Thursday, October 6, 2022

Merasakan Interior Mazda CX-8 2022 dari Jok Belakang

by Tigor Sihombing
Interior Mazda CX-8 2022

Akhirnya Moladin.com diberi kesempatan menikmati interior Mazda CX-8 2022. Buat yang belum tahu, CX-8 merupakan SUV 7-seater yang cukup mewah. Di Indonesia, rivalnya adalah Hyundai Santa Fe. 

Versi anyar mobil ini, meluncur di Indonesia pada Juli 2022 lalu dengan banderol Rp 795,5 juta (OTR Jakarta). Hanya saja pada pertengahan Agustus 2022, barulah kami dapat kesempatan untuk berkendara bersama mobil ini. Bukan sebagai pengemudi, melainkan sebagai penumpang. Ini penting, karena interior Mazda CX-8 2022 memang mengalami ubahan cukup signifkan, khususnya di bangku baris kedua yang kini pakai captain seat.

Hadirnya captain seat di CX-8 juga merupakan kelebihan tersendiri. Pasalnya kompetitor seperti Hyundai Santa Fe, belum mengaplikasikannya.

Bersama CX-8 terbaru, kami diajak berkendara dengan menempuh perjalanan singkat sekitar 5 – 8 km dengan rute Lebak Bulus – Cilandak – Lebak Bulus. Adapun waktu perjalannya kurang lebih setengah jam. Saat pengujian dilakukan pada jam pulang kerja, kondisi lalu lintas kala itu padat.

Bagaimana dengan kenyamanan interior Mazda CX-8 2022? Apakah istimewa? Berikut bahasannya:

Kabin Mazda CX-8 Terasa Senyap

interior mazda cx-8 2022 - pakai jok captain seat dan pengaturan elektrik

Captain seat di CX-8 terbaru punya pengaturan elektrik untuk memberi penumpang belakang, posisi duduk terbaik

Start dari lobby The Veranda Lebak Bulus Jakarta Selatan, kami langsung menaiki mobil Mazda CX-8 terbaru dengan dibantu petugas untuk membuka pintu mobil. Dari sini kami benar-benar merasakan layaknya menjadi seorang business man penghuni hotel mewah.

Suara pintu yang ditutup oleh petuga, terasa mantap dan berat. Hal ini menurut kami, karena pintu mobil SUV tersebut dibuat oleh materiał dań sistem peredaman yang baik.

Baca juga  Suzuki Jimny Masih Dijual di Indonesia, Inden Berapa Lama?

Benar saja, setelah mobil melaju di kondisi jalan yang agak ramai, ternyata ruang kabin interior Mazda CX-8 2022 terasat sangat senyap. Hal ini tentu saja menambah kenyamanan kami sebagai penumpang belakang.

Selanjutnya mobil berjalan dalam kecepatan rendah, sekitar 20 km/jam untuk menuju jalan raya utama Cilandak. Dalam kesempatan tersebut kami coba mengatur bangku untuk menemukan posisi duduk terbaik. Ternyata sangat mudah, karena pengaturan joknya sudah elektrik atau dengan menggerakkan tuas.

Nah menariknya, mekanisme pengaturan elektrik ini juga berlaku untuk pelipatan kursi baris kedua. Tujuan dari pelipatan tersebut, memberi ruang ruang masuk bagi penumpang yang mau duduk di jok baris ketiga. Memang butuh waktu agak lama, sekitar 13 detik barulah jok baris kedua terlipat sempurna, tapi setidaknya proses itu sangat mudah karena cuma tekan tombol.

Kursi jok Mazda CX-8 terbaru juga terasa mewah dengan balutan kulit nappa. Di tengah-tengah captain seat, terdapat center console yang berfungsi sebagai handrest, tapi bisa dibuka tutup. Ketika dibuka bisa jadi tempat penyimpanan. Di dalamnya terdapat fitur dua USB ports.

Kami pun sempat mencoba kepraktisan mengecas hape melalui USB ports yang terdapat di dalam center console tersebut. Jika mau lebih sederhana lagi, pengecasan bisa dilakukan dengan wireless charging, tapi posisinya cuma ada di dashboard depan.

Seat Ventilation Bikin Sejuk Punggung Penumpang Baris Kedua

Interior Mazda CX-8 2022

fitur seat warmer & seat ventilation untuk jok belakang Mazda CX-8 cukup istimewa

Selanjutnya kami mencoba fitur seat warmer & seat ventilation untuk jok baris kedua di Mazda CX-8. Ini merupakan fitur pemanas dan penyejuk untuk bagian bokong dan bahu penumpang. Pengaturannya bisa dilakukan lewat tombol yang ada di center console.

Baca juga  Sejarah Hyundai Santa Fe, Sudah 4 Generasi

Baik penyejuk atau pemanas di interior Mazda CX-8 2022, sama-sama memiliki 3 tingkatan. Kami pun mencobanya mulai dari fitur pemanas. Fitur ini bekerjasama lumayan cepat, kurang dari 2 menit punggung dan bokong sudah terasa hangat. Mungkin sebenarnya, fitur pemanas akan lebih berguna di negara-negara yang memiliki musim dingin ekstrem atau bersalju.

Sementara untuk di Indonesia, penghangat jok sepertinya tidak akan begitu terpakai. Tapi, mungkin fitur ini bisa juga sedikit jadi solusi jika kamu memiliki nyeri dan pegal di area punggung. Kami merasakan sendiri, rasa hangatnya yang cukup terfokus dan bisa diatur, sedikit banyak memberi kenyamanan seperti di kursi pijat.

Selanjutnya kami mencoba fitur penyejuk jok. Ini sukses memberi kenyamanan lebih, maklum kondisi di luar mobil sedang lumayan panas, ditambah kondisi lalu lintas yang macet. Jadi fitur ini sangat membantu untuk menambahkan kesejukan di dalam kabin.

Kesejukan tersebut didukung pula dengan adanya fitur dual zone AC di interior Mazda CX-8 2022. Alhasil berada di dalam kabin dan duduk sebagai penumpang baris kedua mobil SUV ini, benar-benar nyaman.

Suspensi Mazda CX-8 Terasa Keras

Interior Mazda CX-8 2022 - suspensi keras

Dalam sesi test drive Mazda CX-8 2022, kami memposisikan diri sebagai penumpang di jok baris kedua

Selanjutnya kami merasakan mobil melaju halus menyusuri rute pengetesan. Akselerasinya tidak mengentak, sehingga duduk di belakang terasa sangat nyaman. Kami coba menanyakan kepada pengemudi, mengenai mode berkendara yang dia gunakan. Sang sopir mengatakan, hanya menggunakan mode normal. 

Baca juga  Spesifikasi Wuling Almaz Hybrid Terungkap, Berapa Harganya?

Hanya saja kenyamanan berada di dalam interior Mazda CX-8 2022 sedikit terusik ketika jalan yang kami lewati agak bergelombang. Di sini barulah terasa kalau suspensi SUV Mazda terasa agak keras. Tentu hal tersebut mengurangi kenyamanan selama menjadi penumpang di bangku belakang.

Beruntung jalanan jeleknya cuma sedikit di rute pengetesan. Kalau kami berkendara ke luar kota yang kondisi jalannya beragam, sepertinya akan sangat tidak nyaman. Bisa dikatakan, inilah salah satu kekurangan dari Mazda CX-8 terbaru.

Mungkin, suspensi keras di CX-8 memang ditujukan buat pengendalian yang lebih mantap. Hal tersebut wajar, karena Mazda memang selalu mengagungkan pengemudi. Walau demikian, akan lebih baik kalau suspensi CX-8 diatur ulang agar penumpang belakang bisa merasa lebih nyaman.

Kualitas Suara Audio Mazda CX-8 yang Pakai Speaker Bose

Interior Mazda CX-8 2022 - speaker bose

Speaker Bose di Mazda CX-8 terbaru

Khas Mazda yang selalu memberikan kualitas suara premium kembali hadir pada model CX-8 terbaru ini. Saat duduk di jok belakang, alunan musik pop yang diputar oleh supir terasa tersebar ke seluruh kabin. Telinga kami benar-benar dimanjakan. 

Di sinilah peranti speaker berlabel Bose tersebut benar-benar menunjukan kelas premiumnya. Apalagi pada Mazda CX-8 ini, speaker terdapat 10 titik yang disebar ke seluruh penjuru interior.

Tidak terasa perjalan singkat ini harus berakhir, lantaran mobil sudah kembali sampai di lokasi awal The Veranda Lebak bulus. Demikian ulasan terkait merasakan sensasi interior Mazda CX-8. Simak selalu Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika