by

5 Kelebihan Honda Vario 125 Dibanding Yamaha Freego

Kelebihan Honda Vario 125 – Kini pilihan motor matik 125 cc semakin beragam. Selain ada Honda Vario 125, Yamaha juga mengeluarkan penantang yaitu Yamaha Freego.

Kalau dilihat dari fitur, Yamaha Freego punya banyak keunggulan dibanding Honda Vario 125. Sebut saja keyless, bagasi luas, hingga harga terjangkau.

Meski demikian, motor matik berlogo sayap tidak serta merta kalah begitu saja. Terbukti dari penjualannya yang tetap laris di pasar otomotif Indonesia.

Apa sih yang membuat kuda besi ini begitu diminati? Untuk jawabannya, simak 5 kelebihan Honda Vario 125 berikut ini:

1. Performa Mesin Mantap

mesin vario
Jantung mekanis Vario 125 telah dilengkapi pendingin cairan

Kelebihan Honda Vario 125 yang pertama adalah performa mesin mantap. Kapasitasnya boleh sama-sama 125 cc dengan Yamaha Freego, namun Honda terlah menyematkan teknologi pendingin cairan.

Alhasil mesin Vario 125 punya suhu yang selalu sejuk dan berefek performa yang stabil meski dipakai dalam perjalanan jauh. Kemudian di atas kertas, performanya juga mengungguli Yamaha Freego.

Mesin Honda Vario 125 bisa mengeluarkan torsi hingga 10,8 Nm pada 5.000 rpm dan tenaga maksimal 11 hp pada 8.500 rpm. Sementara mesin Yamaha Freego yang masih mengandalkan pendingin udara, torsinya cuma 9,5 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga 9,38 hp pada 8.000 rpm.

Baca juga  5 Kelebihan Yamaha Freego yang Tidak Dipunya Vario 125

2. Kapasitas Tangki Bensin

honda vario 125
Honda Vario 125 punya tangki bensin besar hingga 5,5 liter

Kelebihan lain dari Honda Vario 125, kapasitas tangki bensinnya sangat besar. Tangkinya mampu menampung bahan bakar minyak (BBM) hingga 5,5 liter. Kapasitas tersebut jauh melebihi tangki Yamaha Freego yang cuma 4,2 liter.

Tangki bensin besar merupakan keuntungan, lantaran pengendara jadi tidak perlu sering-sering mengunjungi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) saat melakukan perjalan jauh. Para penikmat touring pasti mengerti hal ini!

Baca juga:

3. Kompartemen Depan

kunci motor honda vario
Vario 125 memiliki kompartemen depan luas

Kelebihan Honda Vario 125 selanjutnya ada di kompartemen atau tempat penyimpanan depan. Pabrikan berlogo sayap memberinya dua kompartemen, di sisi kiri dan kanan dashboard.

Sementara Yamaha Freego tidak punya fitur tersebut. Sisi kiri dashboardnya dijadikan lubang tangki bensin dan sebelah kanan dipakai sebagai tempat kunci kontak.

Hadirnya kompartemen depan di Honda Vario1 25 tentu sangat menguntungkan. Fitur ini dapat dipakai meletakkan berbagai barang, seperti botol minum, uang, sampai sarung tangan.

Di samping itu, Vario 125 juga punya pengait di tengah dashboard untuk menggantung kantong belanjaan. Tidak ketinggalan, bagasinya pun cukup luas untuk menyimpan helm full face jenis tertentu (kapasitas 18 liter).

Baca juga  15 Motor Matic Bagasi Besar untuk Menyimpan Helm atau Barang-Barang Lain

Kalau kedua kompartemen yang disebutkan terakhir tersebut, Yamaha Freego punya. Bahkan bagasi Freego lebih luas dengan kapasitas hingga 25 liter.

4. Tinggi Jok Honda Vario 125 Cuma 769 mm

vario 125 vs freego
Jok Vario 125 lebih rendah dari Freego

Satu lagi yang jadi kelebihan Honda Vario 125 adalah jok rendah. Tingginya cuma 769 mm, jauh lebih rendah dibanding jok Yamaha Freego yang mencapai 778 mm.

Alhasil pengendara pemula dengan postur 168 cm merasa percaya diri menunggangi Vario 125. Kaki dapat dengan mudah menapak ke aspal.

Sementara jok Freego bukannya tidak ramah untuk pemula, namun memang posisinya sedikit lebih tinggi. Di samping itu, desain jok yang lebih lebar juga membuat kaki pengendara lebih membuka.

Plus bodi Yamaha Freego punya dimensi lebih lebar. Alhasil butuh sedikit penyesuaian saat menungganginya pertama kali.

Bila melihat spesifikasinya, Yamaha Freego punya dimensi lebar 690 mm dan tinggi 1.100 mm. Sementara Honda Vario 125 tampil lebih ramping degan lebar cuma 679 mm dan tinggi 1.062.

5. Sistem Pencahayaan Honda Vario 125 Sudah Full LED

lampu led vario
Lampu depan, sein, dan belakang sudah full LED

Terkait sistem pencahayaan lampu depan, kedua rival ini memang sudah LED. Namun kelebihan Honda Vario 125 sudah full LED. Jadi bukan cuma di lampu depan, tapi juga sein dan lampu belakang.

Baca juga  7 Kekurangan Yamaha Nmax Terbaru, Cek Sebelum Beli

Dengan demikian penggunaan daya baterai aki harusnya jadi hemat, lantaran LED memang tidak butuh banyak tegangan listrik dibanding bohlam. Efeknya tentu ke sistem kelistrikan motor yang lebih stabil dan awet.

Fitur lain yang dipunya Vario 125 adalah panel instrumen digital dan alarm (khusus varian tertinggi). Kehadiran panel instrumen digital tentu membuat motor tampak modern, Freego juga punya. Sementara alarm untuk mencegah maling.

Itulah tadi kelebihan Honda Vario 125, apakah kamu tertarik meminangnya? Motor matik ini dijual dalam dua varian: CBS dan ISS. Harga Vario 125 CBS Rp20.6 juta (OTR Jakarta) dan versi ISS Rp21,505 juta (OTR Jakarta).

Perbedaan varian CBS dan ISS ada di fitur penghemat konsumsi bahan bakar. Sesuai namanya, varian ISS (idling stop system) mampu menonaktifkan mesin secara otomatis saat motor berhenti lebih dari tiga detik. Alhasil bahan bakar dapat terpakai lebih optimal, tidak terbuang sia-sia di kemacetan.

Comment

Leave a Reply

Terbaru