Honda Vario 110, Produk Langka Tapi Part Modifikasinya Banyak

Berlomba-lomba untuk memiliki motor keluaran terbaru dari salah dari pabrikan, itu sih sesuatu hal yang wajar. Yang tidak biasa itu kalau ngidam tunggangan termasuk tahun muda tapi langka. Seperti dilakukan Aditiyo Eko Saputro, justru kepincut motor matik Honda Vario 110 (karburator) yang populasinya mulai sedikit.

“Sebelumnya saya punya Yamaha Nouvo Z yang sedikit juga populasinya. Tapi karena ada yang tawar dengan harga menarik, akhirnya saya lepas. Sebagai gantinya, ya Honda Vario 110. Matik ini meski langka namun masih banyak barang fast moving serta parts bodinya. Apalagi ada juga parts bodi versi Vietnamnya,” jelas Adit sambil menuturkan kalau Vario 110 juga sedang diburu banyak rider.

Honda Vario 110 Body Vietnam

Nah, parts body versi Vietnam inilah yang jadi rujukan Adit untuk memodifikasi Honda Vario 110 versi lokal. Adapun perbedaan paling mencolok, jika tameng depan atau body depan aslinya bermata dua, kini beralih menjadi mata satu.
“Tameng depan bermata satu merupakan body Honda Vario 110 yang beredarnya di Negara Vietnam. Biasanya ada perbedaan bentuk maupun model dengan Negara Indonesia. Dan ini termasuk langka.

Honda Vario 125 eSP

*Angsuran mulai dari

Konon harga body part Vario Vietnam bisa di atas Rp 2 juta. Makanya mesti hati-hati di jalan biar nggak kena impact dari depan. Sedangkan cover atau batok stang adopsi dari Yamaha Xeon 125,” ujar pria 29 tahun ini. Biar tampil elegan, sekujur bodi dilabur dengan warna Satelite Silver keluaran dari Sikkens berikut pernishnya.

honda vario 110
Ciri khas Honda Vario 110 Vietnam, body depan bermata satu

Kombinasi Cantik Pelek dan Lengan Ayun Aftermarket

Untuk mengimbangi tampilan yang elegan, sektor kaki-kaki pun kena sentuhan. Pelek asli berdiameter 14 inchi, melonjak ke 17 inchi begitu pasang pelek X-Pack Thailand dengan lebar 1,40-17 (depan) dan 1,60-17 (belakang). Keduanya lalu dilapis si karet bundar profil tipis Duro 60/65-17 dan Duro 60/80-17.

“Sebenernya sih riskan pakai ban profil tipis untuk harian. Tapi demi kejar tampilan dan suka ikutan kontes, ya terpaksa dipasang juga. Tapi nggak suka dipakai ngebut juga kok di jalan,” tambah Adit yang gabung dan sering kopdar di Honda Vario Ring 17 (HVR 17).

Yang rada unik adalah pemakaian lengan ayun, karena Honda Vario 110 hanya memakai sokbreker sebelah kiri saja. Tapi, pada matik ini ada penambahan sokbreker sebelah kanan dan ada tambahan lengan ayunnya. Lengan ayun ini kepunyaan motor Honda Airblade, pemasangannya pun tidak mengalami kendala. Tapi harus rela menyoak bodi dan spartboard sebelah kanan serta membuat dudukan atas sokbreker yang di las pada sasis.

Honda Vario 150 eSP

*Angsuran mulai dari

Knalpot Custom Demi Performa dan Suara

Knalpot kelihatannya sih masih bawaan pabrik. Tapi siapa sangka ada sedikit perbedaan pada suaran dan performanya. Itu karena bagian sekat dalam knalpot ada yang dilubangi dengan obeng kembang. Tujuannya agar tenaga yang dihasilkan bisa maksimal dari pemakaian seher berdiameter 54mm. Pengerjaan knalpot diberikan ke bengkel Anto Garage yang berada di Jalan Lereng Indah Cinere Depok Jawa Barat.

data modifikasi honda vario

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *