by

Nissan Magnite Termurah Mulai Rp 95 Juta, Masuk Indonesia?

SUV terbaru dari Nissan resmi meluncur di India, namanya Magnite. Mobil ini istimewa karena harganya terjangkau. Varian Nissan Magnite termurah dijual cuma INR 4,99 Lakh atau setara Rp 95 jutaan.

Kenapa bisa murah? Salah satu alasannya penggunaan mesin kecil berkubikasi 1.000 cc. Di samping itu untuk varian paling rendah atau XE juga tidak punya banyak fitur. Sebut saja tanpa speaker, head unit, dan lain-lain.

Meski demikian, mobil Nissan Magnite termurah ada juga yang menarik untuk dibeli, contohnya varian XV dengan harga Rp 128 jutaan. Selain punya 6 speaker dan head unit layar sentuh 8 inci, SUV ringkas berkapasitas 5-penumpang ini juga dilengkapi banyak fitur modern lain.

Ada start & stop engine button, Auto AC, voice recognition control, panel instrumen TFT, serta masih banyak lagi. Istimewa bukan untuk mobil murah?

Bila mau kendaraan yang lebih mewah, tersedia pula varian Nissan Magnite 1.0 XV Premium seharga Rp 144 jutaan. Kelebihannya, lampu depan sudah LED Bi Projector, around view monitor, cruise control, hingga tire pressure monitoring system.

Baca juga  Konsep Modifikasi MG ZS, Simpel dan Juga Sporty

Spesifikasi Nissan Magnite Termurah, Tanpa Turbo dan Transmisi Manual

interior nissan magnite termurah
Varian termurahnya juga tidak punya head unit dan speaker

Dengan fitur-fitur menarik dan banderol terjangkau, pastinya Nissan Magnite termurah membuat konsumen tergiur. Hanya saja, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum beli.

Ambil contoh, mobil SUV mungil ini tidak dilengkapi dengan mesin turbo. Kubikasinya cuma 1.000 cc dan pakai konfigurasi 3-silinder, persis kepunyaan Renault Triber. Maklum keduanya memang berbagi basis.

Jantung mekanis tersebut cuma bisa melontarkan torsi 96 Nm pada 3.500 rpm dan tenaga maksimal 72 PS pada 6.250 rpm. Tentu ini jadi kekurangan buat Nissan Magnite termurah, terlebih ketika masuk ke Indonesia kelak.

Pasalnya kompetitor mobil mungil di Tanah Air seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan Honda Brio dilengkapi opsi mesin 1.2 liter. Sudah pasti performa para petahana itu lebih hebat dari Magnite. Kabar buruk lain, mobil Nissan produksi negeri bollywood juga cuma memiliki transmisi manual 5-percepatan.

Dengan dua kekurangan itu, apakah Nissan Magnite termurah tidak cocok masuk Indonesia? Untuk varian dengan mesin 1.0 liter tanpa turbo dan cuma pakai transmisi manual, agaknya jangan masuk ke negeri garuda.

Baca juga  SUV Listrik Toyota BZ4X, Akhirnya Muncul Juga!

Meski demikian, Magnite yang pakai mesin 1.0 liter turbo dan punya opsi tranmsisi CVT, tentu punya potensi menarik untuk menggairahkan pasar otomotif Tanah Air. Ya, India memproduksi Magnite dalam dua model: 1.0 dan 1.0 turbo.

Harga Nissan Magnite 1.0 Turbo Mulai Rp 133 Juta

Nissan Magnite 1.0 Turbo CVT
Versi Magnite dengan mesin turbo, selain punya performa mantap, fiturnya juga modern

Beda cerita dengan Nissan Magnite termurah, model 1.0 turbo ini punya performa mesin istimewa. Di atas kertas, torsi puncak tembus 160 Nm pada 2.800 – 3.600 rpm dan tenaga maksimal 100 PS pada 5.000 rpm.

Kemudian yang juga tidak kalah menarik, ada opsi tranmsisi CVT untuk konsumen. Meski demikian, pilihan transmisi manual 5-percepatan tetap ada.

Fitur-fitur Nissan Magnite 1.0 Turbo juga lebih modern. Khusus varian tertinggi sudah punya sistem keselamatan lengkap. Sebut saja vehicle dynamic control (VDC), hill start assist (HSA), traction control system (TCS), hingga hydraulic brake assist (HBA).

Harganya pun tidak terlalu mahal. Nissan Magnite 1.0 Turbo CVT XV Premium selaku varian tertinggi dijual INR 9.35 lakh atau setara Rp 179 jutaan. Pabrikan berlogo N juga memberi opsi fitur tambahan seperti Nissan Connect yang bisa menghubungkan mobil dengan smartwatch.

Baca juga  Penjualan Honda di IIMS Hybrid 2021, Brio Laris!

Bila dirasa ketinggian, kamu bisa pilih varian Nissan Magnite 1.0 Turbo lainnya. Total ada enam varian, harga termurahnya INR 6.99 lakh yang setara Rp 133 jutaan. Menarik bukan?

Informasi yang kami terima dari sumber Moladin, Magnite dipastikan masuk ke Indonesia pada akhir 2020. Hanya saja baru sekadar perkenalan produk. Kemungkinan SUV ringkas ini bakal dijual secara resmi pada tahun depan. Semoga saja yang hadir adalah model 1.0 Turbo ya!

Untuk informasi terbaru soal dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru