Bengkel Insan Motor, Bermula Dari Fiberglass Kini Rambah Dunia Kustom

Moladin – Sejak virus modifikasi merambah tanah air, rumah modifikasi Insan Motor memang masih doyan rombak motor berpenampilan racing. Apalagi bengkel yang tak asing dikalangan anak motor dan digawangi Yustinus Erwan Santoso, terkenal piawai mempercantik tampilan motor menggunakan fiberglass.

Namun sejak 2015, Insan Motor tidak hanya meladeni modifikasi bolt on sekadar memoles tampilan motor. Bengkel dibilangan Bekasi, Jawa Barat itu juga merambah motor custom, dan membuat sendiri beberapa komponen yang melekat.

“Main kustom sendiri sebetulnya baru 3 tahunan lalu. Dulu saya lebih dikenal main fiberglass dengan gaya-gaya Sport, Naked, Streetfighter, Supermoto dan yang modern-modern. Tapi sebenarnya sport (modifikasi) masih jalan. Jadi pelebaran order saja,” katanya.

 

Modifikasinya Ber-estetika dan Fungsional

Beberapa motor konsumen siap digarap | Foto: Contributor Moladin

Diakui Yus, penggilan akrabnya, dirinya mulai merambah ke dunia custom bermodal iseng karena banyak konsumen malah order motor-motor custom. Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan. Toh yang dikerjakansama, yakni sama-sama modifikasi motor.

“Makin kemari makin banyak yang order kustom. Semua aliran kita terima. Mulai dari bikin rangka kita kerjakan, mulai Chopper, Scrambler, Café Racer dan lain-lain. Kesulitan sih enggak, cuma sekarang lebih berpikir ke simple dan fungsional aja,” katanya.

Dalam mengerjakan motor custom, Yus yang sebelumnya lebih memikirkan soal estetika kini berubah pola piker ke soal fungsi. Sebab yang dipikirkan sekarang lebih banyak, yakni desain oke tapi tetap fungsional dan enak dipakai riding harian.

“Iya. Kalau dulu kan main aksesoris, templok sono-sini. Sekarang lebih ke fungsi. Apalagi kebanyakan hand made, supaya riding tetap nyaman,” imbuhnya.

Salah satu contoh modifikasi paling fresh | Foto: Contributor Moladin

Sebagai pembuktian, motor custom garapannya kini tak hanya banyak peminat. Karena di ajang kontes modifikasi kelas menengah hingga atas, motor-motor garapannya selalu podium. Bahkan beberapa karya andalannya, pernah turun pada ajang akbar ‘Kostumfest 2019’ yang biasa digelar di kota Jogjakarta tiap tahunnya.

Buat Moladiners yang mau kustom motor di daerah Bekasi, bengkel Insan Motor bisa jadi refrensi. Bengkel ini beralamat di Jl. Swatantra V/50, Jatiasih (20,56 km), Kota Bekasi – 17454. HP; 0812-1018-9845.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *