Jangan Beli Harley-Davidson Bekas, Sebelum Baca Ini!

Harley-Davidson Bekas – Harga moge Harley Davidson masih sangat mahal di Indonesia. Pasalnya, biaya impor dan pajak barang mewah yang dikenakan pada motor ini terbilang tinggi.

Walau demikian, Harley Davidson tidak pernah sepi peminat. Kenapa? Tidak lain karena nama besar Harley-Davidson yang sudah melegenda, serta ada rasa bangga bila berhasil memiliki dan menunggangi motor tersebut.

Selain membeli moge dalam kondisi baru, ada pilihan lain bagi kamu yang memiliki bujet pas-pasan yaitu membeli moge seken. Meskipun bekas dipakai oleh orang lain, motor seken tidak selalu berarti jelek.

Jika dipilih dan diteliti sejak awal, Anda dapat menemukan kendaraan bagus dengan harga terjangkau. Buat Anda yang ingin memiliki motor Harley Davidson bekas, simak sejumlah tips berikut ini supaya tidak salah pilih:

1. Pilih Tipe motor Harley-Davidson Bekas yang Sesuai Bujet

harley-davidson bekas
Mesin paling kecil yang dipunya Harley-Davidson adalah 500 cc, tipe Street

Apakah Anda sudah benar-benar mengetahui seluk-beluk moge Harley Davidson? Tipe Harley-Davidson bekas apa yang ingin dibeli? Jika masih pemula dan belum tahu harus memilih yang mana, Anda disarankan untuk memilih kubikasi awal seperti Street 500.

Moge ini paling mudah untuk dikendarai oleh pemula. Harga bekasnya pun lebih terjangkau, bisa di bawah Rp200 jutaan.

Kalau mau mau naik kelas, bisa pilih tipe Sporster. Mesinnya punya kapasitas lebih besar, namun soal harga tidak terlalu jauh dari Street 500. Hanya saja untuk mendapat banderol murah, kamu perlu mencari motor yang usianya sudah lebih dari 8 tahun.

Harley-Davidson Sporster di Indonesia juga cukup populer. Komunitasnya pun cukup aktif, bernama, Sporster Indonesia.

2. Perhatikan Kelengkapan Surat

harley-davidson bekas
Cek surat kendaraan sebelum putuskan beli motor bekas

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kelengkapan surat kendaraan, antara lain BPKB dan STNK. Anda juga perlu menyesuaikan nomor mesin dan nomor rangka dengan yang tertulis di dokumen. Ketika baru masuk ke Indonesia, moge biasanya tidak otomatis memiliki surat-surat ini sehingga harus diurus sendiri.

Baca juga:

3. Membeli Harley-Davidson Bekas dengan Pajak yang Masih Berjalan

harley-davidson bekas
Kalau sudah beli Harley-Davidson, jangan mengeluh soal konsumsi BBM

Alangkah repotnya jika Anda membeli motor dengan pajak kendaraan yang sudah mati. Pasalnya, moge bermerek Harley Davidson merupakan salah satu mode dengan pajak yang sangat mahal. Jika mati, denda pajaknya tentu tidak sedikit. Ini berarti Anda harus membayar biaya ekstra.

Karena itu, sebelum membeli, pastikan Anda terlebih dahulu telah mengecek pajak kendaraan moge secara online.

4. Perhatikan Fisik Motor Harley-Davidson Bekas yang Ingin Kamu Beli

harley-davidson bekas
Motor bekas bisa mahal harganya, lantaran nilai historis dan edisi spesial

Saat akan membeli Harley Davidson bekas, hal pertama yang paling mudah untuk diteliti adalah fisik motor. Amati apakah ada bagian bodi motor yang catnya tidak mulus. Selain dapat mengurangi keindahan penampilannya, lecet pada fisik motor bisa jadi merupakan pertanda pernah mengalami kecelakaan. Mengendarai motor bekas kecelakaan tentu kurang nyaman.

Bagian yang perlu diteliti untuk memastikan hal ini adalah ujung setang atau ujung handle gas dan rem. Jika terlihat ada lecet ada bagian yang agak bengkok, kemungkinan besar moge tersebut sudah pernah jatuh.

5. Lakukan Test Ride

Cara Merawat Motor Harley Davidson
Merawat motor Harley-Davidson tidak beda dengan motor lain, yang penting rutin!

Tips selanjutnya adalah melakukan rest ride untuk meyakinkan kenyamanan motor tersebut. Pada saat melakukan test ride, Anda akan bisa merasakan apakah mesin masih baik atau tidak, baik ketika memperhatikan performa maupun suara moge. Jika terdengar kurang mantap, mungkin ada masalah pada mesinnya.

Hal yang bisa Anda coba saat test ride adalah melepas tangan pada jalan yang lurus dan sepi. Jika mode tidak membanting ke kanan maupun ke kiri, kondisinya mungkin masih prima.

6. Ketahui Sejarah Motor

Lakukan penelusuran kepemilikan, sebelum benar-benar beli Harley-Davidson bekas

Anda perlu mengetahui sejarah kepemilikan motor sebelum membeli. Jika moge tersebut telah berpindah tangan beberapa kali, siapa saja yang menggunakannya? Anda juga perlu menggali informasi mengenai jarak yang sudah pernah dijangkau. Bahkan, riwayat keluar masuk bengkel pun perlu diperhatikan.

Sekali lagi, karena moge Harley Davidson sangat mahal perawatannya, Anda akan menyesal jika mendapatkan produk yang kurang baik. Jika motor sering rusak, Anda pun harus siap untuk menjalani kondisi tersebut dan menyiapkan anggaran yang tidak sedikit.

7. Kelengkapan Fitur Kendaraan

Harley
Harley-Davidson juga banyak yang dimodifikasi oleh pemiliknya, lebih baik cari versi standar kalau mau beli yang bekas

Secara umum fitur kendaraan hampir sama. Contoh, lampu sign yang menandai ingin berbelok arah. Pastikan elemen ini benar-benar berfungsi dengan baik. Bukan hanya lampu sign, tetapi juga lampu utama pada kendaraan.

Nah, inilah sejumlah tips yang perlu kamu terapkan saat akan membeli Harley Davidson bekas. Dengan berbagai tips ini, motor pilihan Anda pasti akan lebih baik. Sebagai motor indah dan powerful, perlu perawatan khusus yang harus dilakukan untuk menakklukan motor ini.

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *