Thursday, October 6, 2022

9 Kelebihan Hyundai Stargazer Dibanding Kompetitor

by Firdaus Ali
Hyundai Owner Assurance Program Stargazer

Ada beberapa kelebihan Hyundai Stargazer yang menarik untuk diulas. Bahasan ini penting, terutama kalau kamu mau beli mobil keluarga bergaya MPV.

Buat yang belum tahu Stargazer, segmennya ada di Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Artinya mobil tersebut bersaing dengan Toyota Avanza, Toyota Veloz, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga Hybrid, serta Mitsubishi Xpander.

Tentu untuk masuk di pasar yang sudah gemuk, Stargazer butuh senjata atau kelebihan. Salah satunya adalah desain futuristik, fitur-fitur modern seperti Bluelink dan SmartSense, hingga interior yang nyaman untuk penumpang lewat captain seat dan meja lipat.

Walau banyak keunggulan, tapi kekurangan Hyundai Stargazer juga ada. Ambil contoh peleknya pakai ukuran 15-16 inci sehingga ground clearance jadi pendek, rem parkir belum elektrik, tidak ada kamera 360, bagasi sempit, dashboard full plastik, dan lain-lain. Hanya saja soal kekurangan Stargazer tidak kami bahas lengkap, karena fokus artikel ini adalah kelebihannya.

Totalnya ada 9 kelebihan Hyundai Stargazer yang sudah kami rangkum. Berikut bahasannya:

1. Desain Eksterior Stargazer Tampil Beda

Kelebihan Hyundai Stargazer

Desain eksterior revolusioner

Kelebihan Hyundai Stargazer yang pertama adalah desain eksteriornya yang tampil beda. Meski sekilas dari samping, mirip dengan Mitsubishi Xpander. Hanya saja kalau dilihat secara detail, Stargazer mempunyai ciri khas desain tersendiri dan terbilang revolusioner.

Hal tersebut bisa dilihat dari tampilan depannya. Di mana Stargazer mengusung desain lampu DRL yang ditempatkan pada ujung depan peunutup kap mesin mobil. DRL tersebut membentang dari kiri ke kanan.

Lalu untuk lampu utama atau headlamp-nya berada agak ke bawah. Desain lampu utama ini juga menarik, sekilas menyerupai bentuk boomerang.

Lanjut ke bagian belakang, tampilan dari Hyundai Stargazer juga tidak kalah unik. Kamu bisa lihat lampu yang membentuk huruf H sebagai identitas dari logo Hyundai.

Kemudian, untuk melengkapi tampilan dari mobil 7-seater ini. Hyundai menyematkan velg berukuran 16 inci dual tone yang desainnya sekilas mirip bintang dengan 5 sudut. Sebenarnya ukuran velg 16 inci adalah kekurangan Stargazer, karena banyak kompetitor yang sudah menggunakan 17 inci.

Baca juga  Bocoran Harga Ertiga Hybrid, Lebih Murah Dari Avanza dan Xpander!

Tak hanya itu saja, dimensi Stargazer juga ternyata lebih lebar dibandingkan para kompetitor. Mobil berlogo H miring ini mempunyai panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.695 mm. Bodi yang lebar biasanya berefek ke pengendalian yang lebih stabil saat di kecepatan tinggi.

2. Interior Sudah Pakai Captain Seat dan Meja Lipat

Kelebihan Hyundai Stargazer

Selain captain seat, ada juga meja lipat di baris kedua

Kelebihan Hyundai Stargazer berikutnya adalah pada bagian interiornya yang sudah menggunakan jok captain seat untuk baris kedua. Meski untuk mendapatkannya konsumen harus membayar uang ekstra Rp 1 juta.

Tak hanya itu, penumpang baris kedua juga disediakan meja lipat yang bisa berguna untuk menaruh makanan atau barang ringan lain seperti smartphone. Kelengkapan ini tentu menjadi salah satu nilai lebih, sebab belum dimiliki oleh para rivalnya.

Soal tampilan dashboard desainnya juga lumayan futuristik. Di mana untuk headunit touchscreen berukuran 8 inci berpadu dengan tombol pengoperasian AC yang minimalis. Begitu juga dengan tuas persneling, desainnya mirip dengan mobil-mobil Eropa saat ini.

3. Ada Cruise Control di Hyundai Stargazer

kelebihan hyundai stargazer - cruise control

Cruise control tampak hadir di tombol setir sebelah kiri milik Hyundai Stargazer

Bicara kelebihan Hyundai Stargazer selanjutnya, memiliki cruise control. Fitur ini memudahkan saat berkendara, di mana kecepatan mobil bisa diatur secara konstan hanya dari tombol di setir. Alhasil pengemudi bisa mengistirahatkan kaki saat melaju di jalan bebas hambatan.

Cruise control disebut sebagai kelebihan Stargazer, karena kompetitor seperti Toyota Veloz, Daihatsu Xenia, hingga Suzuki Ertiga belum memilikinya. Sejauh ini cuma Mitsubishi Xpander yang sudah punya fitur tersebut.

Walau demikian, cruise control di Stargazer belum adaptive seperti halnya di Ioniq 5 dan Palisade Facelift 2022.

4. Wireless Charger untuk Memudahkan Isi Baterai Smartphone

Hyundai Strgazer vs Mitsubishi Xpander

Wireless charger jadi salah satu keunggulan Stargazer

Kelebihan Hyundai Stargazer selanjutnya adalah memiliki fitur wireless charger, memudahkan pengisian baterai smartphone sepanjang perjalanan. Alhasil pengemudi atau penumpang mobil, tidak perlu lagi menggunakan kabel saat cas smartphone.

Baca juga  VW T7 Multivan Sebentar Lagi Meluncur, Pas Buat Keluarga

Fitur wireless charger ini berada di konsol tengah Stargazer. Disebut sebagai kelebihan, karena belum ada di Mitsubishi Xpander, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga. Kompetitor yang punya saat ini cuma Toyota Veloz.

5. Sudah Dilengkapi Hyundai Bluelink dengan Tombol SOS

anthony ginting pilih hyundai creta

Fitur Hyundai Bluelink di Stargazer memungkinkan integrasi ponsel dengan mobil secara komprehensif

Hyundai Bluelink adalah fitur yang mengintegrasikan smarthphone dan mobil secara komprehensif. Di mana pemilik Stargazer bisa melakukan beberapa pengaturan soal mobil hanya dari smartphone. Ambil contoh menyalakan mesin mobil, menyalakan AC, mengunci dan membuka pintu, menyalakan klakson dan lampu utama, serta fitur find my car, serta beberapa fitur moden lainnya. 

Tidak kalah istimewa, Bluelink di Stargazer juga terintegarasi tombol SOS Emergency Assistance, Auto Collision Notification, Road Side Assistance, Stolen Vehicle Notification, Stolen Vehicle Tracking & Immobilization. Khusus untuk tombol SOS, bisa dipakai dalam kondisi darurat.

Cara kerja SOS Emergency Asisstance di Hyundai Stargazer cukup mudah, kamu cukup tekan tombol yang ada di plafon baris pertama. Lalu bala bantuan Hyundai akan datang ke lokasi kejadian. Istimewa bukan?

Sesungguhnya fitur Bluelink sudah ada pula di Toyota Veloz dengan nama Toyota Safety Sense. Hanya saja khusus tombol SOS, cuma ada di Hyundai Stargazer, sementara Veloz belum punya.

6. Punya Hyundai SmartSense

Kelebihan Hyundai Stargazer

Sudah dilengkapi Bluelink dan SmartSense

Keunggulan Hyundai Stargazer selanjutnya adalah teknologi Hyundai SmartSense. Ini adalah teknologi aktif yang mencegah resiko kecelakaan saat mobil diajak berkendara.

Di dalamnya terintegrasi forward collision-avoidance assist (FCA), lane keeping assist (LKA), blind-spot collision-avoidance assist (BCA), dan rear cross-traffic collision-avoidance assist (RCCA). Semua fitur itu bisa menginformasikan dan membantu mencegah terjadinya kecelakaan.

Hyundai SmartSense disebut kelebihan Hyundai Stargazer karena kompetitor seperti Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga masih belum punya. Teknologi ini cuma ada di Toyota Veloz dan Daihatsu Xenia.

Baca juga  5 Perbedaan Mitsubishi Xpander Facelift 2021 Vs Lama

7. Harga Kompetitif Hyundai Stargazer

Kelebihan Hyundai Stargazer

Harga Stargazer masih kompetitif dibanding LMPV sekelas

Berbicara mobil baru tak lengkap jika belum mengetahui harganya. Yup, kelebihan Hyundai Strgazer selanjutnya adalah dari sisi harganya.

Hyundai Stargazer dibanderol mulai dari Rp 243,3 juta untuk varian entry levelnya hingga Rp 307,1 juta untuk varian tertingginya. Harga tersebut tentunya lebih ramah dikantong jika dbandingkan dengan para rivalnya.

Sebut saja untuk Xpander varian terbawahnya masih dibanderol Rp 266,7 juta dan Veloz Rp 268 juta. Sementara untuk harga varian tertingginya, harga Xpander sama dengan Stargazer, namun Veloz lebih mahal yaitu Rp 331,1 juta.

8. Pilihan Warna Ada 2 Tone

Kelebihan Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer ada pilihan two tone

Nah, untuk pilihan warna juga menjadi salah satu kelebihan Hyundai Stargazer. Dimana mobil MPV ini menawarkan one tone dan two tone. Sementara untuk Xpander dan para rival lain di kelasnya, hanya menyediakan pilihan warna one tone.

Warna dual tone pada Stragazer bisa didapatkan konsumen hanya dengan membayar Rp 1,5 juta. Adapun pilihan warna untuk dual tone seperti Magnetic Silver Metallic + Black Roof, Dragon Red Pearl + Black Roof, dan Creamy White Pearl + Black Roof.

Sementara untuk pilihan warna single tone ada Mangrove Brown Pearl, Midnight Black Pearl, Magnetic Silver Metalllic, Titan Gray Metallic, Dragon Red Pearl, serta Creamy White Pearl.

9. Performa Mesin Hyundai Stargazer Terbaik Dibanding Kompetitor

Hyundai Strgazer vs Mitsubishi Xpander

Mesin Stargazer pakai basis serupa milik Creta

Soal mesin Stargazer, Hyundai memasangkannya dengan konfigurasi empat silinder aspirasi normal berkapasitas 1.497 cc. Jantung mekanis itu bisa menghasilkan tenaga 115 hp/6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm/4.500 rpm. Lalu pilihan transmisi, Stargazer mendapatkan 6-percepatan manual dan Intelligent Variable Transmission (IVT) seperti Creta.

Performa mesin seperti itu, di atas rata-rata LMPV lain. Tidak percaya?Sebagai pembanding, cek Mitsubishi Xpander dengan torsi 141 Nm dan tenaga 105 PS. Lalu Toyota Veloz torsinya 137 Nm dan tenaga 106 PS.

Kekurangan Hyundai Stargazer cuma di tangki BBM yang sanggup menampung 40 liter. Pasalnya kompetitor bisa menampung bensin lebih banyak, seperti Toyota Veloz (43 liter) dan Mitsubishi Xpander (45 liter).

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa kelebihan Hyundai Stargazer. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika