Mengulik Suzuki Smash FI New, Harganya Terjangkau!

Moladin – Apakah Anda sedang mencari kendaraan roda dua yang gesit, tangguh, irit, sekaligus terjangkau? Suzuki Smash FI New bisa menjadi pilihan menarik. Pasalnya, motor bebek yang mengusung tagline “Tarikannya Dahsyat!” ini dilengkapi dengan sejumlah fitur keren. Nah, apa sajakah di antaranya? Simak lebih lanjut keunggulannya di sini.

 

Bodi Suzuki Smash FI New

Suzuki Smash MerahBodi yang sporty dengan opsi warna beragam

Smash FI New tawarkan sejumlah opsi warna, yaitu merah, hitam, dan biru dengan pilihan casting wheel dan spoke wheel untuk tiap warna. Casting wheel (CW) adalah model velg racing yang menampilkan kesan sporty dan santai dengan model palang. Sementara itu, spoke wheel (SW) adalah velg konvensional dengan model jari-jari.

Beralih ke bagian dimensi, Suzuki Smash FI New memiliki ukuran 1,910 mm (panjang), 690 mm (lebar), dan 1,085 mm (tinggi). Jarak sumbu pada motor  adalah 1,220 mm dan jarak pijak adalah 145 mm. Sementara itu, berat motor dalam keadaan kosong adalah 94 kg atau 93 kg.

Salah satu karakter yang khas di motor ini adalah batok lampu yang cukup besar. Dengan model tersebut, area reflektor pun menjadi semakin luas. Lampu utama ini menggunakan bohlam halogen berdaya 32 watt. Bohlam halogen juga digunakan pada lampu sein depan dan lampu rem belakang.

Panel indikator pada motor Smash FI New memang sederhana, tetapi sudah cukup lengkap dengan berbagai informasi. Meskipun speedometer berbentuk analog, tampilannya cukup menarik dengan nuansa biru dan putih serta mudah dibaca. Di panel ini juga terdapat odometer, gear position, dan engine check berlogo FI.

Untuk kategori low underbone, Smash FI New tawarkan model yang stylish. Namun, desainnya tetap mengadopsi Suzuki Shooter FI yang diproduksi pada 2003 lalu. Tampaknya, Smash FI New memang berusaha untuk mengimbangi persaingan di pasar otomotif Indonesia. Baik dengan motor matik yang sedang naik pamornya, maupun dengan motor bebek jenis lain.

 

Suzuki Smash FI New

*DP mulai dari

 

Kapasitas Mesin 115cc

Lalu, bagaimana dengan mesinnya? Berada di kelas 113cc, Smash FI New memiliki jenis 4 langkah, SOHC. Ada 2 katup yang berpendingin udara di dalamnya. Tenaga maksimum yang dihasilkan adalah 6,9 kW (9.3 PS) pada 8000 rpm, sedangkan torsi maksimumnya 9.1 Nm pada 6000 rpm. Sistem bahan bakarnya menggunakan teknologi Fuel Injection. Sistem starter menggunakan engkol dan listrik.

 

Rangka Suzuki Smash FI New

Suzuki Smash FI New memiliki suspensi depan teleskopik dengan pegas ulir dan bantalan oli, sedangkan suspensi bagian belakang adalah lengan ayun, pegas ulir, dan bantalan oli. Sementara itu, rem depan menggunakan cakram dan rem belakang menggunakan tromol. Ukuran ban depan motor Suzuki yang satu ini adalah 70/90 – 17M/C 38 P dan ukuran ban belakang adalah 80/90 – 17M/C 44 P.

Bagian rangka pada Smash FI New dibuat dari material yang telah teruji. Dengan demikian, motor dapat lebih aman dan terjamin ketika dikendarai di berbagai jenis medan dan kontur jalan. Ketika dibawa dalam perjalanan jauh pun, motor ini sangat tangguh. Anda ingin menggunakannya di area perkotaan pun cocok.

 

Fitur Andalan pada Suzuki Smash FI New

Suzuki Smash FiSalah satu yang paling irit di kelasnya

Apa saja fitur andalan pada Suzuki Smash FI New? Pertama, telah menggunakan teknologi fuel injection yang membuat motor tetap bertenaga, tetapi minim mengonsumsi bahan bakar.

Lalu, ada pula Leap Technology yaitu sebutan untuk teknologi yang light, efficient, dan powerfull. Dengan teknologi ini, gesekan pada motor dapat dikurangi. Tingkat kebisingan juga lebih rendah.

Anda juga akan mendapatkan kapasitas penyimpanan bagasi yang cukup besar, yaitu mencapai 8 liter atau maksimum seberat 5 kg. Bagasi pada motor sangat fungsional karena dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk membawa peralatan berkendara dan barang-barang kebutuhan. Di dalam bagasi, barang-barang akan aman dari hujan serta tertata rapi.

Safety Shutter Key merupakan fitur lain yang sangat bermanfaat bagi pemilik motor. Fitur ini berupa penutup magnetik yang diaplikasikan pada lubang kunci sehingga motor lebih aman dari tindak kejahatan.

 

Yamaha Vega Force

*DP mulai dari

 

Selain keunggulannya, hal yang perlu diperhatikan adalah lekukan dek yang tidak berbentuk huruf “U”. Dek model ini kurang praktis ketika Anda akan membawa barang saat berkendara. Gantungan barang juga tidak tersedia.

Harga Suzuki Smash FI New memang terbilang lebih murah untuk kelas motor bebek dibandingkan kompetitornya. Ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh produk Suzuki untuk merambah pasar dengan mudah.

Namun, sejak kemunculannya pada 2017 lalu, Smash FI New belum menimbulkan perubahan signifikan terhadap peta pembelian produk otomotif di Indonesia. Bagaimana dengan Anda, apakah tertarik dengan motor ini?

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *