Cara Bersihkan Spion Motor Kecil Atau Besar, Modalnya Nggak Sampai 10 Ribu!

Tahukah kamu bahwa keberadaan spion pada kendaraan bermotor sangat penting? Kualitas komponen ini menjadi salah satu faktor yang menentukan keselamatan saat berkendara. Kondisi spion motor penting untuk diperhatikan. Salah satu hal yang biasanya dilakukan oleh pemilik motor adalah mengganti model spion dengan variasi lain yang berukuran lebih kecil.

Spion motor kecil dianggap memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik. Padahal, jika spion berukuran kecil, pengendara tentu akan lebih kesulitan untuk memantau kondisi lalu lintas di jalur bagian belakang. Bukan hanya karena ukurannya, kaca spion motor yang kusam juga dapat menyebabkan pkamungan ke belakang tidak jelas. Akibatnya, kamu harus lebih sering dan lama melihat spion. Kebiasaan ini kurang baik.

Spion Motor Harus Rutin Dibersihkan

Spion Moor Kecil, Bersihkan

Berapa sering kendaraan bermotor kamu dibersihkan dan dirawat? Bukan hanya berbagai komponen mesin yang rumit yang perlu mendapatkan perhatian, benda yang tampak sepele seperti spion motor pun harus dibersihkan secara berkala. Tujuannya supaya kaca spion motor tidak lagi kusam dan kotor sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Baik kaca spion motor kecil maupun besar, kondisinya sering bermasalah karena noda air atau jamur yang biasanya terdapat dalam kaca. Adanya noda air dan jamur pada spion motor adalah karena kendaraan sering terpapar sinar matahari dan air hujan. Apabila kendaraan tidak segera dibersihkan setelah melewati hujan, kondisinya dapat berjamur atau tidak jelas lagi.

Lalu, apa saja hal yang bisa kamu lakukan dengan mudah, praktis, dan tidak mahal? Salah satu tips berikut layak untuk dicoba.

Membersihkan dengan larutan cuka

Larutan Cuka

kamu dapat membersihkan spion motor yang memiliki noda dengan menggunakan larutan cuka. Benda ini mudah ditemukan dan tidak mahal. Nah, bagaimana cara melakukan pembersihan? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Sebelum memulai proses pembersihkan, persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Dalam hal ini, kamuakan membutuhkan sikat gigi, cairan cuka, air, serta kain bersih. Sikat gigi yang digunakan tidak harus baru dibeli.
  • Langkah pertama yang perlu kamulakukan adalah mencampurkan air dengan cairan cuka. Perbandingannya adalah 1:2. Aduk campuran ini supaya merata.
  • Ambil sehelai kain, kemudian celupkan pada cairan campuran air dan cuka tersebut. Setelah basah, usapkan kain pada permukaan spion yang akan dibersihkan secara menyeluruh dan merata.
  • Tunggulah sekitar 15-20 detik setelah mengusapkan kain pada spion. Setelah itu, gunakan gosok gigi untuk menggosok bagian kaca spion motor. Lakukan hal ini secara perlahan-lahan supaya tidak merusak spion.
  • Selanjutnya, bilaslah kaca spion motor dengan air bersih. Lalu, keringkan bidang yang dibersihkan ini dengan lap kering.
  • Supaya hasilnya lebih maksimal, kamudapat mengulangi langkah ke-4 sebanyak 2 hingga 3 kali. Hal ini dilakukan supaya kaca spion motor benar-benar bersih dari noda air dan jamur.
  • Selanjutnya, kamubisa mencuci kaca spion motor dengan air sabun supaya bisa lebih bersih.

 

Honda Revo FI

*Angsuran mulai dari

 

Membersihkan dengan pasta gigi

Cara Mudah Menghilangkan Noda Pada Spion

Selain larutan cuka, ada beberapa bahan lain yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan kaca spion motor supaya lebih bening. Alternatif pertama adalah menggunakan pasta gigi. Nah, bagaimana cara membersihkannya?

  • Persiapkan peralatan dan bahan yang digunakan, yaitu pasta gigi, spon pencuci piring, lap micro fiber, dan air dalam ember.
  • Langkah pertama adalah membasahi bidang spion dengan air. Tujuannya supaya debu dan kotoran tidak lagi menempel.
  • Langkah kedua adalah mengoleskan pasta gigi pada bidang kaca spion yang ingin dibersihkan. Selanjutnya, gosoklah secara perlahan-lahan dengan spons cuci piring.
  • Ulangi langkah ini beberapa kali hingga dianggap cukup dan perubahan pada spion motor terlihat signifikan.
  • Setelah itu, bilaslah spion dengan air bersih, baru kemudian keringkan dengan lap micro fiber.

 

Membersihkan dengan bedak

Membersihkan Dengan Bedak

Kamu pasti bingung karena bedak seharusnya digunakan oleh wanita untuk mempercantik penampilan. Namun, bedak ternyata dapat menghilangkah jamur, lo! Bagaimana caranya?

  • Hal pertama yang perlu kamulakukan adalah mencampurkan bedan dengan air sampai menghasilkan adonan. Ingat, jangan sampai adonan terlampau encer.
  • Oleskan adonan bedak pada kaca spion dengan menggunakan kain yang bertekstur lembut. Gosoklah secara perlahan hingga kaca spion terlihat kinclong.
  • Selanjutnya, bilaslah spion dengan air bersih.

Ada beberapa material lain yang bisa juga kamu manfaatkan untuk membersihkan spion motor kecil dan besar, seperti alkohol dan tembakau. Apa pun material yang kamu gunakan, pastikan tidak merusak kaca spion motor.

Nah dari beberapa paparan tips dan trik di atas, kamu bisa melihat bahwa harga untuk membersihkan kaca spion motor kamu  berkisar Rp10 ribu. Nah, tunggu apalagi? Buktikan yuk sekarang! Selamat mencoba.

 

Suzuki Smash FI New

*DP mulai dari

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *