Friday, February 3, 2023
Banner

7 Tempat Wisata Hits di Berastagi yang Wajib Disambangi Naik Mobil!

by Tigor Sihombing

Kali ini Moladin akan memberi rekomendasi beberapa tempat wisata hits dan kekinian di Berastagi. Jika kamu belum tahu, Berastagi sendiri merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Daerah ini terkenal sebagai destinasi liburan, karena okasinya berada di dataran tinggi dengan ketinggian antara 600 sampai 1.400 meter di atas permukaan laut. Alhasil udaranya sangat sejuk dan juga memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia. Tidak heran, jika kita main Monopoli, Berastagi disimulasikan sebagai kota termahal di permainan tersebut, bahkan lebih mahal dari Pulau Bali.

Hal menariknya di Berastagi adalah kota ini sudah dihuni oleh banyak suku, dari Cina, Aceh, Jawa, Batak
Toba, hingga Dairi. Kemudian di sini juga dikenal sebagai penghasil markisa dan jeruk manis. Jadi kamu bisa mendapatkan buah-buahan itu dengan harga terjangkau.

Untuk kamu yang mau ke tempat wisata di Berastagi dengan mobil, bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 65 km dari Kota Medan. Lamanya perjalanan, sekitar 2 jam 30 menit, kurang lebih. Tidak jauh, jadi kalau kamu mau menginap di Medan saja juga tidak masalah. Hanya saja kalau mau kunjungi beberapa lokasi wisata di sini, sebaiknya menginap saja di Brastagi.

Mau tahu ragam tempat wisata hits di Berastagi? Berikut rekomendasinya:

1. Bukit Gundaling

tempat wisata di berastagi - bukti gundaling

Pemandangan dari Bukit Gundaling

Tempat wisata di Berastagi yang pertama adalah Bukit Gundaling. Lokasinya tidak jauh dari pusat keramaian di Brastgai, cuma 3 km. Berada di ketinggian 1.575 Mdpl, bukit ini memiliki suasana yang sejuk dan pemandangan yang indah dari Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak.

Untuk menikmati keindahan alam di Bukit Gundaling, kamu hanya perlu membayar Rp 4.000 – 8.000 untuk mencapai puncak. Selain itu, kamu juga bisa berpiknik bersama keluarga untuk makan siang atau membeli souvenir unik khas Berastagi.

Baca juga  8 Tempat Wisata Hits di Bandung Yang Nyaman Dijangkau Mobil

Untuk lokasi parkir Bukit Gundaling tebilang baik, lantaran sudah dikelola dengan serius. Namun untuk menuju ke sini dari Medan, kamu harus melewati jalan berkelok-kelok khas Sumatera Utara. Jadi, sebaiknya lebih berhati-hati dalam berkendara.

Hal menarik lain adalah penamaan Gundaling yang konon diambil dari pengucapat good bye darling. Kisahnya, bukit ini jadi saksi percintaan yang tidak disetujui antara pria Inggris dengan wanita lokal.

2. Air Terjun Dua Warna

tempat wisata di berastagi - air terjun dua warna

Keindahan air terjun dua warna

Tempat wisata di Berastagi berikutnya adalah Air Terjun Dua Warna. Tempat lokasi ini cukup unik, lantaran air terjurnnya memiliki dua warna air yakni kehijauan dan biru. Hal tersebut membuatnya sangat eksotis dan memesona. Apalagi ketinggiannya mencapai 75 meter. 

Sumber air terjun tersebut adalah sebuah sungai dari letusan Gunung Sibayak. Untuk kamu yang tertarik ke tempat ini, kamu perlu menyiapkan pakaian khusus hiking dan juga tour guide. Pasalnya lokasi Air Terjun Dua Warna cukup terpencil dan butuh menerobos hutan yang cukup lebat terlebih dulu. Lokasinya ada di area camping Sibolangit.

Yang harus diperhatikan adalah kondisi alam yang tidak bisa ditebak. Jadi, kalau bawa keluarga, benar-benar lakukan persiapan yang matang.

Harga tiket masuk di area wisata Air Terjun Dua Warna adalah Rp 25.000 per orang. Kemudian untuk jasa pemandu wisata lokal, tarifnya Rp 100.000-Rp 300.000.

3. Bukit Kubu

tempat wisata di berastagi - bukit kubu

Bukit Kubu Berastagi

Nah kamu juga bisa piknik di Berastagi bersama keluarga dan buah hati ke lokasi Bukit Kubu. Ini adalah padang rumput dengan luas 5 hektare mirip Kebun Raya Bogor. Bukit Kubu menyajikan hamparan lapangan hijau yang sangat luas ditambah dengan udara yang sejuk di dataran tinggi Berastagi.

Sebenarnya Bukit Kubu ada di kawasan hotel lama, tapi untuk datang ke sini kamu tidak perlu menginap. Cukup dengan membayar tiket masuk, sudah bisa piknik di lokasi tersebut. Biaya tiket masuk Bukit Kubu untuk mobil adalah Rp 100 ribu.

Baca juga  7 Rekomendasi Tempat Wisata Kekinian di Lembang yang Ramah Mobil!

Ada banyak yang kegiatan yang bisa kamu lakukan di Bukit Kubu, yakni naik delman, bermain, piknik, atau makan siang bersama keluarga. Maka dari itu jangan lupa untuk membawa tikar, jika ke lokasi ini.

4. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap - tempat wisata di berastagi

Menenangkan pikiran di Air Terjun Sikulikap

Tempat Wisata di Berastagi berikutnya adalah Air Terjun Sikulikap. Lokasinya ada di Desa Doulu Tanah Berastagi, Martelu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Karo. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter yang bersumber dari Taman hutan rakyat Bukit Barisan dan dikelilingi oleh hutan cemara yang cukup lebat. 

Datang ke sini untuk mendengar suara air terjun juga sangat menenangkan. Pasalnya suara gemericik air yang terjatuh bisa membuat pikiran rileks. Ditambah dengan pemandangan yang menyejukkan mata.

Jika kamu tertarik ke Air Terjun Sikulikap, kamu memerlukan waktu sekitar 2-2,5 jam menggunakan kendaraan pribadi dari Medan.

Selain pemandangan alam, Air Terjun Sikulikap juga menjadi lokasi pilihan untuk olahraga panjat tebing. Dengan sudut kemiringan tegak hingga mencapai 90 derajat, tentunya membuat para atlet lokal dan mancanegara tertanggang.

Pihak pengelola air terjun juga membuat beberapa spot foto di tempat wisata hits di Berastagi ini. Salah satunya pondok bergaya etnik Karo, rumah Hobbit, serta rumah pohon. Latar belakang air terjun, membuatnya semakin eksotis.

5. Danau Lau Kawar

tempat wisata di berastagi - danau lau kawar

Indahnya Danau Lau Kawar

Di dekat Berastagi, juga ada danau yang terkenal akan keindahannya, yakni Lau Kawar. Danau ini menyuguhkan pemandangan alam bukit hijau dan sejuk di bawah kaki Gunung Sinabung. Lokasi tepatnya ada di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran, di bawah kaki gunung berapi Sinabung, Kabupaten Karo.

Kalau naik mobil dari Berastagi, Danau Lau Kawar ini jaraknya sekitar 25,5 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Area ini memiliki luas 200 hektar, bisa juga kamu gunakan untuk berkemah dengan teman atau keluarga. Saat berkemah, tentunya kamu akan disuguhkan udara yang sejuk dan pemandangan yang sangat indah.

Baca juga  5 Tempat Wisata Hits di Tangerang, Mudah Dijangkau Mobil

Untuk lokasi parkir di wilayah ini juga sudah dikelola secara resmi oleh pemda setempat, tapi sebaiknya jangan tinggalkan barang berharga di dalam mobil ya demi keamanan. Pengunjung tidak dikenakan retribusi di Danau Kawar. Mereka hanya dikenakan membayar tiket parkir kendaraan untuk mobil Rp 10 ribu.

6. Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk

Air Panas Sidebuk Debuk - tempat wisata di berastagi

Pemandian air panas alami sidebuk debuk wajib kamu kunjungi kalau ke Berastagi

Lokasi tempat wisata di Berastagi berikutnya ada pamandian air panas, nama lokasinya Air Panas Sideuk Debuk. Tempatnya berjarak 58 km dari kota Medan, dan berada di ketinggian 2.000 Mdpl. Cocok sekali untuk kamu yang ingin merelaksasi diri atau melepas penat setelah perjalanan panjang atau lelah bekerja dengan rendaman air hangat.

Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk memiliki sumber air alami dengan suhu 40-45 derajat celcius dan belerang yang berasal dari aliran lava Gunung Sibayak. Tak perlu khawatir jika lapar melanda, kamu juga bisa membeli makanan dan minuman hangat di area sekitar lokasi wisata.

Tarif masuk pemandian air panas ini juga cukup terjangkau yaitu Rp 10 ribu per orang. Tertarik mampir?

7. Desa Lingga

Tempat wisata di berastagi

Keindahan desa budaya Lingga

Warga Negara Indonesia tidak lepas dari seni dan budayanya yang sangat beragam. Desa Lingga adalah salah satu desa tertua yang masih menjaga budaya dan tradisi suku Karo. 

Desa Budaya Lingga, lokasinya dekat dengan Berastagi. Tepatnya di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo. Jarak tempuhnya dari Berastagi cuma 20 Km atau naik mobil sekitar 20 menit.

Saat menyambangi Desa Lingga, kamu dapat berkunjung ke museum yang berisi peninggalan Kerajan Karo dan rumah tua yang berumur ratusan tahun. Lokasi wisata ini sangat bagus jika kamu berniat mengenalkan salah satu budaya karo di Sumatera Utara kepada anak.

Gimana Moladiners, keren kan? Demikian ulasan tempat wisata di Berastagi. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika