Mau Tahu Cara Bedakan Akrapovic Asli dan Palsu? Simak!

Moladin – Moladiners pastinya sudah akrab dengan merk knalpot Akrapovic. Knalpot terpandang di dunia otomotif ini dibuat oleh perusahaan yang berasal dari negara Slovenia.

Perusahaan ini didirikan oleh Igor Akrapovic yang merupakan mantan pembalap terkenal pada tahun 90-an. Knalpot Akrapovic adalah knalpot pilihan bagi sepeda motor sport terutama motor-motor yang berlaga di balapan internasional seperti Moto GP dan superbike

Harga knalpot ini memang tidak bisa dibilang murah, Moladiners. Knalpot yang sering digunakan untuk balap ini dibanderol mulai dari Rp 4 jutaan hingga puluhan juta rupiah. Oleh karena itu persiapkan anggaran yang cukup matang apabila ingin mengganti sistem buangan emisi motor kesayangan dengan knalpot yang memiliki reputasi mendunia.

Harga yang ditawarkan memang sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Desain-desain knalpot Akrapovic ini juga terkenal apik dan modern. Tidak akan ada yang berani bilang kalian ketinggalan zaman kalau pakai knalpot besutan perusahaan Slovenia ini. 

Material yang ditawarkan oleh knalpot Akrapovic pastinya tidak sembarangan, makanya jadi brand pilihan bagi motor balap internasional. Seperti pepatah orang Indonesia, ada harga maka ada barang. Harga knalpot ini terbilang mahal karena materialnya menggunakan logam stainless steel bermutu tinggi dan pastinya tidak mudah berkarat. 

Logam yang dipakai knalpot ini juga tidak mudah mengalami korosi. Tidak hanya stainless steel, lini knalpot Akrapovic juga menghadirkan produk buangan emisi yang menggunakan bahan titanium alloy dan carbon fibre yang sudah sangat terbukti kekuatannya.

Keunggulan lain dari knalpot Akrapovic adalah bobotnya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan knalpot lain yang terbilang standar. Knalpot yang ringan tentunya bisa mengurangi beban motor sehingga akselerasinya pun bertambah. Performa motor pun bisa dibilang mengalami peningkatan setelah menggunakan knalpot Akrapovic.

 

Suzuki Satria F150 All New

*DP mulai dari

 

Tak heran makanya banyak oknum-oknum jahat yang memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat knalpot Akrapovic tiruan. Lalu bagaimana caranya membedakan knalpot Akrapovic asli dan palsu? Nah, simak bersama yuk informasi dari Moladin berikut ini:

 

1. Nomor Seri yang Timbul

Nomor seri yang timbulKalau asli, terdapat nomor seri yang timbul

Hal pertama yang bisa menghindarkan kalian dari tindak pemalsuan knalpot Akrapovic adalah mengecek nomor seri yang tercetak timbul di bagian ujung leher knalpot. Apabila knalpot yang hendak kalian beli tidak memiliki nomor seri yang unik ini, bisa dipastikan knalpot Akrapovic yang ditawarkan pada sobat Moladin itu palsu.

 

2. Cermati Bentuk Fisik Knalpot

Bentuk Fisik Knalpot dengan las rapiPerhatikan bentuk fisiknya

Knalpot Akrapovic yang asli hasil las-nya lebih rapi daripada knalpot palsu. Selain hasil las yang presisi, terlihat jelas tampilannya fisiknya juga lebih bagus termasuk paku rivetnya yang berukuran lebih besar. Kalau tampilan knalpot yang ditawarkan pada kalian kurang presisi, bisa jadi knalpot tersebut palsu. Memang dibutuhkan ketelitian dan mata yang terlatih untuk bisa membedakan bentuk fisik knalpot yang asli dan yang palsu. 

 

3. Barcode Berlisensi

Knalpot Akrapovic yang asli kardusnya dilengkapi dengan kartu garansi, cara instalasi knalpot dan lisensi perusahaan. Nah, pada halaman pertama kartu lisensi ini biasanya akan dilengkapi barcode yang bisa dipakai untuk mengecek keaslian knalpot. Apabila barang yang ditawarkan kepada Moladiners ini tidak memiliki kartu lisensi maupun barcode, waspadalah, bisa jadi knalpot incaran kalian ini palsu.

Baca juga;

 

4. Beli di Distributor Resmi

Hal keempat yang bisa kalian lakukan untuk menghindari pembelian knalpot palsu adalah membeli knalpot Akrapovic di distributor resmi. Jadi, memang tidak disarankan untuk membeli knalpot yang memiliki harga mahal ini di toko online yang belum terdaftar sebagai distributor resmi. Hal ini dikarenakan sobat Moladin tidak memiliki jaminan apakah barang yang dijual itu asli atau tidak. 

Ada baiknya Moladiners datang langsung ke tempat penjualan resmi knalpot dari Slovenia ini untuk bisa mengecek langsung beberapa hal yang menjadi penanda keaslian knalpot, antara lain nomor serinya yang unik. 

 

5. Tidak Adanya Peningkatan Performa Motor

Pemasangan Knalpot AkrapovicPengaruhi performa motor

Apabila Moladiners sudah terlanjur membeli knalpot Akrapovic namun masih ragu dengan keasliannya, silakan lakukan tes performa motor. Menurut pabrikannya, Akrapovic bisa meningkatkan performa motor tergantung dari tipe motor yang kalian gunakan. Knalpot Akrapovic disebut-sebut bisa meningkatkan performa motor tertentu hingga 0,5 KW apabila digeber di 6050 rpm, torsi motor pun bisa naik hingga 0,4 Nm. 

 

Kawasaki Versys-X 250

*Angsuran mulai dari

 

Hal pertama yang sobat Moladin bisa lakukan adalah menimbang berat motor saat menggunakan knalpot standar dan knalpot Akrapovic yang sudah kalian beli. Apabila berat motor lebih ringan setelah diganti sistem buangan emisinya, bisa jadi knalpot yang kalian beli itu asli. Selanjutnya tentu mengetes performa motor apakah terjadi peningkatan atau tidak. Jika motor kalian tidak menunjukkan peningkatan akselarasi, patut dicurigai bahwa knalpot yang Moladiners beli bukanlah produk yang asli. 

Nah, sudah tahu kan caranya membedakan kanlpot Akrapovic yang asli dan yang palsu. Jangan sampai tertipu ya, sob, karena harga knalpot ini tidak murah. Rugi sekali sudah mahal-mahal mengeluarkan uang malah mendapat barang tiruan. Selamat berburu knalpot incaran, Moladiners!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *