Senin, September 26, 2022

Komparasi Mazda CX-8 Vs Hyundai Santa Fe 2022, Siapa Terbaik?

by Tigor Sihombing
Mazda CX-8 Vs Hyundai Santa Fe

Kali ini Moladin membahas soal komparasi Mazda CX-8 Vs Hyundai Santa Fe 2022. Kira-kira siapa di antara kedua SUV ini yang terbaik ?

Meski tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Tetapi yang pasti mereka adalah dua mobil SUV setipe yang memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda, mesin bensin 2.500 cc, dan penggerak roda depan (FWD).

Hyundai Santa Fe sendiri adalah produk yang rilis pada pertengahan tahun 2021 lalu. Kemudina PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku distributor resmi menghadirkan SUV tiga baris ini dalam produksi lokal (CKD) pada awal 2022.

Produk tersebut juga merupakan facelift dari Santa Fe model sebelumnya. Ubahannya pun cukup banyak, dari segi eksterior dan interior, serta tambahan fitur-fitur yang modern.

Sedangkan CX-8 dalah SUV terbaru Mazda yang baru dirilis PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) pada Selasa (26/7) lalu. Mobil ini tentunya tidak hanya menawarkan fitur yang modern, tetapi juga tampilan yang lebih  segar dan estetik, berkat ubahan dan penambahan beberapa detil pada eksterior. 

Nah jika saat ini kamu ingin membeli di antara kedua SUV ini, simak dahulu hasil komparasi berdasarkan data tertulis oleh masing-masing pabrikan. Mana yang lebih baik antara Mazda CX-8 Vs Hyundai Santa Fe 2022? Berikut ulasan lengkapnya.

Dimensi Hyundai Santa Fe Lebih Lebar dan Pelek Lebih Kecil Dibanding Mazda CX-8

harga mobil diesel maret 2022

Hyundai Santa Fe 2022

Pada eksterior, Mazda CX-8 mengusung desain KODO, yang tampil tampil lebih elegan dengan penyematan grille depan bergaris-garis vertikal.

Pada body sama seperti mobil-mobil Mazda sebelumnya, pabrikan berlambang M ini juga masih mengandalkan teknik pengecatan TAKUMI-NURI. Menurut Mazda, teknik tersebut adalah teknologi yang menggabungkan antara kombinasi warna, highlight, bayangan, dan kedalaman warna untuk menghasilkan pantulan terbaik.

Baca juga  5 Mobil SUV Bekas dan Murah, Mulai Rp90 Jutaan

Secara keseluruhan facia CX-8 lebih kalem dan terkesan mewah. Sedangkan Santa Fe juga sudah menggunakan desain baru pada lampu, gril sampai bumper, desainnya banyak lekukan, lebih berkesan agresif. 

Sama seperti Mazda CX-8, Santa Fe bensin juga sudah memiliki lampu Day-time Running Light (DRL), dan LED pada lampu utama. Tapi bedanya pada Mazda CX-8 sudah menggunakan lampu utama dengan Lighting signature, Automatic on/off function dan automatic leveling. Di mana system lampu ini akan menyorot mengikuti kondisi jalan. 

Untuk pelek Santa Fe menggunakan ukuran 18 inci dengan ban berukuran 235/60. Sedangkan pada Mazda CX-8 menggunakan pelek lebih besar ukuran ring 19 inci 255/55.

Lalu berikutnya perbandingan antara Mazda CX-8 VS Hyundai Santa Fe dari sisi dimensi. Mazda CX-8 memiliki panjang 4.900 mm, lebar 1.840 mm dan tinggi 1.730 mm, ground clearence 205 mm. Sedangkan Santa Fe panjang 4.785, lebar 1.900 mm dan tinggi 1.710 mm, dengan ground clearence lebih rendah 176 mm.

Dari data tersebut kita melihat jika Mazda CX-8 memiliki dimensi yang lebih panjang dibanding Santa Fe, lebih ramping, dan body yang lebih tinggi. Selain itu pada keduanya sama-sama dibekali roof rail, yang membuat kedua mobil ini makin terlihat macho.

Mazda CX-8 Unggul di Captain Seat, Tapi Fitur Lebih Banyak Hyundai Santa Fe

Mazda CX-8 Vs Hyundai Santa Fe 2022

Kelebihan Mazda CX-8, punya konfigurasi captain seat di baris kedua.

Perbandingan Mazda CX-8 Vs Hyundai Santa Fe lainnya di sektor interior. terutama soal konfigurasi tempat duduk. Pada Mazda CX-8 sudah mengadopsi captain seat, yang berarti untuk penumpang baris kedua hanya bisa dihuni dua orang penumpang. Sedangkan pada Hyundai santa Fe mengadopsi tempat duduk konvensional yang bisa dihuni oleh 3 orang penumpang, dengan head rest yang juga berjumlah 3.

Baca juga  Mazda CX-5 vs Honda CR-V, Pilih SUV Mana?

Walau kalah kapasitas penumpang, tapi soal kenyamanan duduk baris kedua, tentu saja CX-8 lebih unggul. Hal ini lantaran captain seat diciptakan agar penumpang merasa lebih personal.

Penumpang juga bisa mengakses beberpa fitur dengan tombol-tombol yang tersedia di handrest penumpang. Seperti fitur seats adjustable, head restraints, Power tilt, lift, lumbar support, slide, reclining (driver’s side) dan Power adjustment memory (driver’s side).

Kekurangnnya tentu saja muatan penumpang jadi lebih sedikit, karena konfigurasi duduknya menjadi 2-2-2. Sedangkan Hyundai Santa Fe 2-3-2.

Bagian kemudi Mazda CX-8 dan Santa Fe juga sudah dibalut dengan kulit. Di sana juga tersedia Audio control switches, yang memudahkan pengoprasian beberapa fitur entertainment. Keduanya juga sudah punya wireless charging, sunroof, dan hands-free power liftgate.

Lainnya, Hyundai Santa Fe unggul di fitur Lane Following Assist (LFA), di mana mobil bisa mengikuti lajur yang benar. Kalau tiba-tiba pindah jalur dan pengemudi tidak menekan tuas lampu sein, maka setir bisa mengoreksi.

Sisanya, kurang lebih baik Mazda CX-8 dan Hyundai Santa Fe mirip. Sama-sama sudah pakai fitur keselamatan modern. Lalu punya kamera yang bisa mengetahui kondisi lingkungan sekitar mobil, penting untuk memarkirkan kendaraan atau melewati jalan sempit.

Performa Mazda CX-8 Vs Hyundai Santa Fe 2022

Mazda CX-8 Vs Hyundai Santa Fe

Mesin Mazda CX-8

Untuk performa, antara Mazda CX-8 Vs Hyundai Santa Fe 2022 siapa yang unggul. Ternyata SUV asal Jepang punya mesin bensin lebih mantap. Walau masih mengaplikasikan konfigurasi SKYACTIV-G 2.500 cc 4 silinder DOHC seperti model lama tapi performanya istimewa.

Baca juga  Pemesanan Hyundai Palisade Facelift Dibuka, Meluncur di GIIAS 2022

Di atas kertas, mesin CX-8 facelift mampu menghasilkan tenaga 190 PS yang bisa dicapai pada 6.000 RPM dan torsi 252 Nm pada 4.000 rpm. Performa tersebut disalurkan melalui penggerak roda depan (FWD), dengan transmisi 6 speed otomatis.

Sedangkan Hyundai Santa Fe yang punya kapasitas mesin serupa yaitu 2.500 cc, cuma bisa memiliki torsi 232 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 180 PS pada 6.000 rpm. Kalah jauh dibanding CX-8.

Harga Hyundai Santa Fe Bensin Lebih Murah Dibanding Mazda CX-8

Mazda CX-8 Vs Hyundai Santa Fe 2022

Interior Hyundai Santa Fe

Setelah tahu spesifikasi Mazda CX-8 Vs Hyundai Santa Fe, siapa yang pantas dibeli? Bila kamu menginginkan SUV bensin yang punya tampilan elegan dan berperforma mantap, bisa pilih CX-8. Hanya saja, kamu perlu merogoh kocek dalam karena harganya tembus Rp 795,5 juta (OTR Jakarta).

Hyundai Santa Fe yang notabene sekelas dengan CX-8, harganya jauh lebih murah. Varian Signature atau tertingginya cuma Rp 679 juta (OTR Jakarta). Apalagi pabrikan berlogo H miring punya varian yang lebih murah seperti  Prime Rp 600 juta (OTR Jakarta) dan Style Rp 570 juta (OTR Jakarta).

Dengan bujet lebih murah, Santa Fe punya fitur-fitur modern serta tampilan agresif untuk sebuah SUV. Jadi kamu pilih yang mana?

Demikian perbandingan kedua SUV Mazda CX-8 Vs Hyundai Santa Fe 2022. Jika mengacu pada harga wajar saja CX-8 lebih unggul di sektor fitur dibandingkan dengan Santa Fe. Meski sebenarnya santa Fe juga mampu mengimbangi lewat beberapa fitur modern yang tidak dimiliki CX-8.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif. Moladin adalah platform mobil bekas berkualitas dan terpercaya. Sudah tersedia di 135 kota dengan 40.000 agen dan dealer, jadi kalau kamu mau beli mobil bekas di Moladin aja. 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika