Tes Kedua Iannone Kembali Positif Doping, Sinyal Pensiun?

Tes Kedua Iannone Kembali Positif Doping – Setelah sempat menyanggah kalau dirinya positif doping. Andrea Iannone kembali harus tertunduk lesu, hasil tes uji sampel B atau tes doping kedua pembalap Aprilia Racing Team Gresini kembali positif.

Kasus ini pertama kali diketahui usai Grand Prix (GP) Malaysia, November 2019 lalu. Setelah Andrea Iannone dinyatakan positif doping, sang pembalap resmi mendapatkan skorsing dari Federasi Internasional Balap Motor (FIM).

Andrea Iannone kembali dinyatakan positif menggunakan zat terlarang yang bernama Anabolic Androgenic Steroid. Meski begitu tes kedua Andrea Iannone menyebutkan kadar zat terlarang ini lebih kecil. Diduga tanpa disadari masuk ke dalam tubuh melalui daging yang dikonsumsi pada balapan di Asia.

Sebagai informasi Anabolic Androgenic Steroid atau biasa disebut Drostanolone. Termasuk zat yang dilarang digunakan dalam regulasi doping Internasional. Karena, biasanya digunakan untuk Treatment Kangker Payudara juga kegiatan non-medis yang memiliki kegunaan menambah performa fisik.

“Hasil analisis counteran membuktikan adanya metabolit yang sama dengan 1.150 nanogram per militer, jumlah yang kecil, mengingat bahwa (1) pengendara telah berada di Asia selama lebih dari sebulan dan (2) bahwa tes dilakukan segera setelah GP, relative terhadap sampel urin yang sangat padat, sama dengan 1.024, karena dehidrasi yang kuat setelah balapan,” ucap pengacara Andrea Iannone, Antonio De Rensis dikutip dari Gazzetta.

Akibat kasus ini, Andrea Iannone akan jalani sidang yang digelar oleh Komisi Balap. Jika nantinya terbukti bersalah dan sengaja menggunakan doping, pembalap Aprilia Racing Team Gresini terancam mendapat hukuman lebih berat lagi. Seperti dilaporkan melalui crash, vonis akan diumumkan dalam 45 hari ke depan.

Baca juga;

 

Tes Kedua Iannone Kembali Positif Doping, Bradley Smith Jadi Pengganti?

tes-kedua-iannone-kembali-positif-doping,-sinyal-pensiun?
Bradley Smith dipersiapkan untuk gantikan sementara posisi Andrea Iannone

Sudah memasuki tahun 2020 itu artinya musim baru segera dimulai. Aprilia Racing Team Gresini pun kabarnya sudah mempersiapkan rencana untuk menggantikan sementara posisi Andrea Iannone yang sedang menjalani proses hukumnya.

Nama yang muncul adalah Bradley Smith, test rider Aprilia yang dipersiapkan untuk menggantikan Iannone yang bakalan melewatkan tes pra-musim pada Februari mendatang dan diprediksi bakal absen di seri-seri awal MotoGP 2020.

Aprilia tak mau ambil pusing terhadap hasil dari tes kedua Andrea Iannone yang kembali positif doping. Bradley Smith sendiri bakal dipersiapkan untuk menghadapi balapan pembuka MotoGP 2020 yang berlangsung di Qatar, 6-8 Maret 2020.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *