Rabu, Juni 19, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Mobil Listrik Neta Rakitan Lokal, Harganya Bakal Semurah Apa?

by Firdaus Ali
Mobil listrik Neta bakal CKD

Mobil listrik Neta rakitan lokal atau CKD (Completely Knock Down) akan terwujud tidak lama lagi. Dalam hal ini, Neta menggandeng perusahaan perakitan lokal yaitu PT Handal Indonesia Motor (HIM).

Adapun kerja sama terkait perakitan mobil listrik merek Cina di Indonesia tersebut, siap dimulai pada Q2 tahun 2024. Kurang lebih sekitar April-Juni tahun depan.

Penandatanganan kolaborasi Neta dan HIM dihadiri oleh Kong Fanlong selaku Co-Presiden dari Neta Auto, Zhou Jiang selaku Vice President Neta Auto dan Executive Vice Presiden Neta Overseas, dan Wang Chengjie selaku Assistant Presiden dari Neta Auto dan Vice President Neta Overseas. Sedangkan dari pihak PT HIM, Jongkie Sugiarto selaku Wakil Komisaris Utama PT HIM, Denny Siregar selaku Presiden Direktur PT HIM, serta I.G.P Rampai Surya Budhi selaku Deputy Director Auto Investa turut hadir.

PT HIM sendiri dipilih, karena punya pengalaman kerja yang baik, kredibilitas tinggi, dan dipercaya oleh banyak brand otomotif sejak tahun 1993. Rakitan mobil dari PT HIM bukan cuma beredar untuk pasar Indonesia, melainkan juga untuk pasar ekspor ke mancanegara. Sebagai informasi tambahan PT HIM pun digunakan oleh merek mobil Cina lain yaitu Chery untuk perakitan lokal di Indonesia.

“Sebagai brand yang baru saja berdiri di Indonesia, kami ingin menunjukkan komitmen serta keseriusan kami dalam menyediakan kendaraan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Tidak hanya berfokus pada konsumen, kami juga membangun kerja sama yang kuat dengan beberapa perusahaan untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu membangun industri otomotif Indonesia menjadi lebih baik. Kami berharap kerja sama antara Neta dengan PT HIM ini dapat merealisasikan visi dan misi kami mendukung Pemerintah Indonesia dalam penggunaan kendaraan elektrik sebagai alternatif utama mobilitas dalam negeri. Kami percaya, Indonesia memiliki potensi yang baik dalam menerima adanya kendaraan listrik sebagai alternatif utama dalam mendukung kegiatan mobilitas sehar-hari karena terbukti lebih efektif dan ramah lingkungan,” terang Assistant President Neta Auto dan Vice President Neta Overseas, Wang Chengjie dalam rilis resmi yang kami terima pada Senin (7/8/2023).

Baca juga  Daftar Harga Wuling Air EV Setelah Subsidi, Masih Rp 200 Jutaan!

Sebagai informasi, Neta merupakan salah satu merek mobil dari Cina yang akan turut serta dalam event GIIAS 2023. Rencananya, Neta akan menghadirkan dan menjual mobil listrik Neta V sebagai produk pertamanya di ajang pameran otomotif yang berlangsung di ICE BSD Tangerang pada 10-20 Agustus 2023 tersebut. 

Harga Kompetitif Mobil Listrik Neta Rakitan Lokal

mobil listrik neta rakitan lokal

Sosok mobil listrik Neta V

Dengan hadirnya mobil listrik Neta rakitan lokal pada 2024, tentu menjanjikan harga yang lebih terjangkau dibanding produk impor atau CBU. Hal tersebut dimungkinkan, lantaran kendaraan CKD tidak terkena pajak impor. Kemudian Indonesia juga masih memberikan subsidi mobil listrik dengan kandungan lokal hingga 40 persen yang kemungkinan kebijakan ini berlanjut hingga tahun 2024.

Oleh karenanya, harga mobil listrik Neta rakitan lokal nantinya kemungkinan cukup terjangkau. Sebagai gambaran, Neta V saat ini dijual di Thailand dan Malaysia dengan banderol Rp300 jutaan. Prediksi kami saat masuk Indonesia dengan status CKD, harganya tetap akan lebih mahal dari negara tetangga. Bukan tidak mungkin tembus Rp350-400 jutaan.

Baca juga  Spesifikasi MG EP, Mobil Listrik Termurah!

Mengingat, Wuling Air EV yang juga CKD dan dimensinya mungil dijual Rp250-300 jutaan. Maka Neta V yang bodinya lebih bongsor layaknya mobil normal, harusnya tidak semurah itu. Ya, Rp350-400 jutaan cukup logis. Itu pun sudah sangat terjangkau dibanding mobil-mobil listrik lain.

Tidak percaya? Cek saja mobil listrik lain seperti MG 4EV yang masih CBU, harganya Rp 649,9 juta (OTR Jakarta). Nissan Leaf CBU mulai Rp738 juta. Kemudian Hyundai Ioniq 5 CKD mulai Rp748 juta.

Pemesanan Neta V juga sudah dibuka oleh para sales, bahkan mereka menyebutkan bahwa mobil listrik Cina ini akan dijual di bawah Rp400 juta. Artinya sesuai dengan prediksi kami.

“Untuk yang sudah preorder, pesananan unitnya bisa kami first delivery di Oktober 2023, estimasi harga di bawah Rp400 juta, tapi pastinya nanti akan rilis di GIIAS 2023,” kata sales Neta yang tidak mau disebutkan namanya ke Moladin.com.

Sekilas PT Handal Indonesia Motor (HIM)

Mobil listrik Neta bakal CKD

Salah satu mobil yang dirakit oleh PT HIM, Hyundai H1

Mobil listrik Neta rakitan lokal akan digarap oleh PT HIM yang punya lokasi pabrik di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. Seperti apa pengalaman dari perusahaan lokal ini? Berikut beberapa merek dan model mobil yang dirakit oleh PT Handal Indonesia Motor:

  • Tahun 1995-1997: Ford Laser, Ford Telstar, Ford Elantra
  • Tahun 1999-2007: Ford Lynx, Hyundai Atoz 1.0, Hyundai Avega (Accent), Hyundai Verna (Accent), Hyundai Trajet
  • Tahun 2009-2012: Hyundai i10, Hyundai H1, Hyundai Grand Avega, Hyundai i20, Hyundai Sonata
  • Tahun 2022-Sekarang: Cherry Tiggo 7 Pro, Cherry Tiggo 8 Pro, Hyundai H1 (ekspor)
Baca juga  Kemenperin Dukung Industri Otomotif Ramah Lingkungan

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil listrik Neta rakitan lokal hasil kerjasama dengan PT HIM yang produksinya akan dimulai pada Q2 2024. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya. 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika