Mau Punya Motor Gaya Retro? Yuk, Kenalan dengan Vespa LX 125

Moladin – Pesona Vespa tidak lekang bagi pecinta otomotif. Di zaman modern seperti sekarang, pengguna motor ini masih mudah ditemui di jalanan. Maka, tidak heran jika vendor Piaggio masih berjaya sejak 1946 hingga kini.

Perjalanan panjang tersebut dibarengi dengan berbagai inovasi untuk tetap menarik minat konsumen, misalkan, mengembangkan segi desain. Namun, hasil yang didapatkan Piaggio ternyata di luar ekspektasi lantaran banyak kritikan menyebutkan bahwa vespa sudah kehilangan aura klasik.

Sebagai jawaban, vendor asal Italia tersebut mengeluarkan seri LX 125 di mana penampilannya sangat memancarkan kesan retro 60-an. Bagaimana spesifikasinya? Simak ulasan berikut.

 

Vespa LX 125

*Angsuran mulai dari

 

Desain Klasik Retro 60-an

Agar dapat menyasar lebih banyak konsumen, Piaggio mengembalikan aura klasik pada Vespa LX 125, tetapi tetap memberikan sentuhan modern. Hal ini terlihat dari lampu utama yang di desain secara anggun, sehingga tampil gaya. Sementara itu, sein diletakkan pada bodi depan dengan penempatan sejajar di kanan dan kiri.

Headlamp Vespa LX 125Headlamp di desain secara anggun | Foto: Moladin

Bergeser ke bagian bodi samping, lekukan-lekukan Vespa LX 125 sangat mencerminkan gaya retro 60-an. Belum lagi kaca spionnya berbentuk bulat dan lebih lebar. Tidak hanya menarik dari segi desain, faktor kenyamanan pun diperhitungkan oleh Piaggio dengan penggunaan bahan berkualitas untuk jok.

Kesan klasik dari motor ini juga dimunculkan pada sektor buritan, khususnya desain stop lamp dengan gaya timbul. Sementara itu, untuk penambahan unsur modern diberikan melalui kapasitas tangki bahan bakar sebesar tujuh liter. Jadi, pengendara dapat menjadikan vespa sebagai perjalanan jarak jauh.

 

Mesin Vespa LX 125

Mesin 125cc Vespa LX 125Mesin berkapasitas 125cc | Foto: Moladin

Ketangguhan motor ini tidak hanya melalui penyematan kapasitas mesin 124,5 cc melainkan beberapa teknologi canggih. Dari sektor mesin sendiri, vendor mempersenjatainya dengan silinder tunggal 3 katup 4 langkah.

Sementara itu, tenaga yang dihasilkan dikeluarkan menggunakan sistem transmisi CVT. Agar suhu tetap stabil saat dikendarai, pendingin bertipe Forced Air pun disematkan.

Teknologi canggih lain yang terdapat pada seri LX 125 ini adalah I-GET. Fungsinya dapat mengoptimalkan tenaga dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Selain menjadikan motor semakin tangguh, emisi gas buang pun ramah lingkungan.

 

Suspensi Vespa LX 125

Untuk mengembalikan aura klasik pada motor ini, Piggio membuat dimensinya lebih mungil dibandingkan keluaran-keluaran terbaru. Kendati demikian, kesan kokoh tetap ditampilkan melalui penggunaan kaki-kaki pilihan. Di bagian depan, disematkan tipe suspensi Single Arm with Helical Spring and Single Double-Acting Hydraulic Shock Absorber.

Sementara buritan mengandalkan single shock absorber adjustable to four position at preloading. Meski jenisnya berbeda, kombinasi tersebut justru dapat menahan guncangan dengan baik di jalanan yang tidak bersahabat.

Perbedaan juga ditemukan pada ukuran ban serta diameter rem di bagian depan dan belakang. Komposisi ini bukannya tanpa maksud, melainkan sebagai cara untuk mempermudah pengendara dalam mengatur laju kendaraan.

Single Shock Vespa LX 125Single shock absorber adjustable to four position at preloading | Foto: Moladin

 

Fitur Canggih dan Fungsional

Fitur Vespa LX 125Fitur fungsional di Vespa LX 125 | Foto: Moladin

Fitur-fitur yang ada pada Vespa LX 125 cukup canggih dan fungsional, terutama tentang kenyamanan dan keamanan pengguna. Sementara itu, terdapat tiga pilihan warna menarik yaitu Rosso Dragon, Nero Vulcano, dan Giallo Lime. Dengan kelebihan tersebut, harga yang dibanderol pun mencapai angka 29,9 juta (OTR Jakarta).

 

Vespa S 125

*Angsuran mulai dari

 

Konsumsi Bahan Bakar Irit

Vespa LX 125 Irit Bahan BakarKonsumsi bahan bakarnya 31-35km/liter | Foto: Moladin

Berkat penggunaan teknologi I-GET, konsumsi bahan bakar skutik retro ini sangat irit. Untuk satu liter bensin, pengguna dapat menempuh perjalanan sepanjang 31-35 kilometer. Apalagi, jika gaya berkendaranya tepat dan tidak terlalu agresif, maka jarak yang bisa ditempuh akan lebih panjang lagi.


Tips Menaikkan Performa Vespa LX 125

Memiliki motor yang bertenaga menjadi keinginan siapa saja agar dapat melibas segala medan jalan. Meski performa Vespa LX 125 sudah cukup andal, bisa kok ditingkatkan lagi melalui tips berikut.

Pertama bisa dimulai dari pembuatan silinder menggunakan bahan aluminium dural. Ukurannya sendiri bisa berpatokan pada Honda Tiger yang memiliki diameter 63,5 mm. Jika dipadukan dengan Vespa LX 125, maka kapasitasnya akan meningkat ke 155 cc.

Lantas, apakah ada komposisi lain? Sebenarnya ada, tetapi besaran tersebut sudah sangat ideal agar kendaraan tetap sesuai diisi bahan bakar Pertamax.

Tidak ada terlalu banyak perubahan pada segi CVT. Modifikasi hanya perlu dilakukan pada pengganjal ring per CVT dengan ketebalan 5 mm. Penggantian ini sudah cukup untuk mengurangi getaran dan bunyi mesin saat dioperasikan.

CVT Vespa LX 125Tidak perku banyak ubahan di bagian per CVT | Foto: Moladin

Untuk sektor karburator juga tidak memerlukan banyak perubahan. Modifikasi hanya perlu dilakukan dengan mengubah pengaturan spuyer. Pada pilot jet memakai ukuran 45, sementara main jet sebesar 105.

Nah, itulah spesifikasi Vespa LX 125 yang dikeluarkan sebagai jawaban dari kritikan konsumen. Meski Piaggio memunculkan kembali aura klasik pada produknya kali ini, unsur modern tetap dipertahankan agar dapat menunjang kebutuhan pengguna. Tertarik memilikinya? Yuk, segera kunjungi situs jual beli Moladin untuk mendapatkan penawaran menarik!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *