Belum Puas Dengan Yamaha R15? Mau Modif? Baca Ini Dulu


Notice: Undefined index: title in /var/www/localhost/htdocs/blog/wp-content/plugins/product-name/includes/functions.php on line 7

Notice: Undefined index: title in /var/www/localhost/htdocs/blog/wp-content/plugins/product-name/includes/functions.php on line 7

Motor Yamaha R15 disebut-sebut sebagai salah satu motor sport silinder tunggal idaman para bikers mania. Motor yang dibuat sejak 2008 ini dirilis pada September 2011 di India dengan iterasi kedua atau yang disebut v2.0. Sedangkan, pada April 2014, baru meluncur di Indonesia. Meski disebut sebagai salah satu motor terbaik tetap saja ada keinginan kita untuk melakukan modifikasi pada Yamaha R15 kita. Ya kan, Moladiners? Apalagi kalau tujuannya supaya Yamaha R15 kita beda dengan milik orang lain.

Buat Moladiners yang sudah tak sabar ingin menghadirkan motor sporty bermesin 155 cc ini di garasi rumah, harus rela merogoh kocek dalam – dalam. Banderolnya cukup lumayan memelintir dompet, yakni sekitar 35 jutaan. Tak berhenti di situ, setelah kalian sukses memiliki Yamaha R15, modifikasi Yamaha R15 agar tampil makin keren sudah jadi impian sejak lama yang harus diwujudkan. Nah, Moladiners yang ingin tampil sporty sekaligus percaya diri mengendarai Yamaha R15, cek dulu beberapa hal yang wajib diketahui sebelum memodifikasi Yamaha R15 berikut.

1.Modifikasi Mesin Yamaha YZF-R15

Dari sisi performa daya pacu, Yamaha R15 sudah tidak perlu dimodifikasi macam-macam. Tarikannya juga cukup responsif dan stabil meskipun digunakan sebagai kendaraan harian atau menemani rutinitas sehari – hari.
Hal senada turut diamini oleh seorang bikers dari Klub Yamaha R15 UNITED JAKARTA, Amir Khan (25 tahun). Baginya, soal performa mesin, Yamaha R15 sudah dibekali mesin yang sangat memadai. Bahkan, sangat cocok dipakai untuk rutinitas sehari – hari.

“Untuk mesin sangat cukup, apa lagi untuk dipakai harian buat saya sangat baik tarikan ada, juga irit BBM” Katanya pria yang sering mengadakan KOPDAR di Lapangan Banteng, Gambir, Jakarta Pusat ini.

Meski performa bawaan atau standarnya sudah cukup oke, modifikasi Yamaha R15 masih bisa dilakukan secara teknis untuk menambah kemampuan “berlari” motor sport ini. Namun, perlu diingat kalian harus bersiap – siap dari sisi finansial. Pasalnya, harga cylinder head assy dan ECU (Electronic Control Unit ) yang baru relatif mahal. Selain itu, modifikasi juga harus menyesuaikan dengan desain baru yang diinginkan.

Pada dasarnya, mesin Yamaha R15 sudah cukup berkualitas dan tak perlu repot modifikasi. Mesin berteknologi SOHC ini masih dibekali silinder tunggal, empat langkah berpendingin liquid, serta kapasitas mesin 155, 1 cc. Jadi, soal tenaga mesin tak perlu diragukan lagi. Motor sport ini bisa mengeluarkan tenaga maksimum 14,2 kW pada putaran 1.000 rpm dan torsi maksimal 14.7 Nm pada putaran 8.500.

 

Tanpa Modifikasi, Yamaha R15 spesifikasi motor ini sudah cukup mumpuni

2. Modifikasi Konsumsi Bahan Bakar Yamaha R15

Perpaduan mesin yang sudah disematkan teknologi VVA atau Variable Valve Actuation serta SOHC (Single OverHead Camshaft) sebenarnya sudah cukup memuaskan tanpa modifikasi yang berlebihan. Kombinasi teknologi ini menciptakan torsi serta tenaga maksimal di setiap perputaran mesin. Teknologi VVA inilah yang menjadi bagian penting dari teknologi besutan Yamaha, Blue Core. Yaitu sebuah teknologi yang diklaim dapat menciptakan pembakaran optimal serta pendinginan yang efektif, dan dapat mengurangi gesekan mesin. Amir Khan yang menggunakan Yamaha R15 untuk kendaraan harian, mengakui pemakaian bahan bakar yang irit.

“Gak rugi pakai ini motor untuk kerja atau beraktivitas. Irit dan gesit” paparnya.

Selain itu, teknologi Variable Valve Actuation (VVA) dirancang untuk membantu kinerja sistem pengaturan injeksi (Fuel Injection/ FI) yang lebih irit bahan bakar.

Yamaha Vixion R

Harga yag tercantum adalah harga DP

 

3. Modifikasi Velg Yamaha R15 a la ABG

Memberikan sentuhan baru pada desain kaki – kaki dengan velg dan ban cacing sebagai bagian dari modifikasi Yamaha R15 memerlukan perhitungan matang. Pastinya, sejak awal pembuatan pihak Yamaha sudah memasang velg dan ban standar secara rinci untuk menjaga performa dan daya pacu dengan teliti.

Jangan sampai kalian justru mengabaikan aspek penampilan motor sport dan keamanannya. Ibaratnya, penampilan Yamaha R15 yang sudah dirancang “macho” dan garang, jadi terlihat aneh karena tidak sesuai dengan karakteristiknya. Yamaha R15 standarnya memiliki ban tapak lebar untuk memberikan kesan sporty yang lebih mengesankan. Beberapa kalangan klub atau komunitas Yamaha R15 mengatakan tidak setuju jika Yamaha R15 mendapat modifikasi di bagian kaki.

“Kalo saya pribadi ban cacing itu sangat tidak aman ya.. karena benar-benar berbahaya bagi saya. Apalagi kalo buat harian itu gak aman banget” jelas Amir Khan. “Iyaa.. lebih baik ban standar saja yang lebih aman,” lanjutnya.

Akan tetapi, memang jika bicara tentang modifikasi, kita juga bicara soal selera. Jadi, sah – sah saja bila Moladiners ingin mengubah bentuk velg yang diinginkan. Biasanya, velg jari – jari dan ban cacing bisa dijumpai pada motor milik ABG yang masih menyandang status pelajar di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP).

 

Yamaha YZF-R15

Harga yang tercantum adalah harga DP

 

4. Modifikasi Yamaha R15 Gaya Motor Gede

Modifikasi yang paling umum dijumpai dan saat ini masih banyak peminatnya adalah mengubah Yamaha R15 mirip seperti motor gede alias moge. Setidaknya, modifikasi Yamaha R15 menjadi moge masih jauh lebih baik daripada mengganti kaki – kaki Yamaha R15 dengan ban cacing yang menghapus kesan sporty-nya.

“Modif itu bukan alasan tapi sesuatu keinginan karena ingin tampil beda dari yang lain” ungkap Amir Khan.

Penambahan kaki – kaki mirip seperti moge akan menambah kesan Yamaha R15 yang lebih garang dan perkasa. Terlebih lagi di bagian suspensi yang masih bisa diganti memakai Upside Down. Buat kalian yang tertarik untuk modifikasi Yamaha R15 harus bersiap membayar harga yang tinggi, kisaran di atas Rp 20 juta. Budget ini termasuk membeli Upside Down serta Swing Arm yang akan mengubah gaya Yamaha R15 mirip seperti moge.

Hal lain yang tak kalah penting diperhatikan adalah memilih bengkel modifikasi yang profesional dan handal. Pasalnya, memasang bagian moge pada Yamaha R15 tidaklah mudah. Modifikasi ini perlu penyesuaian yang presisi agar bisa terpasang dengan baik. Bila tidak, budget puluhan juta yang sudah kalian gelontorkan rasanya hanya akan melayang sia – sia.

5. Modifikasi Yamaha R15 Gaya MotoGP

“Sebenarnya kalau di klub YamahaR15 UNITED JAKARTA, lebih senang motor yang standar saja. Tidak ada modifikasi berlebihan. Karena dari sisi tampilan yang kekar sudah mirip seperti motor MotoGP” kata Amir Khan.

Dilihat sepintas, tak bisa dipungkiri jika Yamaha R15 mirip dengan motor MotoGP. Terlebih lagi, dari body yang terlihat seperti motor balap dengan full fairing. Akan tetapi, masih ada saja raport merah dari sisi desain yang ingin dimodifikasi para pengguna agar tampilannya lebih mendekati MotoGP.

Selain simpel dan mudah, jika kalian hanya memodifikasi ban belakang, rata – rata soal budget juga lebih ramah di kantong. Kisaran Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu. Cukup tambahkan stiker yang sesuai seperti MotoGP umumnya. Misalnya, Monster, Movistar, atau lainnya. Knalpot racing dan tambahan Upside Down jangan sampai terlewatkan, karena akan semakin menyempurnakan gaya MotoGP kalian.

 

6. Modifikasi Stiker Yamaha R15

Agar penampilan Yamaha R15 semakin mentereng dan mencuri perhatian di jalanan, pastinya kalian tak boleh mengabaikan modifikasi stiker di bagian permukaan body-nya. Ketika tim menanyakan tentang modifikasi stiker, Amir Khan mengakui bahwa modif stiker adalah salah satu modifikasi yang paling digemari pemilik R15.

“Ada, saya juga modif stiker,” pamernya.

Ada beberapa stiker yang bisa dipilih. Salah satunya adalah decal stiker yang mengharuskan Moladiners mengeluarkan budget kisaran Rp 700 ribuan dengan decal stiker + laminasi. Jangan khawatir, karena harga yang relatif mahal juga sepadan dengan kualitas dan daya tahan stiker hingga 3 tahun.

Bagaimana nih, Moladiners sudah mendapatkan ide modifikasi Yamaha R15 yang paling ideal di hati? Selamat menunggangi Yamaha R15 yang tampil makin keren dengan modifikasi favorit kalian ya…

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *