by

Muncul Sosok Yamaha R15 Cafe Racer, Berapa Harganya?

Yamaha R15 Cafe Racer, tampilannya sungguh menawan. Motor ini memiliki desain khas ala 60-an, namun dengan aura modern.

Jika melihat desainnya, kuda besi full faring tersebut jadi sangat berbeda dibanding model yang sudah eksis di Tanah Air. Kini pakai desain bodi dan fairing minim sudut, termasuk kehadiran lampu bulat.

Sektor jok menggunakan single seater. Kemudian tubuhnya dibalut livery ala Yamaha R1 50th Anniversary yang identik dengan kombinasi warna kuning, putih, dan hitam.

Istimewa bukan? Kalau kamu mau punya, harga Yamaha R15 Cafe Racer sekitar Rp 47 jutaan. Banderol tersebut terbagi atas Rp 37,08 juta (OTR Jakarta) untuk R15 baru dan Rp 10 juta buat modifikasinya.

Ya, ini bukanlah varian R15 terbaru keluaran Yamaha. Melainkan hasil modifikasi dari Insan Motor Bekasi yang bisa diterapkan ke motor R15 V3 atau generasi anyar secara plug n play. Tidak perlu ada potong rangka atau bodi sama sekali.

Cukup Tambah Rp 10 Juta, Yamaha R15 Cafe Racer Bisa Dibawa Pulang

yamaha r15 cafe racer
Insan Motor Bekasi menjual bodi kit cafe racer untuk R15 V3 dengan pemasangan plug & play

Intinya dengan membayar Rp 10 juta, Insan Motor Bekasi bisa menyulap tampilan kuda besi kamu jadi Yamaha R15 Cafe Racer. Total ada enam komponen terbuat dari fiberglass yang perlu dipasang: fairing depan, fairing samping, fairing bawah, kondom tangki, bodi belakang, dan jok single seater.

Baca juga  5 Kekurangan Yamaha Aerox 155 Dibanding Vario 150

“Kalau mau, pre order 2-3 minggu. Soal pilihan warna, boleh disesuaikan dengan keinginan. Bisa nego,” kata Yustinus Erwan Santoso selaku punggawa Insan Motor Bekasi saat dihubungi Moladin via telepon pada Selasa (9/2/2021).

Selain itu, pemilik motor juga mendapat tambahan lampu depan dan belakang. Jika tidak ingin jok single seater, penyesuaian pun bisa dilakukan.

Dengan sistem plug n play, bukan cuma pemasangannya yang mudah (cukup 2-3 hari menginap di bengkel Insan Motor Bekasi). Pemilik motor juga tidak bakal kesulitan, bila mau mengembalikan tampilan ke kondisi standar.

Menurut Yustinus, penyesuaian di Yamaha R15 Cafe Racer hanyalah pemotongan bagian under tail aki motor. Kemudian menurunkan setang supaya lebih khas motor balap.

“Under tail aki itu bahannya plastik, harganya gak sampai Rp 100 ribu. Setang juga kalau mau posisinya gak diturunkan bisa, tapi tampilan motor jadi agak dongak,” kata pria yang lebih akrab disapa Iyus.

Tidak Ada Perubahan di Performa Mesin

yamaha r15 modifikasi cafe racer
Bila kamu tertarik untuk mengubah tampilan R15, langsung hubungi akun Instagram @insanmotorbekasi

Yamaha R15 Cafe Racer garapan Insan Motor Bekasi cuma berbeda dari sisi tampilan. Soal mesin tidak ada yang berubah sama sekali. Masih mengandalkan kubikasi 155 cc, SOHC, satu silinder.

Baca juga  Intip Spesifikasi Yamaha R25 AP250, Gahar Abis!

Jantung mekanis tersebut cukup istimewa, lantaran sudah dilengkapi teknologi katup variabel (VVA). Alhasil di atas kertas, performanya paling mantap dibanding rival di kelas motor sport 150 cc.

Mesin R15 bawaan pabrik, mampu melontarkan torsi puncak puncak 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 19,3 PS pada 10.000 rpm. Ada pula fitur-fitur yang membuat berkendara semakin menyenangkan seperti assist & slipper clutch dan gear shift timing light.

Keistimewaan lain dari kuda besi ini, telah mengadopsi suspensi depan bergaya upside down. Alhasil sosoknya tampak gagah layaknya motor gede.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap soal dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru