oleh

Spesifikasi Motor Jokowi Ketika Blusukan di Kalimantan, W175 Chopper!

Spesifikasi Motor Jokowi – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menunggangi motor custom saat berkunjung ke Kalimantan Utara. Kuda besi itu berbasis Kawasaki W175, namun telah dimodifikasi jadi gaya chopper.

“Mau merasakan sensasi lain melewati jalan perbatasan? Jajal dengan sepeda motor. Saya melakukannya hari ini di jalan trans-Kalimantan di Kecamatan Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara,” kata Jokowi via Instagram resminya.

Ingin tahu lebih detail soal spesifikasi motor Jokowi tersebut? Simak bahasan berikut:

Kawasaki W175 Chopper Garapan Atenx Katros

motor jokowi
Jokowi berbincang dengan masyarakat di Kalimantan, setelah berkendara naik motor Kawasaki W175 Chopper

Sebenarnya ini bukan motor baru, Jokowi membangunnya pada 2018. Kawasaki W175 Chopper juga pernah ditunggangi saat ke Pasar Anyar, Tangerang. Dia pun berkendara dengannya di Bandung, tahun lalu.

Di Kalimantan, Jokowi lagi-lagi duduk di atas jok motor tersebut sambil memantau perkembangan pembangunan jalan perbatasan Indonesia dan Malaysia. “Dengan sepeda motor custom, saya menyusuri kurang lebih sebelas kilometer jalan di garis batas Indonesia dan Malaysia itu,” bebernya.

Jika melihat spesifikasi, motor Jokowi ini sudah berbeda jauh dari aslinya. Revisi dilakukan mulai dari mengganti suspensi depan jadi upside down. Ban dubah jadi lebih besar dan tebal. Kemudian desain knalpot dibuat menukik ke atas.

Baca juga  Review Kawasaki W175, Motor Klasik Nan Cantik!

Gaya chopper mencuat lewat penggunaan jok rendah dan pijakan kaki agak ke depan. Kemudian setang dibuat agak tinggi, supaya berkendara jadi rileks. Fitur juga diubah, misalnya penggunaan lampu depan LED. Fungsi LED untuk memberi pencahayaan lebih baik saat berkendara di malam hari.

Soal mesin, motor Jokowi versi custom tidak ada perbedaan dari Kawasaki W175 standar. Jantung mekanisnya berkapasitas 177cc SOHC satu silinder, bisa memuntahkan torsi puncak 13,2 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimal 13 PS pada 7.500 rpm. Sistem transmisinya pakai 5-percepatan manual.

Kawasaki W175 Chopper ini merupakan hasil garapan builder kenamaan Tanah Air, Atenx Katros. Selain kuda besi tersebut, Atenx Katros pun pernah menggarap dua motor custom untuk anak Jokowi, Gibran Rakabuming.

Baca juga:

Para Menteri Naik Motor Kawasaki KLX 150 di Kalimantan

spesifikasi motor jokowi
Jokowi dan para menteri naik motor saat berkunjung ke Kalimantan

Bukan cuma Jokowi yang menunggang motor di Kalimantan, para menteri juga ikut berkendara di belakang. Hanya saja, kuda besinya berbeda. Para menteri naik motor offroad, Kawasaki KLX 150.

Baca juga  Motor Hybrid Kawasaki, Berbasis Ninja 250?

“Tak mau ketinggalan, juga bersepeda motor di belakang saya di antaranya adalah Menteri PUPR Pak Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Pak Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pak pramono Anung,” kata Jokowi.

Kawasaki KLX 150 yang ditunggangi para menteri menggunakan spesifikasi standar, beda dengan spesifikasi motor Jokowi yang sudah custom. Jantung mekanisnya berkapasitas 144cc, mampu memuntahkan torsi puncak 11,3 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 12 PS pada 8.000 rpm.

Mesin ini dipadankan dengan karburator sebagai sistem penyemprotan bahan bakar. Ada pula transmisi manual 5-percepatan. Kemudian untuk suspensi depan masih mengandalkan teleskopik dan belakangnya pakai monoshock.

Baik Jokowi dan menteri-menteri selama berkendara di Kalimantan menggunakan peralatan riding lengkap. Mereka pakai helm, jaket, celana panjang, dan sepatu. Presiden bahkan mengenakan sarung tangan.

Jika kamu tertarik untuk membeli motor-motor Kawasaki yang digunakan oleh para petinggi negara tersebut, langsung saja klik di sini!

Baca Juga :

Baca juga  Kawasaki Ninja ZX-4R, Kakak ZX-25R yang Lebih Buas!

Terbaru