by

Modifikasi Honda CRF150L Supermoto Bikin Ganteng, Ini Biayanya!

Modifikasi Honda CRF150L – Salah satu tipe modifikasi yang paling sering dilakukan terhadap Honda CRF150L adalah mengubahnya menjadi Supermoto. Saat keluar dari dealer, Honda CRF150L memang masih merupakan motor serba bisa: tangguh di medan berat, juga sanggup jalan di aspal mulus. Motor serba bisa ini tentu sangat praktis bagi pemakai yang sering melintasi dua tipe jalan seperti itu.

Tapi bagi para spesialis, Honda CRF150L ini seperti berada di tengah-tengah, nanggung. Versi standar kurang greget kalau diajak bermain offroad secara serius. Tapi untuk dipakai di aspal secara terus menerus juga kurang nyaman dan modelnya kurang keren. Karena itu, tak heran jika Honda CRF150L ini banyak sekali yang mendapat modifikasi sesuai keinginan si pemilik.

Baca Juga: Honda CRF150L Hitam, Tampang Garang Karakter Motor Petualang!

Kali ini kita akan membicarakan tentang modifikasi Honda CRF150L bergaya supermoto. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk menjadikan motor dual purpose ini menjadi supermoto. Berikut beberapa modifikasi wajibnya.

 

Ganti Pelek dan Ban

perkiraan-biaya-modifikasi-honda-crf150l-jadi-supermoto
Ganti ban dan pelek dengan tapak lebar

Berbicara melakukan modifikasi pada Honda CRF150L yang semula trail kemudian menjadi supermoto, berarti harus ubah identitas semula tangguh di medang off-road berubah haluan untuk bisa melahap jalanan aspal.

Hal yang bisa dilakukan pertama adalah mengubah bagian pelek dan ban. Honda membekali Honda CRF150L dengan pelek ring 21 dengan lebar ban 2.75 inci (45P) sementara belakangnya pakai ring 18 dengan lebar 4.1 inci (59P).

Baca juga  All New Honda PCX 150 Siap Dipinang, Harga Mulai Rp. 27jutaan

Ubahan pertama yang harus dilakukan adalah mengganti pelek standar menjadi ukuran 3.0 inci untuk roda depan dan 3.5 inci untuk roda belakang. Penggantian pelek bisa melalui dua metode. Pertama adalah mencari pelek aftermarket yang mendukung tromol bawaan pabrik Honda CRF150L. Tromol ini memiliki 36 lubang jari-jari untuk roda depan dan 32 lubang untuk tromol belakang.

Jadi, Anda harus mencari pelek dengan hole yang sama dengan tromol original. Pilihan ideal adalah pelek yang memakai ring 17, memiliki lebar 3.0 inci di depan dan 3.5 inci di belakang. Pilihannya mungkin tak banyak, tapi salah satu yang bisa adalah pelek V-Rossi Sprint.

Cara kedua untuk mengubah pelek adalah dengan mengganti semuanya. tromol, beraing, dan disc brake semua diganti dengan produk aftermarket atau milik motor lain untuk menyesuaikan dengan kebutuhan supermoto. Pilih sendiri cara yang menurut anda paling gampang dilakukan.

Soal pemilihan ban, Anda harus berhati-hati karena jika memakai ban tubless, anda harus melapisi bagian dalamnya dengan manset untuk melindungi dari jari-jarinya. 

Daftar Harga Honda CRF150L

Produk Kelebihan Harga
Honda CRF150L – Extreme Black Motor adventure, mesin bertenaga, dan fitur modern Cek Harga Promo di Moladin!
Honda CRF150L – Extreme Red Warna motor lebih keren, suspensi depan punya diameter besar dan spakbor belakang bisa di lepas Cek Harga Promo di Moladin!
Baca juga  Kawasaki Versys 1000 SE 2021, Pakai Suspensi Skyhook

 

Kaki-Kaki Dibuat Lebih Besar 

perkiraan-biaya-modifikasi-honda-crf150l-jadi-supermoto
Kaki-kaki dibuat lebih besar dari standarnya

Terlihat keren, tapi konsekuensinya motor menjadi terasa sangat berat. Maklum, bannya kelewat besar. Soal merek ban, anda bisa memilih sendiri, mulai dari yang murah sampai yang mahal juga ada.

Karena Honda CRF150L Supermoto nantinya akan lebih banyak dipakai di jalanan aspal, maka suspensinya juga perlu disesuaikan lagi. Ban supermoto lebih melar dibanding ban standar sehingga suspensinya harus lebih keras agar tidak terlalu banyak mengayun. Anda harus membuat setelan suspensi belakang menjadi lebih keras. Sementara itu, suspensi depan sudah tak bisa di-adjust lagi.

Baca Juga: 2 Varian Warna Baru New Honda CRF150L Rilis, Tampil Gahar

Dengan pergantian ban, akan lebih kece juga kalo spatbornya disesuaikan. Ban standar cenderung lebih kecil sementara ban Supermoto lebih lebar. Untuk mengimbanginya, spatbor juga perlu diganti dan diturunkan. Efek yang terlihat adalah lebih keren, taka da fungsi lainnya.

Baca juga:

 

Gir dan Rantai

3 18
Gir dan rantai juga dapat ubahan

Setelah kaki-kaki beres, tiba waktunya kita mengarahkan pandangan ke gir dan rantai. Sebenarnya jika Anda ingin menggunakan gir dan rantai bawaan pabrik juga tidak masalah. Tetapi karena beban ban yang sudah berbeda, maka ada baiknya gir dan rantai yang dipakai juga akan berbeda. Menurut hitung-hitungan, gir belakang yang ideal adalah yang memiliki 52 mata sementara rantai yang ideal adalah ukuran 428.

Baca juga  Juara di Valencia, Marquez Bawa Honda Raih Triple Crown

 

Modifikasi Honda CRF150L Supermoto Biayanya Mulai Rp 3 Jutaan

perkiraan-biaya-modifikasi-honda-crf150l-jadi-supermoto
Cukup dengan modal Rp 3 jutaan, tampilan supermoto sudah bisa jadi

Jika memilih semua opsi termurah, maka Anda kemungkinan besar harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 3 jutaan. Walaupun murah, tapi modifikasi ini juga tetap memberikan hasil yang diharapkan. Motor Honda CRF150L Anda sudah sukses menjadi supermoto.

Baca Juga: Komparasi CRF150L vs KLX 150 BF, Pilih Mana Nih?

Namun jika anda ingin semua part yang terbaik, plus beberapa tambahan modifikasi lainnya, biayanya bisa membengkak hingga beberapa kali lipat. Misalnya Anda memilih mengganti stang dengan merek terkenal, mengganti knalpot ke produk aftermarket ternama, dan memilih semua merek terbaik. Biaya yang Anda keluarkan bisa mencapai belasan juta rupiah dan mungkin lebih. Jadi Anda tinggal menyesuaikan saja bujet dan keinginan modifikasi anda.

Tertarik? Kini melakukan pembelian spare part, aksesori juga motor secara tunai atau kredit jadi semakin mudah. Caranya cukup dengan cara melakukan klik link ini! Dapatkan kredit dengan cicilan ringan dan promo DP rendah juga harga terbaik Honda CRF150L.

Terbaru