oleh

Butuh Dana Tunai Cepat Tanpa Jaminan? Anda Bisa Pertimbangkan KTA

Pinjaman dana tunai tanpa jaminan jadi pilihan tepat guna memenuhi kebutuhan mendesak. Tapi ingat, usahakan untuk mengambil plafon pinjaman sesuai kemampuan. Salah satu layanan pinjaman tunai yang bisa Anda pertimbangkan adalah KTA. Di sisi lain, KTA sering menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan dalam waktu yang cepat.

Buat Anda yang belum tahu seputar KTA, berikut penjelasannya serta alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan KTA.

 

Sekilas Tentang KTA

butuh-dana-tunai-cepat-tanpa-jaminan?-anda-bisa-pertimbangkan-kta
KTA adalah Kredit Tanpa Angunan

Dalam dunia finansial, istilah KTA dikenal sebagai kepanjangan dari kredit tanpa agunan. Biasanya KTA banyak diakses oleh mereka yang membutuhkan dana cepat tanpa perlu menyediakan jaminan seperti sertifikat properti atau kendaraan bermotor. Sebagai gantinya, plafon pinjaman KTA biasanya tidak terlalu besar dan suku bunga yang diberikan cukup tinggi.

Lalu bagaimana cara perusahaan penyedia dana mengambil keputusan dalam memberikan kredit uang? Dalam kasus ini, pihak penyedia dana akan melihat riwayat kredit Anda sebelumnya. Selain itu, besaran gaji yang Anda terima setiap bulannya juga menjadi faktor penentu apakah pengajuan dana yang Anda lakukan akan disetujui atau ditolak.

KTA pada awalnya hanya disediakan oleh bank. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini pinjaman dana tunai tanpa jaminan dapat diakses secara online. Berkat kehadiran perusahaan finansial technology (fintech) yang kian menjamur, calon nasabah pun bisa mengajukan kredit uang secara praktis dan lebih cepat lewat aplikasi pinjaman dana tunai.

Baca juga  Pemotor Wajib Pakai Helm SNI, Ini Dendanya Jika Melanggar

 

Jenis KTA

2 14
KTA terbagi atas dua jenis

Secara umum, ada dua jenis KTA yang bisa Anda temukan di pasaran, yaitu KTA reguler dan KTA payroll. Lalu, apa perbedaan ke duanya?

1. KTA Reguler

KTA reguler merupakan sebutan bagi pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang ditawarkan pihak bank atau perusahaan fintech kepada masyarakat luas. Artinya, bila Anda mengajukan KTA reguler di bank, Anda tak perlu menjadi nasabah bank tersebut terlebih dahulu untuk dapat melakukan kredit.

2. KTA Payroll

Saat ini, para perusahaan memilih untuk menggaji pegawainya lewat bank. Secara otomatis, karyawan tersebut akan terdaftar sebagai nasabah bank. Bila sedang membutuhkan pinjaman uang, lewat bank tempat Anda menerima gaji, Anda bisa mengajukan KTA payroll.

Ya, pada dasarnya KTA payroll merupakan layanan pinjaman dana yang ditujukan untuk nasabah yang menerima gaji lewat bank terkait. Dengan menggunakan layanan ini, proses pencairan dana bisa lebih cepat dengan nominal yang lebih besar.

Hal ini dikarenakan pihak bank yang memberikan pinjaman bisa memastikan bahwa nasabah tersebut bisa membayar cicilan karena statusnya sebagai pegawai yang menerima payroll dari bank tersebut. Beberapa bank yang menyediakan layanan ini adalah Bank Bukopin, Bank Mandiri, BCA, BNI, dan CIMB Niaga.

Baca juga  10 Aplikasi Pinjaman Dana Tunai Online, Terdaftar di OJK

Baca juga;

 

Keuntungan Menggunakan KTA

3 7
Banyak keuntungan dari pinjaman KTA

Bagi Anda yang tertarik untuk mengajukan KTA, berikut beberapa keuntungan KTA yang dapat Anda nikmati.

1. Praktis Tanpa Jaminan

Sesuai namanya, lewat KTA Anda bisa bebas mengajukan pinjaman tanpa jaminan. Sayangnya, jumlah dana yang dicairkan lewat KTA tidak begitu besar. Walaupun tanpa jaminan, Anda tetap harus tertib membayar cicilan sesuai waktu yang telah ditetapkan, ya!

2. Penggunaannya Lebih Fleksibel

Keuntungan lain mengajukan KTA adalah Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk segala kebutuhan. Jadi, setelah menerima pinjaman dana, Anda bisa menggunakannya untuk keperluan apa pun asalkan cicilan kredit tidak macet.

3. Masa Pencairan Relatif Cepat

Tak perlu menunggu hingga minggu atau bulanan untuk menikmati dana dari KTA. Banyak perusahaan fintech di luar sana yang menawarkan pencairan dana dalam hitungan hari hingga jam.

 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengajukan KTA

butuh-dana-tunai-cepat-tanpa-jaminan?-anda-bisa-pertimbangkan-kta
Cermatlah dalam mengajukan KTA

Saat sedang mengajukan pinjaman dana tunai tanpa jaminan harus selalu cermat. Perhatikan hal-hal berikut ini saat ingin mengajukan KTA.

Baca juga  ERP Gantikan Aturan Ganjil Genap, Berlaku Buat Motor Juga?

1. Lebih Cermat dalam Memilih Pihak Penyedia KTA

Mengingat begitu banyak perusahaan fintech yang menyediakan pinjaman dana tunai tanpa jaminan, hal pertama yang perlu Anda lakukan saat mengajukan KTA adalah cermatlah dalam memilih perusahaan penyedia dana. Sebaiknya pilih fintech yang terdaftar di OJK.

2. Besarnya Provisi

Saat melakukan pinjaman, biasanya Anda akan dikenakan biaya administrasi atau dikenal sebagai provisi. Umumnya, provisi diambil dari plafon yang dicairkan. Oleh karena itu, jangan kaget bila dana yang cair tidak pas sesuai jumlah.

3. Biaya Penalti dan Keterlambatan

Terakhir, perhatikan berapa biaya penalti dan keterlambatan yang ditawarkan karena setiap perusahaan punya kebijakan berbeda.

 

Syarat Mengajukan KTA

butuh-dana-tunai-cepat-tanpa-jaminan-anda-bisa-pertimbangkan-kta
Penuhi syarat pengajuan KTA

Berikut beberapa syarat yang perlu Anda penuhi agar bisa mengajukan KTA.

  1. KTP
  2. Slip gaji sebagai bukti penghasilan
  3. Fotokopi rekening bank
  4. NPWP
  5. Izin praktik usaha bagi pebisnis yang mengajukan pinjaman

Demikian ulasan singkat mengenai KTA dan alasan mengapa pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang satu ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan dana cepat. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Anda sedang mencari pinjaman dana tunai? Sekarang caranya mudah dan gak ribet. Cukup dengan melakukan klik link ini! Proses cepat dan pastinya mantap!

Terbaru