Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

6 Kelebihan Chery Omoda 5, Bukan Cuma Turbo!

by Firdaus Ali
Kelebihan Chery Omoda 5

Berikut kami ulas mengenai beberapa kelebihan Chery omoda 5 yang meluncur di event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Supaya lebih obyektif, bahasan kali ini akan mengikutsertakan Honda HR-V dan Hyundai Creta sebagai petahana di kelas SUV 1.500 cc. Bahkan pesaingnya lebih ramai lagi dengan kehadiran Suzuki Grand Vitara terbaru dan Wuling Alvez

Omoda 5 hadir untuk melengkapi line up jajaran mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yang dipasarkan oleh Chery di Indonesia. Mobil ini memiliki tampilan yang futuristik, sehingga menjadi daya tarik tersendiri di pameran otomotif yang berlangsung 16-26 Februari 2023.

“Hari ini kami memperkenalkan Omoda 5 dan mengumumkan harganya yang hanya berlaku untuk pre- booking selama IIMS 2023 berlangsung. Omoda 5 tampil sangat futuristik dengan desain yang memukau dan teknologi terdepan. Sehingga sangat pantas untuk menjadi penantang tangguh pada segmen SUV Crossover Premium. Omoda 5 menjadi sebuah bukti bahwa desain yang indah juga bisa menjadi sangat fungsional,” ujar Shawn Xu, President of PT Chery Sales Indonesia saat peluncuran di IIMS 2023 beberapa hari lalu.

Soal harga, Chery Omoda 5 terbilang sangat terjangkau. Khusus varian R dijual Rp 328 juta dan varian RZ Rp 398 juta (OTR Jakarta). Artinya banderol tersebut akan mirip-mirip dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta. 

Walau demikian, SUV Chery ini punya banyak sekali kelebihan dibanding para kompetitor. Sebut saja mesin 1.500 cc yang sudah menggunakan turbo. Jadi dari sisi performa lebih unggul dari HR-V, Creta, Alvez, hingga Grand Vitara.

Kemudian bicara fitur punya layar besar hingga 20,5 inci di dashboard. Ada pula speaker premium dari Sony yang membuat telinga dimanjakan saat mendengar musik.

Mau tahu lebih jauh soal kelebihan Chery Omoda 5 dibanding para kompetitor? Berikut ulasannya:

1. Desain Eksterior Futuristik

Kelebihan Chery Omoda 5

Desain eksterior futuristik

Kelebihan Chery Omoda 5 yang pertama, desain eksteriornya punya tampilan futuristik. Ini tentu berbeda dari mobil-mobil SUV di kelasnya.

Chery Omoda 5 mengusung tema “Cross F Future”, yang menandakan kehadiran sebuah mobil SUV dari masa depan. Kesan futuristik Omoda 5 diperlihatkan melalui motif grille depan tanpa frame sebagai gambaran parallel universe yang tanpa batas. Ditambah lagi, ada potongan diamond sebagai gambaran dari individu yang berada dalam tiap dunia paralel tersebut. Omoda 5 juga memiliki lekukan garis yang fleksibel namun tegas.

Baca juga  Nissan X-Trail Terbaru Pakai E-4Force, Siap Hajar CR-V!

Aura futuristik semakin dipertegas dengan pencahayaan dari Lampu LED Split trapesium, lampu LED Daytime running berbentuk T, dan Lampu belakang LED Dinamis X–Trough. Hadir pula lekukan pintu bagasi yang agresif, serta adanya dua lubang pipa knalpot berbentuk trapesium.

Omoda 5 semakin memukau lewat penggunaan warna bodi two tone dengan pilihan warna bodi Grey Morganite, Black Platinum, Blue Turquoise, dan White Howlite. Menariknya lagi, hadir aksen merah di velg, spion, dan bodi bawah untuk memberi tampilan beda

2. Velg 18 Inch

kelebihan chery omoda 5 - velg 18 inch

Velg Chery Omoda 5 pakai ukuran 18 inch

Ada pula velg berukuran 18 Inci untuk Chery Omoda 5 yang memberi kesan gagah. Soal ukuran bannya pakai 215/55 R18. Pelek besar seperti ini cuma digunakan oleh Honda HR-V varian SE. Sementara kompetitor lain seperti Hyundai Creta, Wuling Alvez, dan Suzuki Grand Vitara masih pakai velg 17 inci.

Keistimewaan lain dari velgnya, khusus Omoda 5 varian RZ, ada kelir kombinasi hitam dengan merah yang membuat tampilan futuristik semakin terasa. Velg dengan warna two tone seperti ini belum dipunya kompetitor, karena kebanyakan pakai kombinasi chrome dan hitam.

3. Performa Mesin Lebih Unggul dengan Turbo

Kelebihan Chery Omoda 5

Mesin 1.500 cc Chery Omoda 5 pakai turbo

Kelebihan Chery Omoda 5 selanjutnya adalah pada performa mesinnya. Dengan harga Rp 300 jutaan, Omoda 5 mengadopsi mesin berkubikasi 1.500 cc turbo yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT 9-percepatan. Hasilnya, di atas kertas mesin 1.5L TGDI itu diklaim mampu mengeluarkan tenaga 145 hp dan torsi 230 Nm. 

Tenaga besar itu disalurkan ke penggerak roda depan. Tersedia pula mode berkendara Eco dan Sport untuk memberi pilihan performa ke pengemudinya.

Jika disandingkan dengan para rivalnya di harga Rp 300 jutaan, rata-rata belum pakai mesin turbo. Hyundai Creta atau Honda HR-V cuma pakai mesin 1.500 cc standard. Alhasil performa mesin turbo dari Chery Omoda 5 lebih unggul.

Baca juga  Kapan Isuzu Luncurkan Mu-X 4x2 di Indonesia?

Sebagaimana diketahui, Hyundai Creta menggunakan mesin Smartstream 1.5 L MPI inline 4-cylinders yang di atas kertas tenaganya 113,4 hp pada 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm. Sementara itu, untuk Honda HR-V mengusung mesin 1.500 cc i-VTEC yang diklaim mempunyai tenaga 119,2 hp dan torsi 145 Nm pada putaran mesin 4.300 rpm.

4. Terintegrasi Adaptive Cruise Control

Kelebihan Chery Omoda 5

Dilengkapi dengan fitur yang modern

Kelengkapan fitur yang modern juga menjadi bagian dari kelebihan Chery Omoda 5. Di mana mobil SUV ini sudah dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terintegrasi dengan fitur-fitur modern, salah satunya adaptive cruise control (ACC).

Hadirnya ACC jadi kelebihan, lantaran kompetitor seperti Hyundai Creta dan Suzuki Grand Vitara belum memilikinya. Sementara untuk Honda HR-V dan Wuling Alvez sudah punya teknologi tersebut. Guna ACC bisa membuat berkendara semakin rileks di jalan bebas hambatan, karena mobil bisa berakselerasi dan deselerasi secara otomatis mengikuti kecepatan kendaraan di depan.

Di samping itu, ADAS di Omoda 5 juga terintegrasi fitur seperti lain lane departure warning (LDW), blind-spot detection (BSD), emergency lane keeping (ELK), rear cross traffic alert (RCTA), adaptive cruise control (ACC) with low speed follow, front collision warning (FCW) with vehicle indentification, autonomous emergency braking (AEB), intelligent high-beam control headlamp (IHC), traffic sign recognition (TSR), car lead departure sign (CLDS), integrated cruise assist (ICA), dan 360 HD panoramic camera).

Ada pula fitur keselamatan berupa keselamatan berupa anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), brake assist system (BAS) + brake priority system (BOS), electronic stability program (ESP) + traction control (TCS), hill-start assist control (HAC) & hill descent control (HDC), tyre pressure monitoring system (TPMS), hingga auto central locking door.

5. Chery Omoda 5 Punya Layar 20,5 Inch dan Speaker Sony

Kelebihan Chery Omoda 5

Interior modern dan elegan

Kelebihan Chery Omoda 5 berikutnya adalah dari bagian interiornya. Mobil ini tampil modern, karena punya layar ganda berukuran 20,5 inci di dashboard. Layar ini merupakan gabungan dari head unit dan panel instrumen digital. Kombinasi desain tersebut belum dipunya oleh kompetitor.

Baca juga  Hyundai Santa Fe Terbaru Tertangkap Kamera

Lalu yang juga istimewa adalah kehadiran 8-speaker premium dari Sony di Omoda 5 varian RZ. Tentu ini bisa membuat mendengarkan musik saat berkendara jadi lebih menyenangkan. Hal tersebut dianggap sebagai kelebihan, karena para rival masih menggunakan speaker biasa, cuma Hyundai Creta yang pakai merek premium yaitu Bose.

Selanjutnya untuk interior mobil merek Cina ini juga sangat modern, lewat kemudi berbahan kulit multifungsi berbentuk D, serta jok dengan ventilated dan doortrim dengan material yang berkualitas. Ada pula tombol konfigurasi multimedia di setir yang memudahkan kendali pengemudi, sehingga berbagai pengaturan bisa dilakukan tanpa mengganggu konsentrasi berkendara.

Untuk menambah kenyamanan, Omoda 5 telah menyematkan fitur Intelligent Voice Assistant, Wireless Charging with Phone Reminder. Ada pula Door Mirror Heating agar pengemudi lebih jelas dan nyaman saat melihat kaca spion saat berkendara dalam keadaan hujan.

Untuk kapasitas penumpang, Omoda 5 bisa menampung total 5-orang dengan dua baris bangku berkonfigurasi 2+3. Dengan dimensi yang lebih bongsor dari HR-V dan Creta, harusnya kabin Chery Omoda 5 juga lebih lega dari para kompetitor. Oh ya, Omoda 5 juga sudah dilengkapi dengan electric sunroof untuk menambah kesan elegan dan lega pada kabin interiornya.

6. Dimensi Chery Omoda 5 Lebih Bongsor Dibanding Para Rivalnya

Kelebihan Chery Omoda 5

Dimensi lebih bongsor dari rivalnya

Chery Omoda 5 mempunyai dimensi panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.585 mm serta wheelbase 2.630 mm. Jika dibandingkan dengan para rivalnya, dimensi mobil ini lebih bongsor. Tidak percaya?

Cek saja Honda HR-V yang mempunyai panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.580 mm. Kemudian Hyundai Creta yang mempunyai panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.630 mm. Jadi dengan dimensi bongsor, kesan gagah lebih terasa di Omoda 5. Di samping itu, harapannya adalah interior juga terasa lebih lega.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa kelebihan Chery Omoda 5. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika