by

Begini Cara Melepas Kaca Film Mobil Dengan Mudah

Punya mobil dengan kaca film yang usang? Ada sejumlah cara melepas kaca film mobil yang perlu kamu ketahui. Sebelum mengganti dengan kaca film yang baru.

Sejatinya cara melepas kaca film mobil cenderung mudah, dan bisa dilakukan secara mandiri. Namun dalam melepasnya ada sejumlah langkah yang perlu dipelajari.

Tujuannya tentu agar tidak membuat kaca mobil jadi rusak, sekaligus perlu membersihkan sisa-sisa dari kaca film yang lama. Seperti diketahui, kaca film bisa menurun kualitasnya seiring dengan pemakaian kendaraan.

Kendala yang kerap terjadi pada kaca film yang sudah berumur antara lain timbulnya baret, munculnya gelembung di sejumlah bagian, serta warna yang sudah mengalami perubahan.

Lalu seperti apa sebenarnya cara melepas kaca film mobil? Berikut ulasan lengkapnya:

Cara Melepas Kaca Film Mobil yang Mudah dan Tepat

Cara melepas kaca film mobil
Cara melepas kaca film mobil

Berdasarkan pengalaman Moladin, cara melepas kaca film mobil bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi untuk kaca film bagian depan dan juga kaca bagian samping.

Proses melepas kaca film bisa dilakukan dengan cara disobek dari ujungnya dan lalu bisa kalian lepaskan. Selanjutnya kalian bisa semprotkan air sabun ke kaca, lalu diamkan sekitar 2 hingga 3 menit.

Langkah selanjutnya kamu bisa lap dan bersihkan sisa-sisa lem di kaca hingga bersih. Perlakuan ini bisa dilakukan untuk kaca bagian samping dan depan.

Lain halnya jika kalian melepas kaca film belakang. Mengingat mobil-mobil modern saat ini sudah dilengkapi dengan fitur defogger yang bertugas menghilangkan embun pada kaca.

Baca juga  2 Pabrikan Mobil Asal Prancis yang Masih Eksis di Indonesia

Kalau kaca belakang sudah tersedia deffoger, melepas kaca film membutuhkan ekstra hati-hati. Pasalnya jika tidak hati-hati, dapat mengakibatkan elemen defogger bisa terputus.

Kaca belakang yang sudah dilengkapi dengan defogger, kamu perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu menggunakan heat gun. Setelah yakin panasnya merata, baru kamu bisa sobek dari ujung dan lepaskan kaca film dengan hati-hati dan perlahan.

Setelah kaca film berhasil terlepas, kamu perlu menyemprotkan air sabun kaca tersebut dan diamkan selama kurang lebih 2 hingga 3 menit. Selanjutnya kamu bisa bersihkan dengan lap untuk mengangkat sisa-sisa lem di kaca.

Nah, untuk kaca film model lawas, biasanya meninggalkan sisa-sisa lem yang membandel. Membersihkannya pun ada tehnik yang tepat, supaya dapat lebih menghemat tenaga dan juga waktu.

Ingin tahu seperti apa cara membersihkan lem bekas kaca film di mobil? Simak langkah-langkah berikut ini.

Membersihkan Lem Bekas Kaca Film di Mobil

Membersihkan lem di kaca film mobil
Membersihkan lem di kaca film mobil

Gimana sekarang sudah tahukan cara melepas kaca film mobil dengan mudah? Jika menemui bekas lem yang membandel, kamu perlu membersihkannya terlebih dahulu sebelum memasang kaca film yang baru.

Membersihkan bekas lem di kaca film bisa dilakukan dengan mudah. Pertama kamu perlu menyemprotkan cairan pembersih lem seperti goof off atau go gone yang bisa dibeli di bengkel atau toko spare part otomotif.

Baca juga  9 Merek Ban Mobil Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

Namun jika tidak ada, kamu bisa menggunakan detergen atau sabun untuk menghilangkan bekas lem di kaca film. Setelah itu, kamu bisa semprotkan cairan goof off atau sabun cair ke titik bekas lem kaca film berada.

Kamu juga perlu menggunakan silet atau cuter untuk dapat membersihkan kaca film dari lem dengan cara menggosokan silet ke bagian yang terdapat sisa lem. Proses pengerjaannya diusahakan secara perlahan.

Tetap cermat dan berhati-hati, karena bisa jadi silet atau cuter akan melukai tangan kamu. Bila kamu tidak berhati-hati dalam mengerjakannya.

Tak lupa, kamu juga wajib untuk mengelap bagian yang telah disemprot dengan cairan sabun itu hingga kering, dengan menggunakan kain kering.

Mudah bukan cara melepas kaca film mobil beserta menghilangkan bekas lem yang membandel? Dengan begitu kalian bisa melakukannya sendiri dirumah.

Pun begitu, jika kalian rasa belum mampu untuk melakukannya sendiri, sebaiknya kamu bisa membawa mobil ke bengkel kaca film atau salon mobil untuk melepaskan kaca film yang lama.

Tips Memilih Kaca Film yang Benar

Memilih kaca film dengan cermat
Memilih kaca film dengan cermat

Cara melepas kaca film mobil mudah bukan? Selanjutnya apabila kamu ingin menggunakan kaca film yang baru, sebaiknya memilih dengan kualitas yang baik.

Tujuannya agar kenyamanan kalian ketika berkendara di siang hari, tetap terjaga. Apalagi untuk kalian yang kerap menggunakan mobil dalam menunjang mobilitas sehari-hari.

Baca juga  5 Rekomendasi Mobil Matic Murah Dibawah 50 Juta

Dalam memilih kaca film, sebaiknya kamu menggunakan kaca film yang mampu menangkal suhu panas dengan tepat. Karena kaca film yang gelap saja, belum tentu mampu menangkal panasnya matahari di siang hari.

Tingkat kegelapan saja tidak sepenuhnya berpengaruh dengan keteduhan kabin mobil menghadapi cuaca panas. Masih banyak orang menganggap bahwa semakin gelap kaca filmnya akan semakin ampuh menangkal suhu panas.

Padahal tingkat kegelapan hanya berkaitan dengan jumlah cahaya yang masuk ke kabin mobil. Sengatan sinar matahari yang masuk ke dalam kabin mobil adalah pancaran sinar ultraviolet.

Oleh karena itu, ketika kalian memutuskan untuk memilih kaca film. Sebaiknya membeli kaca film yang sudah dbekali dengan UV Light Rejection yang tinggi.

Sekadar informasi, tak semua kaca film gelap punya kemampuan untuk menolak sinar ultraviolet yang bagus. Kaca film bagus yang terang sekalipun ada yang memiliki nilai UV Light Rejection yang besar.

Gunakanlah kaca film yang memiliki UV Light Rejection di angka 97 hingga 99%. Tujuannya selain membuat berkendara lebih adem, juga bisa menghindari kulit jok dan dasbor jadi pecah-pecah.

Semoga informasi mengenai cara melepas kaca film mobil dan memilih kaca film di atas dapat bermanfaat buat kalian.

Baca juga:

Terbaru