Modifikasi Vixion Cafe Racer, Lebih Ganteng dari Yamaha XSR155

Modifikasi Vixion Cafe Racer – Yamaha Vixion memang terkenal dengan sebutan motor lelaki. Desain yang diusung rival utama Honda CBR 150 ini terlihat gagah dan macho. Pada tampilan standar, Yamaha Vixion merupakan motor yang cocok buat touring. Stabil pada kecepatan tinggi dan rendah, kemudahan dipasang box membuat Yamaha Vixion menjadi salah satu andalan para bikers. Meskipun kapasitas mesin cukup besar, namun harus diakui pula jika konsumsi bahan bakar Yamaha Vixion termasuk hemat di kelasnya. Tak pelak, kuda besi ini juga andal dipakai harian.

Tapi, pernah terbayang nggak Sob, bagaimana jadinya kalau gaya cafe racer diterapkan pada Yamaha Vixion? Tahu sendiri kan, cafe racer didominasi motor laki jadul. Harap maklum, di zaman kemunculan gaya ini, yaitu usai Perang Dunia II, belum lahir motor bebek apalagi matik. Belakangan, cafe racer banyak dijadikan inspirasi modifikasi para bikers yang terpesona dengan kesan klasik.

Satu hal yang menjadikan motor sejenis Yamaha Vixion cukup ramah dimodifikasi berkonsep cafe racer adalah rangka yang sudah sesuai. Model naked membuat builder tidak banyak yang mengubah atau memotong sasis. Tentu saja ini meringankan pekerjaan builder dan menghemat dana.

Bagi para bikers sejati, kondisi standar tentu membuat hati jenuh dan merasa kalau sepedanya “pasaran” banget. Seakan tidak ada hal istimewa yang bisa dibanggakan ketika berkumpul dengan kawan – kawan. Buat kamu yang mengalami hal ini, tenang Sob, kami lemparkan solusinya. Setelah moladin bertualang, kita menemukan modifikasi Vixion cafe racer yang membuat mata betah memandang berlama – lama. Yuk, kita kulik bareng – bareng Sob!

Pertahankan 2 komponen asli

Bagian kaki kaki

Pemilik motor menyatakan jika dia tidak menyukai cover tangki ala cafe racer. Dia memilih mempertahankan cover tangki asli standar pabrik. Mendengar hal itu, maka para builder pun cuma menyisakan dua bagian asli motor, yaitu mesin dan cover tangki.

Setelah mesin dan tangki tidak dapat diganggu gugat, maka tujuan berikutnya adalah area kaki – kaki. Shock breaker bawaan dilepas, digantikan shock upside after-market. Bagian knalpot menggunakan model custom agar klop dengan konsep yang diinginkan. Ukuran pelek disesuaikan, usut punya usut, pilihan jatuh pada pelek Rossi berukuran 2.50–3.00–17”. Pelek itu dijodohkan dengan ban besutan Swallow, dengan spesifikasi 212–400–17”.

Kelar urusan kaki – kaki, fokus tim berpindah ke bagian rangka Yamaha Vixion. Gaya cafe racer sangat terkenal dengan sasis lurus. Mau tidak mau, tim harus memotong bagian sasis dari pangkal tangki motor lalu dilas agar tersambung kembali. Pemilik bilang, dia mau konsep cafe racer original, sehingga bagian jok didesain menjadi single seater. Rasanya, model ini lebih cocok bagi bikers yang masih jomblo (eh!).

Bagian pencahayaan tak luput dari jamahan. Pada lampu depan, tim memasang Owen Grill yang berbentuk bulat agar kesan jadul semakin kuat. Stop lamp dan empat buah lampu sein HD berbentuk sama, membuatnya semakin serasi dengan lampu depan. Tim benar – benar memerhatikan keharmonisan desain, hingga spion yang dipilih juga berbentuk bulat. Belum selesai di bagian depan, setang jepit racikan Ride It menggantikan setang asli. Speedometer bawaan harus lengser dan digantikan speedometer kreasi Gorilla. Mantab!

Baca Juga :

 

Durasi

Bagian depan

Dua bulan adalah waktu yang dibutuhkan tim untuk merombak Yamaha Vixion ini dari awal hingga akhir. Ingat Sob, ini belum terhitung masa tunggu, jika banyak antrean maka bisa lebih lama.

Pengerjaan modifikasi motor memang harus hati – hati, cermat dan presisi. Jika ingin hasil optimal, tidak ada istilah harus selesai dalam waktu singkat. Ketergesaan bisa mengakibatkan kekeliruan perhitungan. Ujung – ujungnya kamu juga yang dirugikan, betul nggak Sob?

Biaya

Bagian belakang

Ini hal yang paling krusial dan sensitif. Demi mendapatkan Yamaha V-ixion seperti tampilan di atas, maka kamu perlu menyiapkan dana minimal 12 juta. Itu sudah termasuk suku cadang, aksesoris, pengecatan dan jasa modifikasi. Persiapkan pula dana cadangan, siapa tahu ada harga suku cadang yang tiba – tiba naik.

Jaminan

Vixion cafe racer

Pertimbangkan adanya jaminan atau garansi modifikasi dari builder. Tidak semua builder memberikan fasilitas itu. Umumnya, lama garansi berkisar antara 3 hari hingga satu minggu. Dengan adanya garansi, meskipun sebelumnya pihak builder sudah menguji motor dari segi keamanan dan kenyamanan, konsumen merasa lebih tenang karena boleh kembali jika ada yang tak sesuai pesanan. Tentu saja, syarat ketentuan yang berlaku di tiap bengkel berbeda. Kamu harus memperhatikan keterangan secara teliti, kondisi apa saja yang termasuk garansi dan yang tidak.

Nah, sudah siap mengubah wajah Yamaha Vixion dengan konsep cafe racer? Jangan lupa siapkan dana yang cukup biar modifkasi nggak berhenti di tengah jalan. Ingat, selalu perhatikan aturan lalu – lintas tentang modifikasi. Oke, kita tunggu hasil karyamu!

Buat kamu yang tertarik membeli Yamaha Vixion terbaru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *