by

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Dana Tunai Tanpa Jaminan

Tahukah Anda bila di luar sana juga ada pinjaman dana tunai tanpa jaminan? Sebab bagi sebagian orang, kredit tunai mungkin menyeramkan karena aset berharga yang jaminan. Layanan ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat Anda yang ingin mendapatkan pinjaman tanpa perlu mengorbankan aset apa pun.  Hanya saja Anda harus berkomitmen untuk membayar cicilan secara tepat waktu agar ke dua pihak sama-sama diuntungkan.

Bicara mengenai kredit tanpa jaminan, buat Anda yang belum tahu, berikut sejumlah kelebihan dan kekurangan dari pinjaman tanpa agunan.

 

Kelebihan Pinjaman Dana Tunai Tanpa Jaminan

2 18
Salah satu kelebihannya tidak menggunakan jaminan

Ada beberapa manfaat yang akan Anda rasakan dari pinjaman tunai tanpa jaminan. Berikut pembahasannya.

1. Mendapatkan Pinjaman Tanpa Jaminan

Sesuai namanya, keuntungan pertama yang bisa Anda rasakan adalah bebas dari jaminan saat melakukan kredit. Pada umumnya, jaminan difungsikan untuk mengurangi kerugian apabila nasabah mengalami wanprestasi.

Tapi, lewat layanan ini, Anda tak memerlukan sertifikat rumah atau BPKB mobil/motor untuk memperoleh pinjaman. Oleh sebab itu, perusahaan penyedia dana pinjaman akan lebih selektif dalam memberikan kredit. Mereka akan melihat bagaimana riwayat kredit Anda sebelumnya, usia, dan penghasilan per bulan.

Baca juga  Tilang Elektronik Roda Dua, Hal Ini yang Sering Dilanggar

2. Proses Pencairannya Cepat

Keuntungan ke dua adalah proses pencairan yang cepat. Apalagi kini pinjaman dana tunai tanpa jaminan sudah bisa dilakukan secara online. Artinya, Anda tak perlu datang ke lokasi perusahaan penyedia pinjaman, melainkan dengan mengunggah seluruh dokumen yang diperlukan ke website/aplikasi pinjaman terkait.

Beberapa layanan kredit online bahkan melakukan approval hanya dalam 24 jam. Sedangkan durasi pencairan dananya dapat dilakukan dalam hitungan hari atau saat itu juga. Lebih praktis kan?

3. Pilihannya Beragam

Seiring berjalannya waktu, kini program pinjaman tanpa jaminan dapat ditemukan sebagian besar bank di Indonesia. Selain itu, kehadiran perusahaan fintech turut berpengaruh terhadap eksistensi pinjaman tanpa jaminan, apalagi dengan iming-iming praktis dan cepat cair. Dari sini, Anda bisa memilih lembaga mana yang syarat dan ketentuannya memberikan banyak keuntungan.

4. Pinjamannya Dapat Digunakan untuk Segala Keperluan

Tak ada ketentuan khusus bagaimana uang yang Anda dapatkan dari pinjaman tanpa jaminan ini digunakan. Anda bebas memanfaatkan uang tersebut untuk keperluan apa saja, baik yang bersifat bisnis seperti modal usaha ataupun yang bersifat konsumtif seperti liburan, renovasi rumah, membeli motor/mobil, biaya pernikahan dan biaya pendidikan.

Baca juga  Ini Tempat Nitip Motor Ketika Mudik Paling Aman, Dijamin Gak Bikin Nyesel

Baca juga;

 

Kekurangan Kredit Uang Tanpa Jaminan

kelebihan-dan-kekurangan-pinjaman-dana-tunai-tanpa-jaminan
Memiliki kekurangan suku bunga tinggi

Setelah mengetahui kelebihan kredit uang tanpa jaminan, berikut beberapa kekurangan pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang perlu Anda tahu.

1. Tingginya Suku Bunga

Penetapan suku bunga yang tinggi dalam layanan pinjaman tanpa agunan memang cukup wajar, mengingat perusahaan penyedia pinjaman menanggung risiko yang tinggi apabila nasabah mengalami wanprestasi. Ya, pihak kreditur hanya bisa menagih dan menagih tanpa bisa menyita aset nasabah karena tidak ada jaminan.

Jenis bunga yang digunakan pun beragam. Di masa awal, pihak kreditur akan memberikan bunga flat. Namun, lama-kelamaan bisa berubah menjadi bunga floating yang mengikuti suku bunga pasar.

2. Memiliki Kartu Kredit

Anda pasti bertanya-tanya, mengapa diperlukan kartu kredit dalam pinjaman tanpa jaminan. Meski tidak semua lembaga menerapkan peraturan ini, namun beberapa kreditur mewajibkan Anda harus memiliki kartu kredit. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa taat Anda membayar cicilan tiap bulannya.

Baca juga  Ingin Ajukan Pinjaman Dana Tunai di Akulaku? Berikut 8 Caranya

3. Ada Minimal Penghasilan

Tidak semua orang yang mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan akan disetujui. Karena pada umumnya ada minimal penghasilan yang harus dipenuhi. Perbedaan penghasilan yang diterima akan berpengaruh terhadap plafon pinjaman yang Anda dapatkan. Semakin tinggi gaji, kesempatan untuk mendapatkan banyak plafon pinjaman pun makin besar.

4. Tenor Pinjaman Relatif Singkat

Kelemahan yang terakhir adalah singkatnya waktu tenor pinjaman. Dengan begitu, Anda perlu rencana cicilan yang matang agar angsuran berjalan normal tanpa hambatan.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian melakukan pinjaman dana tunai tanpa jaminan. Tertarik untuk melakukannya? Silakan pilih perusahaan penyedia dana yang bisa dipercaya untuk menghindari penipuan. Selain itu, sebaiknya mengambil plafon pinjaman yang sesuai kemampuan finansial agar tidak menjadi beban di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Anda sedang mencari pinjaman dana tunai? Sekarang caranya mudah dan gak ribet. Cukup dengan melakukan klik link ini! Proses cepat dan pastinya mantap!

Terbaru