Modifikasi Helm Harian Pake Flat Visor, Sebaiknya Perhatikan Bagian Ini!

Hai sobat Jinny! Helm merupakan salah satu perangkat yang wajib kalian gunakan ketika mengendarai sepeda motor. Kalo boleh tau, helm merk apa yang kalian punya? Sebenarnya apapun merk helmnya, pastikan udah berlisensi SNI ya! Setidaknya, kualitas helm berlisensi SNI ini cukup bisa diandalkan karena telah melewati masa pengujian. Hal ini tentunya akan lebih aman dan nyaman jika sudah dilengkapi dengan kaca helm jenis flat visor maupun cembung.

Perbedaan Flat Visor dan Kaca Helm Biasa
Modifikasi Helm Harian Pake Flat Visor serta Perbedaan Flat Visor (atas) dan Kaca Helm Biasa (bawah)

Ngomong-ngomong soal kaca helm alias visor, setidaknya ada dua jenis visor yang saat ini banyak beredar di pasaran, yaitu kaca cembung dan flat visor. Lantas, adakah perbedaan di antara keduanya? Ada, pada umumnya pabrikan helm menggunakan jenis cembung, permukaan vertikal kaca helm pada jenis ini sedikit melengkung. Jika dibandingkan dengan visor datar, kaca helm jenis ini memiliki permukaan vertikal yang rata alias datar. Apakah ada pengaruhnya jika melakukan modifikasi helm harian pake flat visor?

Yamaha X Ride 125 All New

*DP mulai dari

BACA JUGA : Tips Memilih Jaket Motor, Penunjang Keselamatan Berkendara, Klik Disini!

Keuntungan Jika Modifikasi Helm Harian Pake Flat Visor

modifikasi helm harian
Helm Yang Dilengkapi Tear Off

Komponen pelindung ini biasanya terpasang pada helm premium dan juga digunakan pada ajang balap sepeda motor. Namun tidak menutup kemungkinan jika kaca jenis ini dipasang pada helm harian khususnya jenis full face. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa kelebihan yang dimiliki visor flat ini. Karena permukaannya yang rata, kaca helm ini dapat dipasang lapisan tear-off.

Biasanya, kaca flat ini sudah dilengkapi sejak dari pabrik dengan tear-off post atau tempat terpasangnya lapisan plastik tersebut. Komponen ini merupakan plastik pelindung kaca dari debu maupun partikel lain yang dapat menimbulkan scratch alias goresan. Sebab kalo permukaannya tergores, pandangan pun bakal terganggu dan berpotensi menimbulkan kecelakaan, loh. Selain itu, saat dipake malam hari, scratch tersebut bisa menimbulkan glare atau silau saat terkena cahaya lampu.

Modifikasi Helm Harian Pake Flat Visor Dapat Dipasang Pinlock
Visor Helm Yang Dapat Dipasang Pinlock

Tidak cuma tear-off guys, kaca jenis ini juga dapat dipasangi pinlock. Pemasangan part helm satu ini bikin kaca tidak berembun meskipun riding dalam cuaca hujan maupun dingin. Adanya embun di bagian dalam kaca helm dapat mengurangi visibilitas ketika berkendara. Hal ini tentu saja dapat memicu terjadinya kecelakaan. Beberapa keuntungan pake flat visor di atas bisa dijadikan alasan untuk modifikasi helm harian kalian pake visor helm jenis ini.

Suzuki Address FI

*DP mulai dari

Kekurangan Jika Modifikasi Helm Harian Pake Flat Visor

Nah sobat Jinny, melakukan modifikasi helm harian pake flat visor ini juga mempunyai kekurangan loh. Penggunaan flat visor ini ternyata dapat mengurangi aerodinamika terhadap angin. Ini disebabkan karena permukaan yang rata kurang maksimal dalam memecah terpaan angin dibanding visor cembung.

BACA JUGA : 5 HELM KYT FULL FACE TERBAIK MENURUT BIKERS

Meski demikian, flat visor masih digunakan di ajang balap karena pembalap lebih sering menunduk dan berlindung di balik windshield motor mereka. Selain itu, harga si kaca datar ini lebih mahal dibanding visor cembung. Ketersediaan visor jenis datar ini juga belum tentu cocok dan pas sama helm kalian. Belum lagi banderol aksesoris atau part pendukung lainnya, seperti tear-off dan pinlock yang cukup mahal.

Kalian bisa cek harga pinlock disini dan tear-off disini.

Ingat Motor, Ingat Moladin!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *