by

Subaru Forester Facelift 2021 Meluncur, Masuk Indonesia?

Mobil SUV andalan Subaru yaitu Forester mendapat revisi di Jepang pada Senin (14/6/2021). Subaru Forester Facelift 2021 tampil semakin gagah, plus memiliki beberapa fitur yang lebih modern.

Dari sisi tampilan, ubahan paling terasa ada di paras. Kamu bisa melihat grille yang menggunakan kisi-kisi besar, sehingga menurut Subaru bisa menampilkan gaya tiga dimensi. Kemudian lampu depan juga berubah jadi lebih bersudut sekaligus unik, tidak sederhana seperti sebelumnya.

“Kami mengadopsi konsep desain paras terbaru dari Subaru “Bolder” dan desain pelek anyar, membuatnya semakin terasa seperti SUV yang bertenaga,” seperti dikutip dari rilis resmi Subaru Jepang.

Bukan cuma itu, Subaru Forester Facelift 2021 pun mendapat tiga pilihan warna eksterior baru: cascade green silica, autumn green metallic, dan brilliant bronze metallic. Ketiganya merupakan warna yang cukup lembut, alias tidak mencolok mata.

Kemudian untuk interior, ubahan hadir melalui pilihan material pembungkus jok yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan berkendara. Misalnya ada opsi bahan plyurethane yang tahan air untuk Forester varian X-Break atau yang memang ditujukan buat adventure.

Baca juga  Bocoran SUV Subaru yang Masuk Indonesia Juli 2021

Terakhir yang menjadi revisi untuk Subaru Forester Facelift 2021 adalah kemunculan fitur EyeSight generasi terbaru di semua varian. Sistem ini terdiri dari kamera stereo yang bisa melihat sekeliling mobil lebih presisi untuk mencegah terjadinya kecelakaan, sekaligus membuat berkendara jadi selamat.

Pilihan Mesin dan Sistem Penggerak di Subaru Facelift 2021

subaru forester facelift 2021 - tampak belakang
Tersedia pilihan mesin hybrid untuk Forester

Selain ubahan yang disebutkan di atas, sesungguhnya Subaru Facelift 2021 tidak memiliki revisi lain. Ambil contoh mesin, tetap dengan opsi hybrid dan mesin bensin 1.8 liter turbo. Sementara penggeraknya masih mempertahankan all wheel drive alias semua roda.

Khusus mesin hybrid, ada kombinasi mesin 2.0 liter DOHC dengan motor listrik yang disebut e-boxer. Hanya saja memang kini teknologi adaptive shift control (e-active shift control) sudah bisa dipunya oleh seluruh varian mobil hybrid seperti X-break, Advance, dan Touring.

Sementara mesin bensin 1.8 liter turbo cuma hadir di varian Sport di Subaru Forester Facelfit 2021. Jantung mekanis itu bisa melontarkan torsi 300 Nm pada 1.600 – 3.600 rpm dan tenaga maksimal 177 PS pada 5.200 – 5.600 rpm.

Baca juga  Subaru Resmi Masuk Indonesia, Diskon 25 Persen!

Subaru Forester Dipastikan Masuk Indonesia

interior subaru forester
Subaru Forester sudah dipastikan bakal masuk Indonesia, hanya model dan waktunya yang belum pasti

Kehadiran Subaru Forester di Indonesia sudah dipastikan oleh Plaza Subaru selaku agen pemegang merek (APM) untuk Tanah Air. Hanya saja yang belum terlalu jelas adalah waktu dan modelnya.

Marcom Manager Plaza Subaru, Elizabeth Ace pernah mengatakan pada Moladin, bahwa mereka siap mejual mobil-mobil merek Jepang itu pada akhir Juni atau Juli 2021. Dengan demikian soal waktu harusnya tidak lama lagi.

Kemudian bicara model, Forester merupakan salah satu kendaraan yang dijanjikan masuk Tanah Air. Produk lainnya adalah Subaru XV dan Outback. “Pasar Indonesia adalah pasar SUV,” kata Elizabeth.

Hanya saja pertanyaannya, apakah Subaru Forester Facelift 2021 yang masuk Indonesia? Atau jangan-jangan model lamanya yang bakal hadir di Indonesia?

Pasalnya Subaru Forester Facelift 2021 saja sampai sekarang belum dijual di Jepang. Di Negeri Sakura, mobil SUV tersebut baru sekadar diperkenalkan. Proses penjualannya sendiri bakal dilangsungkan pada Agustus 2021.

Sebenarnya kalau pun Forester model lama yang hadir di Tanah Air, itu pun tidak masalah. Versi facelift-nya pasti ikut meramaikan pasar otomotif Tanah Air pada masa berikutnya. Cepat atau lambat pasti produk yang dipasarkan di Indonesia mengikuti tren di Jepang, terlebih Plaza Subaru mengimpor mobil langsung dari Jepang.

Baca juga  Subaru Resmi Masuk Indonesia, Diskon 25 Persen!

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru