Selasa, Juni 18, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Kelebihan Kia EV6 GT 2023, Mending Ini Dibanding Ioniq 6!

by Baghendra Lodra
kia ev6 gt 2023 - eksterior

Ada banyak kelebihan Kia EV6 GT, mobil listrik super yang meluncur di GIIAS 2023. Salah satunya akselerasi 0-100 Km/jam cuma 3,5 detik, mengalahkan saudarnya yaitu Ioniq 6 yang 5,1 detik.

Di samping itu, sedan listrik KIA punya tampilan lebih istimewa. Utamanya lewat kehadiran aksen hijau stabilo di eksterior dan interior.

Buat yang belum tahu, Kia EV6 GT merupakan versi mobil sport dari EV6 GT-Line. Walau namanya lebih pendek, tapi soal performa lebih istimewa!

“Kia EV6 GT-Line yang kita luncurkan tahun lalu telah mendapat banyak pujian dan sambutan yang sangat positif, baik dari segi performa maupun dari segi desain. kali ini kami menghadirkan varian terbuas dari EV6 yaitu EV6 GT yang secara performa sudah memasuki teritori supercar,” kata Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA), Ario Soerjo di GIIAS 2023.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, Kia menjual EV6 GT 2023 dengan harga Rp 1,699 juta (OTR Jakarta). Mau tahu lebih detail soal mobil ini? Simak bahasan berikut:

Akselerasi 0-100 Km/jam Cuma 3,5 Detik

kia ev6 gt 2023 - tampak samping

EV6 GT punya performa layaknya supercar

Kelebihan Kia EV6 GT 2023 yang pertama adalah kemampuan akselerasinya. Dari 0-100 Km/jam hanya membutuhkan waktu 3,5 detik. Lalu kecepatan maksimalnya tembus 260 km/jam. Catatan waktu itu jauh lebih cepat bila dibandingkan Kia EV6 GT-Line yang hanya 5,2 detik dan Ioniq 6 yang cuma 5,1 detik.

Baca juga  Harga Resmi Hyundai Ioniq 5, Termahal Rp 829 Juta!

Performa hebat tersebut dikarenakan platform yang sama seperti varian GT-Line, yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP). Di atas kertas pakai 2 motor elektrik besar yang dipadukan dengan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD). Kombinasi itu mampu menghasilkan tenaga hingga 585 PS dan torsi puncak mencapai 740 Nm.

GT Mode dan Drift Mode

kia ev6 gt 2023 - dashboard depan

Dashboard Kia EV6 GT

Untuk lebih memaksimalkan kesenangan berkendara dari Kia EV6 GT adalah punya GT Mode dan Drift Mode. Khusus untuk GT Mode, dapat memaksimalkan tenaga dan torsi motor listriknya sejak pedal akselerator pertama kali diinjak.

Tidak hanya itu, Kia EV6 GT juga memiliki fitur Drift Mode yang memungkinkan kendaraan untuk melakukan drifting dengan pengaturan yang telah disesuaikan. Pada Drift Mode ini, tenaga dan torsi akan didistribusi secara maksimal ke 2 roda belakang, serta sistem juga akan mengaktifkan fitur E-LSD (Electronic Limited Slip Differential), untuk memudahkan kendaraan berakselerasi secara drifting.

Eksterior dan Interior Kia EV6 GT Layaknya Mobil Sport

kia ev6 gt 2023 - tampak belakang

EV6 GT lebih sporty dibanding varian GT-Line

Kelebihan Kia EV6 GT ada di tampilan eksterior dan interior yang sporty. Desainnya persis mobil sport dengan aksen-aksen hijau stabilo.

Baca juga  Aston Martin DBX 2022, SUV Terbuas Bermesin Murni!

Ini terlihat dari tampilan bumper depan dan belakangnya yang punya bentuk lebih aerodinamis dan menarik.
Bagian samping Kia EV6 GT juga memiliki tampilan yang lebih sporty dan gahar berkat penggunaan velg berukuran 21 inci dengan kelir warna dual tone dan rumah cakram hijau stabilo di keempat roda.

Serupa seperti bagian depan, bagian belakang Kia EV6 GT juga memiliki tampilan bumper yang lebih sporty dibandingkan varian GT-Line. Perbedaannya ada pada bentuk skid plate dan reflektor.

Masuk interior, mobil sport bertenaga baterai dari Kia ini juga punya aura sporty. Ambil contoh penggunaan jok GT Bucket Seat yang akan memberikan posisi berkendara layaknya supercar, lalu pengunaan bahan Suede pada bagian door trim dan plafon. Hadir pula aksen hijau neon di kabin tersebut.

Berbagai fitur canggih tentunya tetap tersedia pada Kia EV6 GT. Di bagian dalam, ada beberapa fitur yang tersedia, seperti Wide Sunroof, Panoramic Wide Display, Wireless Charging, hingga Premium Speaker dari Meridian dengan 14-speakers.

Baca juga  Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS 580 Produksi India, Harga Rp 2,8 Miliar

Fitur-Fitur Modern

kia ev6 gt 2023 - interior jok belakang

Mobil Kia EV6 GT punya fitur V2V dan V2L

Kelebihan Kia EV6 GT 2023 selanjutnya ada di kehadiran fitur canggih. Soal keselamatan, tersedia ADAS Drive Wise dengan Forward Collision-avoidance Assist with Junction Turning and Crossing, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Smart Cruise Control, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, High Beam Assist, Driver Attention Warning, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Surround View Monitor, dan Parking Distance Warning.

Ada pula Remote Smart Parking Assist (RSPA) yang memungkinkan kendaraan parkir secara otomatis, baik dari dalam atau dari luar kendaraan melalui remote kunci. Fitur ini bermanfaat untuk memudahkan pengemudi saat harus memarkirkan kendaraan di ruang yang sempit.

Kia EV6 GT juga tetap memiliki fitur Vehicle to Load (V2L) dan Vehicle to Vehicle (V2V) yang berfungsi untuk meyuplai daya listrik dari mobil listrik ke alat rumah tangga atau kendaraan listrik lainnya.

Itulah tadi bahasan soal kelebihan Kia EV6 GT 2023. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika