Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Porsche 911 S/T 60 Th Anniversary, Pakai Transmisi Manual!

by Firdaus Ali
Porsche 911 S/T 60 th Anniversary

Porsche 911 S/T 60 th Anniversary hadir dengan jumlah terbatas, Porsche hanya memproduksi sejumlah 1.963 unit saja. Menariknya, mobil limited edition ini hanya tersedia dengan transmisi manual.

Model anniversary eksklusif ini menggabungkan kelebihan dari 911 GT3 dengan Touring Package dan 911 GT3 RS yang menghasilkan kombinasi unik dari kelincahan dan dinamika berkendara. Mobil ini menggabungkan mesin boxer 4.0 liter bertenaga 386 kW (525 PS) dari 911 GT3 RS yang tidak bermesin turbo dengan transmisi manual rasio pendek dan kopling ringan.

Untuk mendongkrak performa mesin, Porsche 911 S/T 60 th mengadopsi konstruksi ringan yang tegas dan konfigurasi perangkat roda yang dioptimalkan untuk kelincahan berkendara. 911 S/T hanya memiliki berat 1.380 kilogram (berat kerb DIN, termasuk semua cairan), menjadikannya model teringan dari generasi 992.

Tak hanya itu saja, Desain Porsche 911 S/T 60 th anniversary juga menggabungkan keahlian GT dan motorsport dari Porsche. Hal ini tercermin dalam penanganan yang sangat lincah dan gesit, yang dirancang untuk kesenangan berkendara maksimal di jalan-jalan berliku.

Baca juga  Harga BMW 8 Gran Coupe Golden Thunder Cuma Rp 2,9 Miliar

Pengurangan massa berputar baik di mesin maupun roda dan rem menjamin responsivitas yang sangat dinamis. Mobil sport 911 S/T merespons perintah pengemudi dengan segera. Setiap gerakan kemudi, setiap tekanan pada pedal gas atau rem diimplementasikan segera dan dengan presisi yang tepat.

Berbeda dengan 911 GT3 RS, fokus pengembangan 911 S/T tidak untuk penggunaan lintasan, melainkan untuk perjalanan di jalan umum.

Porsche 911 S/T ditawarkan dengan paket eksklusif Heritage Design yang dapat dipilih. Warna eksterior baru, Shoreblue Metallic, dan warna tepi roda Ceramica, secara eksklusif tersedia untuk varian yang sangat elegan ini.

Nomor start dari 0 hingga 99 di pintu serta foli dekoratif dapat diterapkan atas permintaan. Lambang Porsche desain klasik dari 911 asli yang menghiasi bagian depan, tutup roda, setir, sandaran kepala, dan kunci mobil, menegaskan akar sejarah dari 911 S/T ini.

Interior juga dilengkapi dengan pusat jok berbahan kain dalam warna Classic Cognac dengan garis-garis hitam, sebagai penghormatan lain kepada warisan. Penyemat kulit semi-aniline dua warna dalam kulit Black/Classic Cognac dengan penutup kulit luas, atap dengan lining Dinamica berlubang, dan elemen lain dari Porsche Exclusive Manufaktur melengkapi paket ini. Logo Porsche dan penanda model 911 S/T di bagian belakang mobil memiliki warna emas.

Baca juga  Toyota GR Corolla Meluncur, Lebih Buas dari GR Yaris!

Transmisi Manual untuk Mobil Sport yang Sebenarnya

Porsche 911 S/T 60 th Anniversary

Interior Porsche 911 S/T 60 th Anniversary

Porsche 911 S/T 60 th Anniversary hanya mengadopsi transmisi manual. Hal ini tentu terkesan kuno, tapi nyatanya penerapan transmisi ini tidak sembarangan, semuanya diracik istimewa oleh engineer Porsche. Tujuannya tidak lain untuk menjadikan mobil sport dengan rasa berkendara yang paling menyenangkan.

Para insinyur Porsche mengembangkan kopling ringan baru secara eksklusif untuk 911 S/T. Berpasangan dengan flywheel massa tunggal, ini mengurangi berat dari massa berputar sebesar 10,5 kg.

Ini secara nyata meningkatkan responsifitas dari mesin boxer bertenaga alami, yang sekarang membangun putaran dengan kecepatan dan langsung khas. Dipasangkan dengan transmisi manual enam percepatan dengan rasio gigi yang lebih pendek dari pada 911 GT3, mesin 911 S/T yang bertenaga tinggi memberikan dinamika yang lebih responsif.

Di atas kertas, akselerasi 911 S/T hingga 100 km/jam hanya dalam 3,7 detik. Mobil ini mencapai kecepatan maksimum 300 km/jam. Pengalaman berkendara yang mendebarkan semakin meningkat karena adanya sistem knalpot sport standar yang ringan.

Baca juga  Harga BMW M4 Competition Convertible 2023, Atap Terbuka Lebih Mahal!

Porsche 911 S/T adalah satu-satunya 911 dari generasi saat ini yang menggabungkan desain front-axle double-wishbone dengan rear axle multi-link tanpa rear-axle steering. Dampers dan sistem kontrol disetel sesuai.

Pantau terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika