matik produksi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Tidak lain adalah Yamaha Mio.

Hanya saja bukan Mio 125, varian ini merupakan Mio generasi pertama produksi 2008. Ciri khasnya punya bodi ramping, lampu masih di batok, dan di tameng depan ada kisi-kisi udara dekat sein.

Mio generasi pertama tersedia dalam opsi pelek jari-jari dan cast wheel. Biasanya untuk versi jari-jari, harganya akan lebih murah.

Lalu soal mesin, Mio keluaran 2008 masih mengandalkan kapasitas 113 cc dan pakai sistem penyemprotan bahan bakar karburator. Terkait irit, Mio bekas ini juga dijamin hemat bahan bakar. Dengan bensin 1 liter, dapat digunakan menempuh jarak sekitar 40 km.

Yamaha Mio bekas generasi pertama ini dijual dengan harga pasaran Rp 3,8 juta. Hanya saja soal kondisi, jangan berharap sangat baik. Layak pakai saja sebenarnya sudah bagus.

2. Suzuki Spin Tahun 2006

motor bekas Rp 3 jutaan suzuki spin 125 001
Suzuki Spin istimewa karena pakai mesin 125 cc, namun bodinya tidak terlalu bongsor

Bila kamu melirik motor matic bekas Rp 3 jutaan dengan tahun produksi lawas, bisa cek Suzuki Spin 125. Motor matik ini diproduksi sejak 2006 hingga 2011. Jadi memang waktu peredarannya tidak cukup lama di Indonesia.

Baca juga  Komparasi Yamaha Mio Vs Honda Beat, Lebih Baik Mana?

Kelebihan Suzuki Spin 125 adalah punya kapasitas mesin 125 cc. Jadi soal performa tidak perlu diragukan. Kemudian jantung mekanis tersebut masih pakai karburator.

Soal dimensi, motor Suzuki ini memiliki panjang 1.859 mm, lebar 654 mm, dan tinggi 1.046 mm. Dimensi tersebut lebih besar dari Mio generasi pertama.

Hanya saja memang Suzuki Spin 125 termasuk produk yang jarang ada di dealer motor bekas. Maklum ketika masih diproduksi secara baru, Spin 125 tidak terlalu laris. Alhasil bisa dikatakan ini salah satu motor langka di Indonesia.

Baca juga:

3. Yamaha Vega R Tahun 2008

motor bekas Rp 3 jutaan yamaha vega r 001
Motor bebek Yamaha Vega R punya bodi ramping dan mesin irit

Pilihan motor bekas Rp 3 jutaan selanjutnya, datang dari jenis bebek yaitu Yamaha Vega R lansiran 2008. Kenapa mau beli motor bebek? Ada banyak alasan yang membuat kuda besi ini layak dipunya.

Motor bebek lebih irit dibanding matik. Kemudian performa motor bebek juga lebih apik terutama dalam melibas tanjakan. Selain itu, ground clearance yang tinggi membuat motor jenis ini tidak mudah bersinggungan dengan aspal, terutama saat melewati jalan bergelombang.

Lalu bagaimana dengan Vega R lansiran 2008? Produk pabrikan garpu tala ini sudah memenuhi tiga unsur di atas. Soal irit, kapasitas mesinnya cuma 110 cc, jadi tidak perlu lagi diragukan. Vega R merupakan salah satu motor bebek dengna konsumsi BBM paling irit di Indonesia.

Soal performa pun tergolong baik, apalagi cuma diajak berkendara di perkotaan. Kelebihan lain dari Vega R punya bodi ramping. Alhasil siapa saja bisa mengendalikannya dengan mudah.

4. Honda Vario 110 Tahun 2006

motor bekas Rp 3 jutaan honda vario 110
Vario generasi pertama memiliki mesin 110 cc dengan pendingin cairan

Jika kamu mengincar motor matic bekas Rp 3 jutaan dari Honda dan harus matik, maka Vario 110 lansiran 2006 bisa jadi jawaban. Inilah Vario generasi pertama. 

Usianya memang tidak bisa dikatakan muda, namun soal performa tidak perlu diragukan. Apalagi jika kamu dapat dalam kondisi baik.

Honda Vario generasi pertama menggunakan kapasitas mesin 110 cc dan sudah dilengkapi radiator. Hanya saja untuk sistem penyemprotan bahan bakar, masih mengandalkan karburator. Walau begitu, mesinnya terbilang bandel. Oleh karena itu, banyak konsumen motor bekas yang mengincarnya.

Baca juga  Ini Kelebihan All New Nmax ABS, Honda PCX Lewat

Kelebihan lain dari motor ini, walau kapasitasnya cuma 110 cc, tapi bodinya cukup bongsor. Alhasil kalau kamu pemilik badan besar, tidak terlalu masalah menungganginya.

5. Honda Revo Tahun 2007

motor bekas Rp 3 jutaan honda revo
Motor bebek Honda ini juga dikenal irit dan punya mesin bandel

Cari motor bekas Rp 3 jutaan dari merek Honda tapi berjenis bebek, maka pilihannya Revo generasi pertama. Kuda besi tersebut merupakan penerus dari Honda Supra yang punya tingkat keiritan sebanding dan dimensi ringkas.

Bisa dikatakan Honda Revo merupakan lawan dari Yamaha Vega R. Hanya saja soal performa memang Revo sedikit di bawah. Kenapa? Kapasitas mesinnya cuma 97,1 cc. Walau begitu, dari sisi ketahanan mesin, sungguh tidak perlu ragu. 

Honda Revo generasi pertama, selain pakai mesin kecil juga masih karburator. Barulah pada 2009, motor bebek ini berevolusi jadi Absolute Revo yang pakai mesin 110 cc.

Soal irit, jangan pernah ragukan Revo. Selaku penerus dari Honda Supra X, tentunya konsumsi BBM motor bebek ini sangat irit. Cocok buat penggunaan sehari-hari di kepadatan jalan kota.

6. Suzuki Smash Titan Tahun 2010

motor bekas Rp 3 jutaan honda revo
Smash Titan merupakan salah satu motor bekas Rp 3 jutaan yang layak dibeli

Motor bekas Rp 3 jutaan berikutnya adalah Suzuki Smash Titan lansiran 2010. Ini merupakan motor bebek yang dikenal dengan sebutan si gesit irit.

Desainnya meruncing dan pakai mesin 115 cc. Tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 8,2 hp pada 8.000 rpm dan torsi puncaknya 8,9 Nm pada 5.000 rpm.

Hanya saja memang usia Suzuki Smash Titan tidak lama, cuma tiga tahun dari 2010 hingga 2013. Alhasil motor ini agak sulit dicari. Terlebih selama masih diproduksi, masyarakat Indonesia tidak terlalu tertarik memilikinya.

Alasan utama Smash Titan kurang laris adalah desain yang agak aneh. Lihat saja sayapnya yang melekuk-lekuk, tidak lazim digunakan motor bebek pada zamannya. Inilah memang ciri khas Suzuki dibanding Yamaha dan Honda. 

7. Yamaha Jupiter MX Tahun 2008

motor bekas Rp 3 jutaan jupiter mx
Performa mesin mantap adalah keunggulan Yamaha Jupiter MX 135

Terakhir buat yang suka performa mantap, dapat memilih Yamaha Jupiter MX tahun 2008 sebagai motor bekas Rp 3 jutaan. Keistimewaan kuda besi ini dilengkapi mesin 135 cc.

Jantung mekanis tersebut dikenal mampu menghasilkan akselerasi jempolan. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan, mencapai 11,3 hp pada 8.500 rpm. Oleh karena itu, Yamaha Jupiter MX 135 atau generasi pertama pada masanya suka dipakai balapan. Performa mesinnya memang sungguh patut diacungi jempol. Apalagi ketika itu belum ada motor bebek dengan kubikasi 150 cc seperti sekarang.

Baca juga  5 Prediksi Yamaha Mio Terbaru, Berubah Total?

Ciri khas Jupiter MX lansiran 2008 memiliki desain tajam, beda dari motor lain. Ada gap cukup jauh antara sepatbor depan dengan tameng. Kemudian bodi juga dibuat cukup berotot dan bersudut.

Tips Beli Motor Bekas Rp 3 Jutaan

Tips Beli Motor Bekas
Beli motor bekas dengan harga murah, tentu perlu siapkan sejumlah uang tambahan untuk perbaikan

Kalau kamu sudah menentukan motor bekas Rp 3 jutaan yang jadi incaran, apakah langsung beli? Jangan dulu. Kamu wajib cek lebih jauh soal kendaraan tersebut.

Mulai dari penjualnya, harus dipastikan bahwa tidak ada maksud untuk menipu. Sebisa mungkin pilih penjual yang terpecaya. Kalau memang dapat dari laman online, sebaiknya ajak bertemu langsung. Hal ini dimaksudkan meminimalkan potensi penipuan.

Lalu kamu wajib tahu, bahwa motor bekas Rp 3 jutaan, baik itu berjenis matik atau bebek, biasanya sudah berusia 10 tahun. Pasti banyak komponen yang telah aus dan perlu diganti. Maka siapkan uang lebih untuk berjaga-jaga bila diperlukan penggantian komponen. 

Jangan pula ragu melakukan test ride. Coba semua fungsi motor, mulai dari menyalakan mesin, lampu, klakson, hingga rem. Rasakan pula bantingan suspensinya. Biasanya kaki-kaki kerap jadi masalah di motor usia senja.

Jika kamu dapat motor matik bekas Rp 3 jutaan dengan usia muda, wajiblah waspada. Mungkin motor tersebut tidak didukung dengan surat-surat yang sah. Bisa jadi pula ada bekas kebanjiran atau kecelakaan.

Lebih baik teliti sebelum membeli, agar tidak menyesal kemudian. Itulah tadi tips beli motor bekas Rp 3 jutaan. Semoga bermanfaat untuk kamu ya!

Untuk informasi lengkap soal dunia otomotif, kamu bisa pantau terus Moladin.

Baca juga;

Terbaru