Ini Dia Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin!

Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin – Motor menjadi alat transportasi yang sangat diandalkan dalam aktivitas sehari-hari. Banyak alasan orang lebih memilih motor ketimbang mobil, mulai dari menghindari macet hingga biaya perawatannya yang lebih murah. Nah, jika motor tiba-tiba mogok padahal sudah isi bahan bakar, duh, pusing bukan kepalang.

Hal pertama yang mungkin terlintas dalam pikiran Moladiners, pasti ada kerusakan di bagian dalamnya, nih. Sebelum bingung dan sebelum terlanjur diboyong ke bengkel, coba deh cek artikel di bawah mengenai penyebab motor mati seperti kehabisan bensin. Siapa tahu permasalahannya bisa kamu atasi sendiri kan?

1. Kran Bensin Tertutup

Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin Keran Bensin Tertutup

Penyebab motor mati seperti kehabisan bensin bisa jadi karena kran bensin tertutup. Seperti kita ketahui,bensin butuh mengalir ke ruang pembakaran agar motor hidup. Coba deh, kamu tengok ke bagian dekat tangki kemudian perhatikan kran bensin di sana.

Perlu kita ketahui, ada tiga titik di kran bensin, yaitu ON, OFF dan RES. ON, artinya posisi sudah benar dan bensin sudah mengalir dari tangki ke ruang pembakaran. OFF, artinya kran dalam posisi tertutup dan motor tidak akan menyala karena tidak ada bensin yang mengalir ke ruang pembakaran (biasanya ini dilakukan ketika sedang memperbaiki karburator atau bagian dalam ruang pembakaran).

Jika kran dalam posisi OFF, maka kamu tinggal memutarnya ke posisi ON dan beri waktu untuk bensin mengalir, barulah hidupkan motor kembali. Namun, jika kran posisi ON dan motor masih tidak mau menyala berarti penyebabnya terletak di bagian lain.

Sedangkan titik RES biasanya sebagai indikator bensin cadangan. Jika bensin dalam posisi ON sudah habis, maka putarlah kran bensin ke posisi RES agar motor tetap bisa menyala dengan mengandalkan bensin cadangan. Tentu, fungsi ini tergantung pada jenis motor.

 

2. Ventilasi Tersumbat

Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin Ventilasi Tersumbat

Jika motor mati mendadak padahal sudah isi bahan bakar dan segala macam cara sudah dicoba untuk menghidupkannya kembali, yuk kita teliti pada hal sekecil apa pun termasuk  ventilasi bensin. Terletak pada tutup bensin, ventilasi ini amat kecil namun besar sekali efeknya jika sudah tersumbat.

Ventilasi bensin ini berfungsi menyalurkan udara, mendorong bensin menuju karburator. Jika tidak ada sirkulasi udara yang cukup baik, maka mesin akan brebet bahkan mati mendadak. Untuk membersihkan ventilasi yang tersumbat, cobalah lepaskan tutup dari tangki kemudian semprotkan udara dari kompresor ke arah ventilasi tersebut.

 

3.  Main Jet Bermasalah

Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin Main Jet Karburator

Penyebab motor mati seperti kehabisan bensin ini terletak pada bagian karburator. Main jet, berfungsi untuk menyalurkan bensin ke ruang pembakaran atau menyuplai bensin saat putaran mesin menengah sampai atas, jadi, ketika main jet tersumbat atau ukurannya kekecilan, mesin akan tersendat-sendat dan akibatnya motor kurang power bahkan mati mendadak.

Baca Juga :

4. Busi Bermasalah 

Busi Motor Bermasalah

Busi merupakan komponen dalam mesin motor yang berfungsi menciptakan percikan api sehingga terjadi proses di ruang pembakaran yang mengubah bahan bakar menjadi energi. Jika busi bermasalah, tentu akan memberi efek buruk terhadap performa motor bahkan menjadi penyebab motor mati seperti kehabisan bensin.

Solusi agar motor hidup dan bertenaga kembali. cobalah teliti apakah busi harus dibersihkan atau ada bagian-bagian yang mesti diganti terutama jika motor tersebut sudah lama tidak ganti busi.

 

5. Mesin Motor Overheat

Mesin Motor Overheat

Penyebab terakhir adalah mesin motor yang overheat a.k.a terlalu panas. Mesin apa pun, bukan motor saja, tentu akan menurun kinerjanya jika overheat. Dalam mesin sepeda motor, jika sudah overheat sebaiknya jangan dipaksakan untuk terus melaju sebab akan fatal akibatnya.

Coba deh, menepi dulu, menunggu hingga motor lebih adem barulah jalan lagi. Sambil menunggu tidak ada salahnya cek bagian piston. Sebab jika piston dalam silinder terlalu rapat, seher dan piston tak leluasa beroperasi kemudian bisa-bisa oli yang disalurkan tidak optimal sehingga mesin motor menjadi cepat panas.

 

6. Motor Benar-Benar Kehabisan Bensin

Motor Kehabisan Bensin

Nah, ini satu lagi kemungkinan yang bisa jadi penyebab motor mati seperti kehabisan bensin. Siapa tahu, kamu lupa isi bensin sedangkan indikator bensin mati. Cara paling umum mengecek ketersediaan bensin tanpa indikator adalah buka penutup bensin dan lihat langsung bensin yang ada di dalamnya. Bisa dengan cara menggoyangkan motor atau colok ke dalam tangki untuk mengetahui ada atau tidaknya bensin di dalam sana.

Moladiners, sekarang sudah tahu kan, penyebab motor mati seperti kehabisan bensin? Nah, sekarang jangan panik lagi jika motor mogok padahal bahan bakar penuh, ya. Untuk tips-tips lainnya seputar sepeda motor, yuk, intip blog Moladin! Beli kebutuhan berkendara pun baiknya di Moladin. Dapatkan penawaran terbaik! Ingat motor, ingat Moladin 😀

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *