by

Spesifikasi Kawasaki Versys-X250 Terbaru, Apa yang Berubah?

Spesifikasi Kawasaki Versys-X250 – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akhirnya memberikan sentuhan baru pada Versys-X250 Tourer yang kini mengusung kelir baru. Secara desain, tak  alami ubahan yang cenderung signifikan.

Ubahan hanya sebatas mengubah tampilan jadi semakin segar, dan juga tangguh. Untuk produk terbarunya itu, KMI menjualnya dalam paket seharga Rp 67,9 juta on the road Jakarta.

Lalu seperti apa sebenarnya saja yang berubah ada Kawasaki Versys-X250 2020? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sentuhan Baru Pada Kawasaki Versys-X250

Spesifikasi Kawasaki Versys-X250
Mengenal spesifikasi Kawasaki Versys-X250

Penggunaan kelir abu-abu terbaru ini, sedikit berbeda bila dibandingkan dengan Kawasaki Versys model lawas. Permukaan tangki bensin kini dibalut dengan kelir solid grey, nuansa metallic yang ditemui di model sebelumnya sudah ditinggalkan.

Perubahan lainnya, juga terlihat di area panel samping yang didominasi kelir hitam. Beserta sayap depan, spakbor, hingga batok lampu.

Poin penting yang cukup menarik adalah penggunaan grafis baru yang menjadi aksen menarik. Karena dibuat tarikan garis hijau nyala khas Kawasaki, kontras dengan warna dasar yang menunjang tampilan jadi semakin menarik.

Bila diperhatikan secara seksama, tulisan Versys yang berada di fairing kiri-kanan pun baru, terasa lebih modern. Dengan sentuhan tersebut jadi mirip dengan jajaran produk sport fairing Kawasaksi, seperti H2 atau Z series. Alhasil secara tampilan jadi semakin sportif.

Kalau kamu yang ingin meminang motor yang satu ini wajib mengetahui, bahwa Versys terbaru ini hanya tersedia dalam satu varian saja. Selain itu, fog lamp belum termasuk dalam paket penjualan, beserta rem dengan sensor ABS.

Pun begitu, buat kamu yang hobi berpetualang rasanya sedikit terobati. Karena spesifikasi Kawasaki Versys-X250 sudah dibekali dengan dua box penyimpanan.

Meskipun kini punya warna baru, namun bentuknya secara keseluruhan terlihat serupa. Masih mengusung cover lampu model menyambung dengan windshield tinggi.

Penggunaan lampu model V pun terlihat masih digunakan. Dalam menunjang pencahayaan ketika berkendara, motor ini didukung bohlam halogen.

Baca juga  Peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R, Resmi 10 Juli 2020

Di bagian samping juga terlihat dilengkapi dengan tulang pelindung yang menjadi aksesori standar untuk melindungi bodi, ketika motor terjatuh. Secara spesifikasi Kawasaki Versys-X250 sudah mumpuni untuk menghadapi segala medan jalan.

Mengapa? Karena motor ini ditopang rangka tulang punggung, yang dipadukan dengan fork teleskopik berdiameter 41mm. Pada bagian belakang, peredam guncangan ditopang oleh monoshock dan swing arm Botton-link unitrack.

Guna memberikan sensasi khas motor adventure, Versys-X250 punya roda berukuran belang. Pada bagian depan didukung pelek jari-jari berukuran 19 inci dengan ban 100/90, belakangnya berukuran 17 inci dengan ukuran ban 130/80.

Supaya dapat menerabas segala medan jalan, hingga yang ekstrem sekalipun. Pihak pabrikan membekalinya dengan ban aspal murni.

Namun amat disayangkan, belum tersemat sistem pengereman ABS. Walhasil motor ini hanya mengandalkan rem cakram 290 mm dan 220mm, yang bekerja layaknya rem konvensional.

Spesifikasi Kawasaki Versys-X250, Mesin Tak Alami Ubahan

Spesifikasi Kawasaki Versys-X250
Tampilan dan spesifikasi Kawasaki Versys-X250 mumpuni diajak berpetualang

Berbicara mengenai spesifikasi Kawasaki Versys-X250 masih mengandalkan mesin model lawas. Sebagai informasi, mesin yang digunakan pada Versys-X250 merupakan hasil adopsi dari Ninja 250.

Pun begitu, pabrikan sudah mengubah karakternya agar mampu menghadapi kontur lintas alam. Adapun mesin Versys-X250 mengandalkan dua silinder paralel berkubikasi 249 cc DOHC delapan katup.

Nah, pada Kawasaki Versys-X250 punya bore and stroke sebesar 62 mm x 41,2 mm. Memang hampir sama, namun hal ini mampu meningkatkan torsi jadi lebih besar, yakni 21,7 Nm di 10.000 rpm.

Tenaga yang dihasilkan sebesar 33,5 Hp di 11.500 rpm. Mesin tersebut juga sudah mumpuni untuk melahap segala medan jalan.

Terkait spesifikasi Kawasaki Versys-X250, sudah dilengkapi dengan sistem assist dan slipper cluctch pada transmisi enam percepatan. Dampaknya pengoperasian tuas kopling bisa terasa lebih ringan.

Perpindahan gigi juga lebih optimal, termasuk mengurangi risiko selip saat engine brake atau down shifting. Tentunya hal ini dapat membantu pengendara ketika melakukan perjalanan jauh alias touring.

Baca juga  Honda Africa Twin Terbaru Dapat Banyak Ubahan, Cek Nih!

Fitur-fitur yang sudah tersedia antara lain panel meter yang mengadopsi model analog-digital yang memberikan informasi kondisi terkini dari motor. Sudah cukup mengakomodir kebutuhan, karena mampu menampilkan penghitung konsumsi bahan bakar dan trip meter.

Data Spesifikasi Kawasaksi Versys-X250

Type

Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin

Displacement

249 cc

Bore and Stoke

62.0 x 41.2 mm

Compression Ratio

11.3 : 1

Valve system

DOHC, 8 valves

Fuel system

Fuel injection: ø28 mm x 2 with dual throttle valves

Max Power

33,5 Hp / 11.500 rpm

Max Torque

21,7 Nm / 10.000 rpm

Transmission

6-percepatan

Mengenal Kawasaki Versys yang dipasarkan di Indonesia

Spesifikasi Kawasaki Versys-X250
Secara spesifikasi Kawasaki Versys-X250, tak kalah menarik dibandingkan varian Versys lainnya

Kehadiran Kawasaki Versys-X250 ini menjadi pelengkap varian Versys yang ditawarkan di Indonesia. Motor adventure ini tersedia dalam tiga versi untuk pasar Nasional, mulai dari kelas pemula, menengah, hingga yang berukuran besar.

Tiga varian Versys tersebut punya banderol harga yang berbeda-beda. Gap harga terbilang cukup jauh antar variannya.

Harga di setiap varian tentunya mengikuti teknologi dan performa yang ditawarkan. Bagi kamu yang tertarik punya Versys, bisa disesuaikan dengan bujet dan kebutuhan, lho!

Pasalnya kalau kamu ingin merasakan sensasi mesin yang lebih bertenaga dibandingkan model 250. Kamu bisa membeli Kawasaki Versys 650 yang berada di kelas menengah. Banderolnya mulai dari Rp 180,9 jutaan.

Kawasaki Versys 650

spesifikasi kawasaki versys 650
Detil mengenai Kawasaki Versys 650

Tampilannya tentu berbeda dari model 250, tenaga yang dihasilkan pada Versys 650 jelas lebih besar dibandingkan spesifikasi Kawasaki Versys-X250.

Khusus untuk Versys 650, mengandalkan mesin dua silinder berkapasitas 648 cc DOHC. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 68 Hp pada 8.500 rpm dengan torsi 64 Nm di 7.000 rpm.

Tenaga disalurkan melalui transmisi enam percepatan berteknologi assist dan slipper clutch. Untuk model ini juga sudah dilengkapi Fork depan model upside down, monoshock pun diposisikan tidur.

Baca juga  5 Rekomendasi Motor Adventure Murah di Indonesia

Sebagai penunjang performa, Kawasaki Versys 650 dibekali dengan dua rem 300 mm semi floating di depan, serta cakram piston tunggal di bagian belakangnya. Pengereman sudah dilengkapi dengan sensor ABS.

Kawasaki Versys 1000

Kawasaki Versys 1000
Varian paling bertenaga, Kawasaki Versys 1000

Selanjutnya, kita akan membahas varian teratas, yakni Kawasaki Versys 1000. Tentunya dari sisi spesifikasi Kawasaki Versys-X250 sangatlah jauh berbeda.

Pada Versys 1000 ini dirasa paling pas untuk mengakomodir adrenalin para penggila touring di Indonesia. Sebelum itu, kamu setidaknya perlu menyiapkan dana sebesar Rp 373 juta untuk dapat meminang motor adventure yang satu ini.

Di atas kertas, Kawasaki Versys 1000 dibekali dengan empat piston 1.043 cc DOHC yang siap meladeni kebutuhan berpetualang kamu. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 118 Hp pada 9.000 rpm dengan torsi 102 Nm di 7.500 rpm.

Beragam fitur sudah menjadi standar dari motor yang satu ini, seperti Kawasaki Traction Control (KTRC). Sejalan dengan itu, Versys 1000 juga dilengkapi penahan traksi yang dapat diatur dalam tiga level, sesuai jalan yang akan dilintasi.

Pelengkap fitur pada Versys 1000 ini sudah dilengkapi dengan sistem throttle-by-wire, yang punya dua mode berkendara, yaitu low dan high.

Sama dengan dua varian lainnya, transmisi Versys 100 mengandalkan girboks enam percepatan dengan assist dan slipper clutch. Fitur yang juga sudah tersedia antara lain sensos ABS dua kanal, fork upside down, dan shock tunggal laydown sebagai perangkat standar.

Buat kamu pecinta petualangan, rasanya paling pas menggunakan Versys 1000 untuk diajak menjelajah alam.

Sekarang sudah tahukan mengenai spesifikasi Kawasaki Versys-X250 beserta tipe Versys lainnya Semoga informasi dapat bermanfaat buat kamu yang sedang mencari motor petualang.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

1 comment

Terbaru