Saturday, June 10, 2023
Moladin-Toyota

Sejarah Mobil Lamborghini, Mulanya Produsen Traktor

by Tigor Sihombing
sejarah mobil Lamborghini

Kali ini Moladin akan mengupas sejarah mobil Lamborghini. Pabrikan mobil yang lahir di kota Sant’Agata Bolognese Italia ini didirikan oleh Ferruccio Lamborghini pada tahun 1963.

Sebelum memproduksi supercar seperti Aventador, Huracan, dan Urus. Ferruccio Lamborghini lebih dikenal sebagai produsen traktor sukses di Italia sejak 1948. Namun, dari dulu dia sudah memiliki hasrat terhadap mobil sport dan ingin menciptakan mobil berperforma tinggi yang bisa bersaing dengan Ferrari.

Jika Ferrari menggunakan lambang kuda jingkrak sebagai logo brand-nya, Lamborghini menggunakan banteng emas yang posisinya seolah ingin menanduk. Alasan digunakannya banteng pada logo Lamborghini ini ternyata sangat sederhana. Di mana sang pendiri Ferruccio merupakan kelahiran 28 April 1916 berzodiak Taurus, yang notabene berlambang banteng. Hingga akhirnya digunakannya logo banteng ikonik Lamborghini yang digunkanannya sampai saat ini.

Tidak hanya itu, menurut Ferruccio Lamborghini warna emas pada banteng digunakan karena mewakili konsistensi, kekuatan, dan keberanian.

Mobil Pertama, Lamborghini 350 GT 1963

sejarah mobil Lamborghini

Lamborghini 350 GT dilengkapi dengan mesin V12 3.5 liter

Melansir laman resmi Lamborghini, pada awalnya pabrikan tersebut fokus pada produksi mobil sport dengan mesin V12 dengan memperkenalkan 350 GT pada 1963. Inilah mobil pertama Lamborghini yang punya performa tinggi.

Meskipun tidak berhasil mencapai tingkat popularitas yang sama dengan Ferrari pada saat itu, namun ini tetap menjadi mobil sport yang luar biasa. Bagaimana tidak? Di zamannya, Lamborghini 350 GT sudah dilengkapi dengan mesin V12 3.5 liter yang menghasilkan tenaga hingga 280 hp. Dengan mesin yang sedemikian superior Lamborghini 350 GT mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 245 km/jam.

Baca juga  Penjualan Lamborghini Urus Tembus 15 Ribu Unit

Kecepatan ini dianggap sangat impresif pada saat itu dan membuat mobil sport ini menjadi salah satu mobil sport tercepat pada masanya. Selain  itu Lamborghini 350 GT adalah mobil sport pertama yang dilengkapi dengan suspensi independen pada keempat rodanya. Fitur ini memungkinkan mobil sport ini untuk menawarkan kenyamanan berkendara yang lebih baik dan kontrol yang lebih baik pada saat melaju di jalan.

Lamborghini Miura 1966

sejarah mobil Lamborghini

Mobil sport ini mencapai kecepatan maksimum hingga 280 km/jam

Di tahun-tahun selanjutnya Lamborghini semakin lihai dalam mendesain sedan sport. Hangga pada tahun 1966, Lamborghini meluncurkan mobil sport yang sangat terkenal, Miura.

Miura memiliki desain yang sangat mengesankan dan dianggap sebagai mobil sport paling terkenal dari merek Lamborghini. Tidak heran jika mobil ini masuk dalam jajaran mobil sport tercantik di dunia.

Lamborghini Miura dilengkapi dengan mesin V12 4.0 liter yang menghasilkan tenaga hingga 350 hp. Mesin ini sangat kuat dan andal pada saat itu, dan memungkinkan mobil sport ini mencapai kecepatan maksimum hingga 280 km/jam.

Baca juga  Fokus Hybrid, Lamborghini Aventador Resmi Stop Produksi

Lamborghini Miura adalah mobil sport pertama yang menggunakan mesin V12 yang dipasang secara lateral di belakang kabin. Teknologi ini memungkinkan mobil sport ini untuk memiliki distribusi berat yang lebih baik dan meningkatkan kinerja kendaraan secara keseluruhan

Lamborghini Countach 1974

sejarah mobil Lamborghini

Lamborghini Countach mengusung mesin V12 4.0 liter yang menghasilkan tenaga hingga 455 hp

Selanjutnya, Countach menjadi salah satu mobil sport paling ikonik dari merek ini. Diluncurkan pada tahun 1974, Countach memiliki desain yang sangat unik dan futuristik. Mobil sport ini memiliki banyak karakteristik yang sangat khas, termasuk pintu yang terbuka ke atas dan desain eksterior yang agresif.

Lamborghini Countach mengusung mesin V12 4.0 liter yang menghasilkan tenaga hingga 455 hp. Mesin ini memungkinkan mobil sport ini mencapai kecepatan maksimum hingga 309 km/jam. Countach juga dilengkapi dengan sistem suspensi yang canggih dan rem yang kuat, membuat mobil sport ini sangat stabil dan mudah dikendalikan bahkan pada kecepatan tinggi.

Lamborghini Countach adalah salah satu mobil sport pertama yang memperkenalkan fitur inovatif seperti pintu scissors yang terbuka ke atas, yang sejak itu telah menjadi ciri khas merek Lamborghini.

SUV Pertama Lamborghini, LM002 Tahun 1986

sejarah mobil Lamborghini

Kabin mobil ini dilapisi dengan kulit dan dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti sistem audio premium dan AC yang dingin.

Jika kamu pikir Urus adalah SUV pertama Lamborghini, mungkin keliru. Di tahun 1986, Lamborghini pernah merilis  mobil sport berteknologi 4WD, yakni Lamborghini  LM002. Model ini bisa dibilang sebagai mobil sport berpenggerak 4×4 pertama di dunia.

Baca juga  Model Terbaru Lamborghini, Bertahan dengan Mesin V12

LM002 dilengkapi dengan mesin V12 5.2 liter yang menghasilkan tenaga hingga 450 hp dan torsi sebesar 369 lb-ft, membuat LM002 menjadi salah satu SUV tercepat pada masanya. Dengan kemampuan untuk melewati berbagai jenis medan, mesin ini memungkinkan mobil untuk melewati tanjakan, hutan, atau jalan bebatuan tanpa kesulitan.

Lamborghini LM002 memiliki desain yang sangat maskulin dan khas. Mobil ini memiliki bodi yang kokoh, tampilan yang agresif dan garis-garis tajam yang membuatnya menjadi salah satu SUV paling menakutkan pada masanya. Walaupun terlihat besar dan berat, mobil ini memiliki kecepatan maksimum hingga 210 km/jam.

Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem penggerak empat roda yang kuat, sistem suspensi khusus, dan ban yang dirancang untuk medan berat. Walaupun dirancang untuk keperluan off-road, Lamborghini LM002 tetap memiliki interior yang mewah dan eksklusif. Kabin mobil ini dilapisi dengan kulit dan dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti sistem audio premium dan AC yang dingin. 

Itulah sejarah singkat pabrikan mobil sport Lamborghini. Selain mobil-mobil ikonik yang disebut di atas, lamborghini agresif hingga saat ini dalam menelurkan produk-produk terbarunya. Ada Gallardo, Aventador, Huracan, hingga Urus.

Demikian ulasan sejarah mobil Lamborghini. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika