Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Honda Mulai Jual Baterai Isi Ulang untuk Kendaraan Listrik, Tinggal Swap!

by Tigor Sihombing
Honda Mulai Jual Baterai Isi Ulang

Honda mulai jual baterai isi ulang untuk kendaraan listriknya. Jadi, jika pemilik kendaraan Honda ingin mengecas atau membeli daya tinggal datangi storenya dan lakukan swap, alias tukar baterai kosong dengan baterai baru yang tersedia di gerai. Caranya, kurang lebih sama seperti kita membeli gas 3 kg saat ini untuk memasak.

Untuk menjalankan programnya ini Honda Motor Co., Ltd. bersama dengan rekanan bisnisnya yaitu Gachaco Inc., secara resmi memulai produksi serta penjualan Honda Power Pack Exchanger e: di Jepang. Honda Power Pack Exchanger e: merupakan perangkat yang dapat ditukar, di mana secara bersamaan juga dapat mengisi unit daya pada Honda Mobile Power Pack e: (MPP e:).

Pengguna juga dapat mempunyai akses ke MPP e: yang terisi penuh kapan pun dibutuhkan di stasiun penukaran baterai serta memungkinkan penggunaan produk mobilitas berbasis listrik secara efisien tanpa menunggu baterai diisi ulang. Detail produk serta penjelasan lainnya mengenai Honda Power Pack Exchanger e dapat dilihat di halaman situs https://www.honda.co.jp/mobilepowerpack/exchanger

Baca juga  10 Mobil Terlaris Sepanjang November 2020

Perangkat ini juga nantinya akan dikembangkan sebagai infrastruktur baterai yang dapat digunakan secara luas untuk pasar domestik Jepang dan juga tidak menutup kemungkinan untuk diekspor ke berbagai negara.

Honda Power Pack Exchanger e: menampilkan desain eksterior yang menyatu dengan baik untuk digunakan di kawasan perkotaan dan mengadopsi sistem Honda Power Pack Cloud yang mengelola semua informasi yang diperlukan untuk baterai agar terpusat dengan operasi layanan di cloud. Selain itu, perangkat ini juga memberikan kenyamanan dan keramahan bagi pengguna produk mobilitas berbasis elektrik.

Kedua belah pihak sebelumnya meresmikan kerjasama produksi baterai kendaraan listrik melalui perjanjian kerjasama pada akhir Agustus 2022 lalu. Pabrik ini akan memproduksi jenis baterai pouch-type yang akan disuplai untuk pabrik perakitan kendaraan listrik Honda di kawasan Amerika Utara, seiring dengan semakin meningkatnya tren kendaraan berbasis elektrik di kawasan tersebut.

Pabrik tersebut akan mulai dibangun pada awal tahun 2023 mendatang dengan target produksi massal advanced lithium-ion battery cells pada akhir tahun 2025.

Baca juga  Cara Pakai Adaptive Cruise Control di BR-V Terbaru

Sebagai tambahan, Honda juga sebelumnya telah menyampaikan rencana globalnya untuk meluncurkan hingga 30 mobil berbasis listrik pada tahun 2030, dengan volume produksi mencapai 2 juta unit setiap tahunnya. Selain itu, Honda juga berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua lini produk serta aktivitas perusahaannya pada tahun 2050.

Honda Mobile Power Pack e: Belum Ada di Indonesia

Honda mulai jual baterai isi ulang

Perangkat ini juga nantinya akan dikembangkan sebagai infrastruktur baterai yang dapat digunakan secara luas untuk pasar domestik Jepang dan Global.

Untuk Indonesia sistem penjualan daya baterai ini belum diterapkan. Hal terebut disebabkan, karena Indonesia sendiri masih dalam era menuju elektrifikasi sepenuhnya.

Bahkan, Honda sendiri belum memiliki mobil listrik di Indonesia. Jangankan listrik, hybrid saja hingga kini belum dijual. Mereka cuma baru memperkenalkan dua model hybrid yakni Accord Hybrid dan CR-V Hybrid yang diperkenalkan PT Honda Prospect Motor di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu..

Honda juga mengumumkan akan menjual dua model hybrid baru di Indonesia pada tahun 2023, hanya saja entah produk apa yang bakal dipasarkan. Kedua model tersebut digadang-gadang mengusung teknologi e:HEV, yaitu sistem hybrid terdepan dari Honda yang memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik, emisi yang lebih bersih, namun dengan performa sporty yang menjadi ciri khas seluruh mobil Honda.

Baca juga  Honda Luncurkan BR-V Terbaru 2021, Sudah Bisa Dipesan!

Tak hanya itu, setelah memperkenalkan dua model e:HEV tersebut, Honda terus memperkenalkan model berbasis listrik lainnya, termasuk model yang akan diproduksi secara lokal di Indonesia. Istimewa bukan?

Jadi, kapan Honda mulai jual baterai isi ulang di Indonesia? Tentunya masih lama, mobil listriknya saja, hingga saat ini belum ada. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika