Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Toyota Vios Vs MG 5 GT, Sedan Mana yang Lebih Baik?

by Tigor Sihombing
Toyota Vios VS MG 5 GT

Kali ini Moladin coba mengkomparasi antara dua sedan Toyota Vios VS MG 5 GT. Di antara kedua sedan tersebut kira-kira mana ya yang paling unggul dalam hal spesifikasi fitur dan value for money?

Toyota Vios adalah pemain lama di segment sedan. Sudah ada sejak 2003 tahun di Indonesia, kini sudah masuk generasi keempat

Sedangkan MG 5 GT meluncur persis di Maret 2022 tahun lalu. Mobil ini hadir dengan membawa banyak kelebihan terutama soal desain yang terbilang amat sporty untuk ukuran sedan kelas menengah 5-penumpang. Tampilannya mirip coupe, walau ini masih empat pintu. Tidak ketinggalan, fitur-fitur modern seperti sunroof juga dimilikinya.

Meski begitu, Vios Gen-4 juga tidak kalah istimewa. Kelebihannya sudah memiliki piranti fitur paling modern, yakni Toyota Safety Sense (TSS) untuk varian tertinggi atau G TSS. Dengan demikian, sejumlah fitur keselamatan aktif hadir untuk meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan. Mesin Vios pun sangat irit BBM.

Lalu mana yang lebih baik untuk dibeli antara Toyota Vios vs MG 5 GT? Kami coba membahasnya dengan melakukan komparasi beberapa pengujian. Baik itu dalam hal akselerasi, konsumsi BBM, hingga kenyamanan interior. Berikut bahasan lengkapnya:

Akselerasi Toyota Vios Lebih Unggul Dibanding MG 5 GT

Toyota Vios VS MG 5 GT

Tes akselerasi Toyota Vios VS MG 5 GT

Antara Toyota Vios Vs MG 5 GT yang pertama kami uji adalah soal akselerasi. Mesin Toyota Vios didukung jantung pacu berkapasitas 1.500 cc 4 Cylinders, In-line 16-Valves DOHC with Dual VVT-i, bertenaga 104 hp dengan torsi 137 Nm, mengusung transmisi CVT 7-percepatan.

Sedangkan MG 5 GT juga mengadopsi mesin yang dibulatkan 1.500 cc DOHC VTi-TECH dengan transmisi CVT 8-percepatan. Performanya cukup oke untuk sedan entry level, dengan tenaga yang lebih besar 112 Hp dan torsi puncak 150 Nm.

Hasil akselerasi kedua mobil ini pun di luar dugaan, berbeda dengan spesifikasi tertulis dimana MG 5 GT lebih unggul. Ternyata saat kami menguji kemampuan berlarinya dari posisi diam hingga 100 km/jam, Vios Gen-4 menghasilkan 12,5 detik. Sedangkan MG GT Magnify 14,8 detik.

Baca juga  5 Penyakit Mobil Avanza yang Sering Ditemui

Pun dengan hasil dragrace dengan jarak 201 meter, Vios mencatatkan waktu 12.0 detik dan MG lebih lambat sedikit dengan catatan waktu 12,7 detik.

Kenapa bisa demikian? Logika sederhananya ada di dimensi MG 5 GT yang bongsor. Panjangnya mencapai 4.675 mm, lebar 1.842 mm, dan tinggi 1.480 mm. Bandingkan dengan Toyota Vios yang dimensi panjangnya cuma 4.410 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm.

Bodi MG 5 GT yang besar membuat kerja mesinnya lebih berat. Harusnya dengan dimensi tersebut, sedan MG ini bisa setara dengan Honda Civic Turbo dan Toyota Corolla Altis. Hanya saja, MG justru cuma memberi mesin 1.500 cc di Indonesia. Jadilah mesinnya terlalu kecil untuk menampung berat tubuhnya, terlebih ketika berakselerasi.

MG 5 GT Lebih Boros Dibanding Vios

Toyota Vios VS MG 5 GT

MG 5 GT lebih boros dari Vios

Kekalahan MG 5 GT tidak berhenti pada performa saja. Melainkan juga di konsumsi BBM. Dari hasi pengujian tim Youtube Moladin, untuk penggunaan dalam kota, Toyota Vios G TSS yang kami gunakan mencatatkan konsumsi BBM hingga 15,9 km/liter. Sedangkan untuk penggunaan di tol dengan kondisi ramai lancar hasilnya 20,2 km/liter.

Sedangkan pada MG 5 GT lebih boros BBM. Catatannya menghasilkan 12,6 km/l untuk di dalam kota. Sedangkan untuk penggunaan di tol mencapai 16,3 km/liter.

Alasan Toyota Vios lebih irit BBM, lantaran dimensinya juga mungil. Jadi kerja mesin dan bobot mobil secara keseluruhan berbanding secara tetap. Sementara di MG 5 GT, dimensi bodi bongsor tidak sebanding dengan mesinnya yang mungil. Jadi kerja mesin lebih berat dan membuat penggunaan BBM lebih banyak.

Baca juga  Toyota Voxy Terbaru Meluncur 13 Januari 2022

Test Body Roll

Toyota Vios VS MG 5 GT

MG 5 GT lebih stabil saat dipacu pada kecepatan tinggi

Komparasi Toyota Vios Vs MG 5 GT berikutnya adalah menguji body roll. Di mana kedua mobil ini kami ajak menikung tajam dengan kecepatan 35 km/jam.

Hasilnya MG 5 GT menghasilkan kemiringan 3,6 drajat. Sedangkan Toyota Vios menghasilkan kemiringan 4 derajat.

Hal ini menunjukan suspensi Toyota Vios lebih mudah mengayun dibanding MG 5 GT. Dengan suspensi yang lebih rigid yang dimiliki MG 5 GT umumnya memberikan kelebihan kestabilan berkendara dalam kecepatan tinggi, namun dengan bantingan suspensi yang lebih keras.

Sebaliknya yang terjadi pada Vios, suspensinya lebih empuk. Hanya saja bicara kestabilan berkendara di kecepatan tinggi jadi terasa kurang.

Kabin MG 5 GT Lebih Kedap

Toyota Vios VS MG 5 GT

Kabin MG lebih kedap

Berikutnya adalah mengukur kekedapan interior Toyota Vios Vs MG 5 GT. Dengan metode mobil dipacu dalam kecepatan 80 km/jam, hasilnya sedan MG menghasilkan 71 Db untuk kekedapan kabin. Sedangkan Vios kurang kedap dengan hasil 71,7 Db.

Sebagaimana yang kami rasakan, berisiknya Vios tidak terlepas dari material yang kurang solid, serta kualitas interior yang tidak lebih baik dibanding interior MG 5 GT. 

Fitur

Toyota Vios VS MG 5 GT

Fitur kamera 360 di MG 5 GT

Komparasi MG 5 GT Vs Toyota Vios selanjutnya adalah fitur. Kelebihan sedan MG adalah punya sunroof, head unit besar 10 inch, dan ada panel instrumen digital 7 inch. Semua itu memberi aura modern dari dalam interiornya.

Apalagi panel instrumen milik MG 5 GT bisa menampilkan berbagai informasi berkendara, termasuk dynamic driving management untuk mengetahui torsi, tenaga, injakan gas, serta rem. Soal fitur safety tidak perlu diragukan. Ada 6 airbags yang bisa melindungi hingga ke penumpang belakang. MG juga menyediakan synchronized protection system, di dalamnya termasuk blind spot detection (BSD), lane change assist (LCA), rear cross traffic alert (RCTA), hingga rear collision warning (RCW).

Baca juga  Spesifikasi MG 5 GT Indonesia, Antara Civic dan Vios

Tidak kalah istimewa, MG 5 GT varian tertinggi atau Magnify juga memiliki pengaturan jok elektrik untuk pengemudi. Sementara Vios belum.

Vios unggul dari sisi keselamatan, lantaran sudah dibekali Toyota Safety Sense (TSS). Kurang lebih fiturnya sama dengan yang dipunya MG 5 GT. Hanya saja ada tambahan adaptive cruise control di Vios sehingga membuat berkendara di jalan Tol semakin nyaman. Pengemudi tidak perlu lagi menginjak pedal gas dan rem, lantaran laju sedan Toyota ini mengikuti kendaraan yang ada di depannya.

Selain itu, pada Vios ada head unit dengan model folating berukuran 9 inci dan panel instrument digital berukuran 7 inch.

Harga MG 5 GT vs Toyota Vios 2023

mobil sedan murah - toyota vios

Vios Gen-4 merupakan hasil impor dari Thailand

Dari hasil komparasi Toyota Vios vs MG 5 GT ini dapat disimpulkan, kalau kamu mau beli yang performa mesinnya mantap dan irit BBM, pilih sedan Toyota. Sementara kalau mau desain sporty dan modern, maka sedan MG solusinya.

Lalu bagaimana dengan harga kedua mobil ini? Sebenarnya keduanya punya irisan, lantaran masih di angka Rp 300 jutaan. Hanya saja untuk MG 5 GT Magnify banderolnya bisa tembus Rp 407,9 juta (OTR Jakarta).

Harga MG 5 GT 2023

  • MG 5 GT Activate Rp 347,9 juta (OTR Jakarta)
  • MG 5 GT Ignite Rp 377,9 juta (OTR Jakarta)
  • MG 5 GT Magnify Rp 407,9 juta (OTR Jakarta)

Harga Toyota Vios 2023

  • Toyota Vios 1.5 E MT Rp 314,9 juta (OTR Jakarta)
  • Toyota Vios 1.5 G CVT Rp 355,2 juta (OTR Jakarta)
  • Toyota Vios 1.5 G TSS CVT Rp 368,4 juta (OTR Jakarta)

Demikian ulasan komparasi Toyota Vios Vs MG 5 GT. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika