Motor Perang Royal Enfield “Serbu” Tanah Air! Siapin Amunisi, sob!

Haloo sobat Moladiners. Siaga satu! Royal Enfield bawa motor perangnya ke Indonesia! Waduh,, apakah negara kita bakal diserang pihak asing? Oh, tidak! Tenang aja brosis, serbuan disini hanya ditujukan pada pasar otomotif di Tanah Air, kok. PT. Distributor Motor Indonesia (DMI) selaku distributor merk pabrikan Royal Enfield di Indonesia, telah meluncurkan model motor terbarunya. Model ini bernama Classic 500 Pegasus, terinspirasi dari model WD Flying Flea yang dijuluki motor perang Royal Enfield. Simak selengkapnya di bawah ini ya sob!

 

Sejarah Motor Perang Royal Enfield

Motor Perang
Flying Flea Sebagai Motor Perang Pasukan Penerjun Militer Inggris

Jinny bakal bahas sedikit soal sejarahnya terlebih dahulu. Royal Enfield WD Flying Flea sendiri merupakan motor yang dulu pernah digunakan Pasukan Penerjun Militer Inggris. Peran motor perang ini mereka gunakan untuk menggempur barikade pertahanan musuh pada Perang Dunia II, termasuk pada operasi D-Day dan Arnhem.

Dalam PD-II, WD Flying Flea ini terkenal dengan ketangguhannya setelah diterjunkan hingga ke garis belakang pertahanan musuh oleh Pasukan Penerjun. Atas dasar reputasi itu, Pemerintah Inggris memesan lebih dari 4.000 unit motor Royal Enfield.

Royal Enfield WD Flying Flea sendiri menggunakan mesin kapasitas 125cc 2 tak berpendingin udara. Dikombinasi transmisi 4 kecepatan, motor perang ini bisa memuntahkan tenaga maksimal 3,5 dk di 4.000 rpm. Flying Flea diproduksi antara tahun 1939-1941.

 

Lahirnya Royal Enfield Classic 500

Royal Enfield Classic 500 Pegasus
Royal Enfield Classic 500 Pegasus Lahir Dari Inspirasi Motor Perang Flying Flea

Karena ketangguhannya itu lah, motor perang Royal Enfield kembali diluncurkan melalui model Royal Enfield Classic 500 Pegasus yang baru dirilis Rabu (14/11/2018) kemarin. Motor ini punya kapasitas mesin lebih besar dari pendahulunya, yakni 499 cc bersilinder tunggal.

Hebatnya lagi sob, dapur pacu yang dimiliki Royal Enfield Classic 500 ini mampu menghasilkan  tenaga sebesar 27,6 dk pada 5.250 rpm dan torsi puncak 41,3 Nm di 4.000 rpm. Keluaran tenaga tersebut disalurkan melalui gearbox dengan 5-percepatan.

 

Limited Edition & Eksklusif

Royal enfield limited edition
Model Classic 500 Pegasus Diproduksi Dalam Jumlah Terbatas dan Eksklusif

“Classic 500 Pegasus yang baru ini merangkul banyak sejarah dan warisan Royal Enfield. Ini merupakan hal yang hanya dilakukan Royal Enfield. Banyak merek lain yang memiliki motor perang di masa lalu, namun hanya Royal Enfield yang punya Flying Flea,” ujar Head of Global Product Strategi and Industrial Design Royal Enfield Mark Wells, dalam keterangan resminya.

Royal Enfield Classic 500 Pegasus akan diproduksi dalam jumlah terbatas, yakni hanya 1.000 unit di seluruh dunia, sob. Jadi Indonesia hanya akan kebagian jatah sebanyak 40 unit saja. Motor klasik ini dibanderol dengan harga Rp. 109.900.000 On The Road Jakarta dengan 2 varian warna yakni Service Brown dan Olive Drab Green.

 

Baca artikel lainnya :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *