by

Yamaha Byson 2018, Ganti Baju Ducati Panigale

Moladin – Selalu ada jalan buat mewujudkan motor impian, Seperti yang dilakukan Deddy Dermawanto, modifikator DJ Custom di Jl. Raya Cikunir, Bekasi yang menyulap motor customernya, Yamaha Byson menjadi Ducati Panigale.

Demi wujudkan motor impian customernya yang asal Bali akhirnya Deddy pun merubah bentuk asli motor menjadi Ducati Panigale. Deddy mesti sedikit berfikir mengubah buntut Yamaha Byson menjadi lebih ramping dan singset tapi tetap kuat menahan boncenger.

Bukannya dengan minum jamu, tetapi Deddy mengeluarkan jurus potong sebagian rangka buat merampingkannya untuk menyesuaikan dengan ciri khas Panigale yang ramping dan runcing di bagian depan dan belakangnya.

 

Rombak Rangka Jadi Ramping dan Tipis

Rombak Rangka Jadi Ramping dan TipisRangka belakang dibuat lebih tipis | Foto: contributor moladin

Rangka bagian tengah ke belakang dipapas. Kemudian dibuat lebih ramping dan nungging sesuai dengan bentuk bodi belakang dari Ducati Panigale.

“Rangka pipa standar tetap dipakai, kemudian diubah menyesuaikan bentuk bodi belakang Panigale yang meruncing, ramping dan tipis,”  buka Dedy ramah.

Baca juga  Daftar Harga Ban Motor Matic Tubeless Terbaru 2019

Setelah dibentuk pas, Deddy memperhitungkan kekuatan rangka. “Karena rangka model belakang Panigale tipis, jadi mesti memperhitungkan berat nantinya agar rangka tetap bisa menopang boncenger, lampu dan bodi belakang,” papar Dedy yang tetap mempertahankan pipa standar Byson 0,5 inchi dan dudukan fairingnya dibuatkan baru menggunakan pelat tebal.

 

Lampu-lampu Custom

Lampu-lampu CustomHeadlamp di custom meruncing supaya mengikuti detail Panigale | Foto: contributor moladin

Bagian depannya penampakan meruncing diperlihatkan pada bagian lampu utamanya. Untuk itu lampu-lampunya dibuat custom. Maklum lampu sipit seperti yang dipakai Panigale cukup susah belum ada yang plug and play.

Kalau pakai milik Panigale, tentu harganya mesti merogoh kantong dalam-dalam. Deddy pun membuatkan lampu dengan meng-custom LED projector plus mika acrylic setebal 3 mm dengan tetap memperhitungkan sorotan lampu sipitnya supaya pas menyorot ke jalan.

Kelar urusan runcing-runcingnya, bodi custom andalan DJ Custom dari bahan fiberglass bisa nemplok pas di dudukannya. Kemudian, swing arm produk RD Racing yang tinggal nemplok.

 

[product product=”Yamaha MT 25″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_MT_25_2057_89987_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-mt-25-naked-4-langkah-berpendingin-cairan-dohc-250cc” price=”Rp. 2.090.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Baca juga  Honda CBR250RR Versi 2020 Bakal Saingi Ninja 250, Fiturnya Ajib!

 

Karena mesin Byson lebih kecil, maka ada bagian yang sedikit kosong. Deddy pun tak kurang akal dengan membuatkan cover mesin custom untuk menutupi bagian yang kosong. Nah, rampingnya mulai muyus nih.

Di bagian depan, shockbreaker standar Byson masih layak buat tampil kekar. Deddy tak perlu menggusur upside down bawaan Byson. Hanya setang disesuaikan dengan riding position pemiliknya.

“Tetap mengusung racing look tapi tetap nyaman buat harian dan handling mantap,” kekeh Deddy. Sedangkan speedometer Byson terpaksa digusur dan digantikan dengan milik Satria FU yang tampil dengan desain modern dan digital.

 

Kaki-Dibuat Kekar

Kaki-Dibuat KekarKaki-kaki dibikin lebih padat, agar kesan Panigale makin dapet | Foto: contributor moladin

Di bagian kaki-kaki, velg mengandalkan milik V-Rossi yang cukup kuat dan tampilannya dibuat menyesuaikan warna bodi yang dominan merah-hitam dengan tulisan komunitas Byson Denpasar, dimana pemiliknya bernaung. Velg V-Rossi depan 5,5 inci dibalut dengan ban ukuran 120/60-17 dan velg belakang 3,5 inci dibalut ban 180/60-17.

Baca juga  Mau Beli Honda Scoopy? Nih Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk pengereman, bagian depan dobel cakram produk PSM nemplok manis di velg dan pengereman belakang mengandalkan sodara satu pabrikan milik Yamaha R15.

Walau mesin tak mengalami ubahan, knalpot standar tetap digusur. Sebab mengandalkan knalpot standar kurang mendongkrak tampilan. Supaya turut mendongkrak tampilannya, knalpot custom. Gak terlalu mencolok keluar, knalpot model kolong bahan stainlesteel pun terlihat sedikit dominan di bagian bawah. Motor siap kirim Denpasar.

Baca juga;

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

Terbaru