Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Suzuki Grand Vitara JT Facelift, Mobil Kesayangan Soebronto Laras!

by Firdaus Ali
Mobil kesayangan Soebronto Laras

Salah satu mobil kesayangan Soebronto Laras adalah Suzuki Grand Vitara JT facelift. Informasi ini kami dapatkan saat serah terima batch pertama Grand Vitara terbaru di kawasan Senayan pada beberapa waktu lalu, bahkan mobil tersebut ikut dipamerkan.

Artikel ini sengaja kami buat untuk mengenang kepergian Soebronto Laras selaku legenda otomotif Tanah Air yang tutup usia pada Rabu (20/9/2023). Saat meninggal, pria kelahiran 5 Oktober 1943 tersebut berusia 79 tahun.

Sebagai pelaku industri otomotif yang andal, sosok pria yang ramah ini ternyata punya mobil kesayangan yaitu Suzuki Grand Vitara JT Facelift. Ini adalah Vitara Gen-3 versi facelift yang diproduksi tahun 2012 dan berakhir di tahun 2018. Sementara untuk generasi ketiganya sendiri atau pra facelift, sudah mulai mengaspal di Indonesia dari tahun 2006 sampai tahun 2009.

Tampilan Grand Vitara JT Facelift milik Subronto Laras terlihat masih sangat apik ketika dipamerkan ketika itu, walau usianya sudah tidak muda. Kemudian tampak ubahan di bagian velg. Kemudian ada roof rack di bagian atapnya. Plat nomor yang digunakan juga sangat khas yatu B 1 SL. Bahkan beliau mengatakan, bahwa mobil SUV ini sering menemani aktivitas kesehariannya.

Baca juga  Ukuran Velg Suzuki Ertiga dan Pilihan Variasinya

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara Gen 3 Facelift

suzuki grand vitara jt facelift subronto laras

Grand Vitara JT Facelift milik Subronto Laras dengan Plat B 1 SL (Sumber foto: Autonetmagz)

Desain eksterior Grand Vitara Gen 3 facelift terlihat kokoh. Lekukan tubuhnya didominasi dengan nuansa kotak dan tegas. Seperti bagan headlamp dan lampu belakang, bumper depan dan belakang.

Soal dapur pacu, Grand Vitara JT pakai mesin 2.393 cc, 4 silinder DOHC, VVT yang diklaim tenaganya mencapai 166 hp di 6.000 rpm dengan torsi puncak 227 Nm diputaran mesin 3.800 rpm melalui transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan.

Beralih ke bagian interior, SUV yang merupakan salah satu mobil kesayangan Soebronto Laras ini tampil cukup modern di eranya. Warna hitam melapisi bagian jok, doortrim dan dashboard. Ada sedikit sentuhan garis warna silver dibeberapa bagian.

Dibagian setir sudah ada steering swtich untuk memudahkan pengemudi mengontrol sistem audio. Di tengah dasboard  ada head unit touchscren yang bisa mengakomodir audio dan sudah compatible dengan DVD, MP3, USB, SD, Ipod, dan bluetooth.

Baca juga  Intip Teknologi Suzuki Smart Hybrid untuk Ertiga Hybrid!

Soal fitur keselamatan ada ABS+EBD+BA, Dual SRS-Airbags, Side Impact Beam sebagai pelindung benturan samping yang terbuat dari baja pada pintu depan dan belakang, dan Total Effective Control Technology (TECT) yang ringan namun kokoh dan mampu meredam dan menyebarkan energi akibat benturan melalui crumple zone (bagian yang luruh saat terjadi benturan keras) untuk melindungi keselamatan penumpang.

Untuk harga bekasnya, saat ini Suzuki Grand Vitara JT facelift dijual mulai Rp 130 juta hingga Rp 145 jutaan. Tergantung kondisi mesin, body, interior, keabsahan surat dan juga warna.

Sekilas Perjalanan Soebronto Laras di Industri Otomotif Indonesia

Mobil kesayangan Soebronto Laras

Jabatan terakhir Soebronto Laras sebagai Komisaris PT Suzuki Indomobil Motor

Sebelum berkiprah di Suzuki Indonesia, Soebronto Laras sebagai Direktur PT. First Chemical Industry yang bergerak dalam bidang formika, alat-alat plastik, dan perakitan kalkulator. Empat tahun kemudian, dia menjadi Direktur Utama perusahaan perakitan motor dan mobil Suzuki.

Dilansir dari laman resmi Indomobil, Soeronto Laras bergabung dengan Grup lndomobil sejak tahun 1976 sebagai Presiden Direktur (Dirut) PT lndomobil Utama yang merupakan perakit motor dan mobil Suzuki.  Pada 1984, Soebronto Laras juga sempat menjadi Dirut PT. National Motors Co. dan PT. Unicor Prima Motor.

Baca juga  7 Keuntungan Merawat Kendaraan di Bengkel Resmi

Sebagai informasi, PT. National Motors Co. sendiri merupakan mantan perusahaan joint venture antara Mazda Motor Corporation dan Indomobil Group. Sementara itu, PT. Unicor Prima Motor merupakan anak usaha Indomobil perakit mobil Mazda, Hino, dan sepeda motor Binter.

Sebelum pulang ke Sang Pencipta pada 20 September 2023, jabatan Soebronto Laras adalah sebagai Komisaris PT Suzuki Indomobil Motor.

Selamat jalan Pak Soebronto Laras, Suzuki Grand Vitara JT Facelift milikmu akan menjadi saksi sebagai mobil kesayangan yang engkau rawat hingga akhir hayat. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika