by

6 Penyebab Klakson Motor Mati dan Solusinya

Penyebab Klakson Motor Mati – Sebelum meluncur di aspal, kita harus memastikan semua perlengkapan baik teknis dan fisik sudah siap. Mulai dari kelengkapan surat kendaraan hingga fungsi suku cadang juga masih normal.

Salah satu saja tidak berfungsi, misalnya klakson motor atau lampu sein, akan memengaruhi keamanan dan kenyamanan kita berkendara. Bukan hanya kita, orang lain pun bisa terkena efeknya. Walau terlihat sepele, klakson berguna memperingatkan orang yang kurang berhati – hati, memberi aba – aba pada kendaraan dari arah berlawanan saat kita berbelok di tikungan tajam yang tertutup bangunan atau pohon, akan menyalip dan lain – lain. Selain itu, ketika ada operasi lalu lintas, polisi akan mengecek kondisi sepeda motor kita secara keseluruhan. Kita bisa terkena tilang karena hal yang kita anggap sepele.

Celakanya, klakson motor bisa mati kapan saja, tak bisa diprediksi. Bahkan, motor baru pun bisa mengalaminya. Oleh karena itu moladin jembrengin beberapa penyebab klakson motor mati dan cara mengatasinya. Jika suatu saat ini menimpa dan punya waktu senggang, kamu mampu memperbaiki sendiri atau malah menolong motor bikers lain. Hitung – hitung ibadah Sob! Yuk kita bedah satu – satu.

1. Aki

Aki

Ini yang paling sering terjadi. Kamu pasti tahu kalau sumber tenaga klakson adalah aki, hal pertama yang perlu diperiksa adalah kesehatan aki. Apakah dia masih berfungsi dengan baik atau malah soak. Jika sudah soak, mau tidak mau harus mengganti dengan yang baru. Inilah fungsi melakukan pemeriksaan aki secara rutin.

Baca juga  Keuntungan dan Kerugian Pinjaman Dana Tunai Secara Online

Tips:  Agar aki kamu lebih awet, gunakan starter kaki ketika menghidupkan motor di pagi hari / dari keadaan dingin yang cukup lama.

2. Baut Platina Klakson

Baut Platina Klakson

Perhatikan, ini baut platina yang terletak di belakang klakson, bukan di pengapian motor jaman old. Beda! Di dalam klakson ada baut pengatur yang berfungsi menjaga hubungan frekuensi dua metal di dalamnya. Akibat pemakaian atau getaran motor secara konstan dan dalam periode yang cukup lama, terbuka kemungkinan baut itu longgar. Apabila longgar, otomatis koneksi menjadi terganggu dan klakson motorpun mati. Kencangkan baut dan pastikan arus listrik antara dua metal kembali normal.

3. Metal kontraktor

klakson motor

Selanjutnya, klakson motor mati bisa diakibatkan metal kontraktor yang mengalirkan arus listrik DC. Kemungkinan pertama, metal kontraktor rusak. Kalau ini yang terjadi, ganti dengan yang baru. Lalu, ada kotoran yang masuk, lalu menumpuk dan menimbulkan kerak / karat. Adanya kerak mengganggu arus listrik yang mengalir. Kamu hanya perlu membersihkannya secara berkala.

Tips: Agar mengurangi potensi karat merusak komponen motor, sebaiknya hindari berkendara waktu hujan, Apabila sudah terlanjur kehujanan, saat tiba di rumah, segera siram motor dengan air biasa. Tak harus dibersihkan kok, ini hanya untuk menghilangkan efek air hujan yang asam.

Baca juga  Customaxi Yamaha Semifinal Jabodebatek, 45 Motor Berebut Tiket Grand Final

Baca Juga :

 

4. Kawat lilitan

Klakson Bosch

Hampir sama dengan baut metal kontraktor, pemakaian motor yang terus – menerus akan mengakibatkan kawat lilitan rusak, terkelupas atau bahkan putus. Bila masih terkelupas, biasanya klakson masih sanggup berbunyi walaupun lemah. Solusinya, ganti dengan yang baru.

5. Kabel

Cek kabel klakson

Motor kamu masih baru tapi kok klaksonnya lemah, atau kadang mati, kadang hidup? Kamu perlu memeriksa sistem dan kondisi kabel klakson. Amati apakah ada kabel yang terbuka, lepas dari saklar atau putus namun masih berdekatan. Ada pula kemungkinan pemasangan baut platina di belakang klakson tidak presisi. Solusinya, cukup lepaskan baut pengunci, lalu pasang ulang sesuai dengan ketentuan. Ingat, cobalah klakson motor kamu apakah sudah berbunyi atau belum. Jika belum, periksa juga kondisi kabel yang berhubungan.

6. Saklar klakson

Saklar klakson motor

Adalah hal wajar ketika motor yang sudah lanjut usia akan mengalami kerak dan karat di dalam beberapa suku cadang, klakson motor bukan pengecualian. Kerak atau karat yang menghuni saklar pasti menghalangi arus listrik sehingga klakson pun mati. Kamu cukup melepas klakson dan membersihkannya. Supaya mudah dan aman, gunakan cairan khusus pembersih karat. Setelah cukup bersih, keringkan dengan kapas atau plas chamois, lalu kembalikan ke tempatnya semula, beres. Ingin lebih praktis lagi? Ganti saklarnya Sob!

Baca juga  Segini Biaya Bikin dan Perpanjang SIM 2020, Hindari Calo!

Tips: Sebenarnya, kamu juga bisa menggunakan bensin untuk membersihkannya. Caranya: ambil bensin dan tuangkan secukupnya di dalam wadah yang cembung, lalu rendam saklar selama beberapa menit. Boleh digoyang – goyang agar karat / kerak lepas. Setelah dirasa cukup bersih, angkat, tiup sebentar lalu biarkan mengering secara sempurna. Pasang kembali saklar. Ingat Sob, resiko ditanggung penumpang ya!

Sekarang sudah paham kan penyebab klakson motor mati? Lain kali kalau klakson mati, kamu tak perlu mengurung diri dan tenggelam dalam lautan kegalauan (apa sih!). Sekecil apapun komponen, apabila rusak, pasti akan merepotkan kita dan bikers lain. Sekian dulu, tetap santun berkendara ya Sob!

Buat kamu yang tertarik membeli motor baru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga :

Terbaru