oleh

3 Cara Praktis Mendapatkan Dana Tunai Secara Cepat

Bila suatu waktu Anda dihadapkan pada kondisi mendesak yang membutuhkan dana tunai cepat, kira-kira apa yang Anda lakukan? Idealnya, sebelum hal ini terjadi seharusnya Anda menyiapkan dana darurat sehingga bila suatu hari  terjadi urusan mendadak, maka Anda tak akan kesulitan untuk mencari uang.

Namun, bila Anda tak memiliki dana darurat serta tidak ada tabungan yang tersisa, maka jalan satu-satunya adalah mencari bantuan yang bisa memberikan dana cepat. Berikut 3 cara praktis yang bisa Anda lakukan agar bisa mendapatkan uang dengan segera.

 

1. Membuat Kartu Kredit

cara-praktis-mendapatkan-dana-tunai-secara-cepat
Pilihan pertama dengan membuat kartu kredit

Bagi sebagian orang, kartu kredit dipandang sebagai salah satu cara untuk menopang gaya hidup. Di sisi lain, kartu kredit juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan dana secara cepat.

Untuk pembuatan kartu kredit, Anda bisa datang ke sejumlah bank yang menyediakan layanan tersebut seperti BCA, Mandiri,  BNI, dan HSBC. Mari ambil contoh layanan kartu kredit yang disediakan oleh Mandiri.

Mandiri memiliki beragam jenis kartu kredit yang dibedakan dari penghasilan minimum per bulan dan keuntungan yang didapatkan. Meski begitu, semua pengguna kartu kredit Mandiri bisa menikmati layanan fiestapoin yang nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah menarik.

Baca juga  Modifikasi Yamaha Vixion R, Intip Gaya Street Fighter Ini

Cara membuka kartu kredit bank Mandiri pun cukup mudah karena tidak membutuhkan banyak dokumen. Bagi Anda yang berstatus karyawan, dokumen yang dibutuhkan hanya KTP dan slip gaji. Sedangkan untuk wirausaha perlu menyantumkan KTP, fotokopi rekening tabungan 2 bulan terakhir, dan fotokopi SIUP/TDP.

Setelah berhasil mendapatkan kartu kredit, Anda bisa melakukan pembayaran yang mendesak atau melakukan penarikan tunai dengan biaya penarikan 6% dari total transaksi beserta tambahan bunga.

 

2. Menggadaikan Barang Berharga

Foto Media 2 1
Gadaikan barang berharga

Cara ke dua yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh dana tunai cepat adalah menggadaikan barang berharga. Supaya lebih aman, ada baiknya bila Anda melakukan gadai barang ke Pegadaian. Selain aman, proses yang diperlukan pun cukup singkat yakni kurang lebih 15 menit (belum termasuk antrean).

Beberapa jenis barang yang bisa Anda gadaikan di antaranya adalah laptop, TV LCD, kulkas, kamera DSLR, perhiasan, emas kepingan, dan BPKB motor atau mobil. Jenis barang nantinya menjadi penentu berapa plafon pinjaman yang akan Anda terima.

Kekurangannya, tenor yang ditawarkan Pegadaian terbilang singkat. Apabila masa tenor telah habis, namun angsuran belum selesai, Anda bisa memperpanjang masa tenor dengan bunga tambahan hingga 9,2% tergantung lama tenor dan jenis barang.

Baca juga  Customaxi Yamaha Semifinal Jabodebatek, 45 Motor Berebut Tiket Grand Final

Supaya lebih jelas mengenai produk pinjaman Pegadaian, Anda bisa langsung mengakses laman resminya. Hingga saat ini, ada 15 jenis pinjaman yang ditawarkan Pegadaian dengan fasilitas serta segmentasi pasar yang berbeda.

Baca juga;

 

3. Melakukan Pinjaman Online

Foto Media g
Bisa juga dengan melakukan pinjaman online

Melakukan pinjaman online menjadi cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan dana tunai cepat. Belakangan, kredit uang tunai di perusahaan fintech memang tengah populer.

Meski keberadaan penyedia pinjaman online begitu marak, namun Anda harus pintar-pintar memilih lembaga yang tepat. Pasalnya, ada beberapa oknum fintech yang mengenakan suku bunga mencekik serta memperlakukan nasabah secara asal.

Supaya aman, Anda bisa mengambil pinjaman dari fintech yang telah terdaftar di OJK seperti Kredivo, Finmas, Igrow, TunaiKita, dan Indodana. Proses pengajuannya pun terbilang praktis karena bisa dilakukan kapan dan di mana saja asalkan ada koneksi internet. Selain itu, syarat yang dibutuhkan juga tidak begitu rumit. Beberapa bahkan menawarkan pinjaman tanpa agunan.

Baca juga  Tilang Elektronik Roda Dua, Hal Ini yang Sering Dilanggar

Setelah mengajukan pinjaman, proses approval bisa dilakukan dalam hitungan jam dengan masa pencairan kurang lebih 3 hari kerja atau bisa saja kurang dari itu.

Demikian 3 cara praktis untuk mendapatkan pinjaman dana tunai cepat yang bisa Anda praktikkan. Saat melakukan pinjaman, usahakan untuk menyimak dengan teliti seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku supaya terhindar dari kesalahan yang kelak bisa saja merugikan.

Di sisi lain, memilih plafon pinjaman berdasarkan kemampuan finansial merupakan sebuah langkah bijak. Selain itu, Anda juga bisa memilih tenor pinjaman dengan jangka waktu yang lama agar tidak teburu-buru dalam melakukan pengembalian. Terakhir, perhatikan dengan saksama terkait ketentuan suku bunga yang  berlaku karena masing-masing lembaga punya peraturan berbeda.

Anda sedang mencari pinjaman dana tunai cepat? Sekarang caranya mudah dan gak ribet. Cukup dengan melakukan klik link ini! Proses cepat dan pastinya mantap!

Terbaru