Selasa, Mei 28, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

4 Tips Membedakan Oli Mobil Toyota Palsu, Cek Keasliannya!

by Tigor Sihombing
cara terhindar dari beli oli palsu

Berikut kami berikan tips terhindar dari beli oli mobil Toyota palsu. Apalagi saat ini, kemasan oli palsu semakin menyerupai oli orisinal, sehingga jika tidak hati-hati, kamu bisa terjebak membeli oli KW.

Efeknya jika menggunakan yang palsu, karena oli tidak sesuai dengan spesifikasi rekomendasi pabrikan. Maka otomatis, ketika dipakai ke mobil, performa mesin akan menurun, konsumsi bensin menjadi boros, bahkan jantung mekanis bisa jebol. Ujung-ujungnya turun mesin.

Nah supaya lebih aman dan nyaman, berikut cara memastikan oli mesin pabrikan yang dibeli asli atau palsu versi oli pabrikan Toyota. Untuk pabrikan Toyota sendiri oli resminya adalah Toyota Motor Oil atau yang umum disebut TMO.

Ciri-Ciri Oli TMO yang Asli

oli mobil toyota palsu

Kemasan oli TMO yang asli dilengkapi QR Code

Tips membedakan oli mobil Toyota palsu dengan yang asli adalah ketahui ciri-cirinya. Kalau pelumas TMO asli, bisa dilihat dari tutup botol, QR Code, hingga pembeliannya sebaiknya di bengkel resmi Toyota. Berikut informasi lengkapnya:

1. Perhatikan Tutup Botol Oli TMO

Setiap produk oli mobil Toyota asli, memiliki warna tutup botol yang berbeda sesuai dengan spesifikasi. Warna kemasan menandakan jenis mesinnya, yaitu bensin atau diesel, tipe oli, serta nilai viskositasnya. Contoh tutup botol warna biru untuk oli sintetik mobil bensin.

Baca juga  Kelebihan Eneos X Prime, Oli Mesin Mobil Turbo dan Hybrid!

Nah, bila oli TMO yang harusnya kamu pakai memiliki tutup botol warna biru, namun ketika beli mendapatkan tutup botol warna hijau, bisa dipastikan itu adalah oli palsu.

2. Fitur QR Code pada Oli TMO

Pembeda oli mobil Toyota palsu selanjutnya adalah QR Code. Kini terdapat fitur anyar QR Code Anticounterfeit terdapat di botol oli TMO yang dipasarkan di Auto2000 Digiroom dan jaringan bengkel Auto2000. Sistem pengaman tambahan ini dilakukan dengan cara scan QR Code di seal aluminium tutup botol TMO melalui ponsel.

Informasi yang terdapat di antaranya adalah informasi produk tersebut asli (genuine), serta informasi produk telah di-scan 1x dan produk tidak dikenali sebagai potensi pemalsuan.

3. Beli di Bengkel Resmi

Selanjutnya cara paling mudah, aman, dan nyaman dalam mencegah pembelian oli mesin TMO palsu adalah dengan membeli melalui Auto2000 Digiroom atau di bengkel resmi. Pelumas TMO yang dijual sudah pasti orisinal Toyota dan sesuai kebutuhan mesin Toyota modern sehingga memberikan rasa tenang.

Baca juga  Ganti Oli Mobil yang Jarang Dipakai, Perlukah?

“Penggunaan oli palsu bisa berdampak buruk pada mesin, dalam waktu singkat maupun panjang. Bahkan dalam jangka waktu panjang sanggup memicu kerusakan berat. Urusan Toyota lebih mudah, oli TMO memiliki sistem pengaman canggih untuk mencegah pemalsuan dan memberikan rasa tenang kepada AutoFamily. Segera pesan oli TMO lewat Auto2000 Digiroom dan manfaatkan berbagai program promo menguntungkan. Dan yang pasti, jaminan mendapatkan oli TMO yang asli dan berkualitas,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Senin (27/2/2023).

4. Gunakan Metode Congkel, Cabut, Copot, Cek (4C) untuk Mengurangi Peredaran Oli Palsu

Customer juga bisa mengurangi peredaran oli mobil Toyota palsu dengan metode 4C (Congkel, Cabut, Copot, Cek). Utamanya ini akan mencegah modus oli palsu yang pakai ulang kemasan, karena metode 4C ini harus merusak tutup botol setelah pemakaian, sehingga kemasan tidak dapat dipakai lagi.

Pertama, congkel segel tutup botol TMO dengan menggunakan obeng kecil. Berikutnya, cabut penutup plastik tutup botol. Lanjutkan dengan copot kepingan kertas pelindung seal aluminium TMO. Kemudian cek kode QR Code, agar kamu mendapat informasi bahwa oli ini benar-benar baru digunakan untuk pertama kalinya, yang berarti oli yang kamu beli adalah produk asli.

Baca juga  Cara Membersihkan Oli Mesin yang Bercampur Air, Mudah!

Botol oli TMO juga menerapkan sistem ratchet & snap, yakni tutup botol dan botol menyatu untuk mencegah penggunaan kembali.

Demikian ulasan mengenai tips membedakan oli mobil Toyota palsu. Simak terus Moladin.com untuk update berita tebaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika