Jajal Prototipe M1 2020, Valentino Rossi: Tidak Ada Bedanya

Moladin – Valentino Rossi menjajal prototipe Yamaha YZR-M1 2020 pada tes yang digelar di sirkuit Brno, Senin (05/8). Untuk pertama kalinya, Yamaha tancap gas mempersiapkan motor untuk musim depan sejak seusai libur musim panas.

The Doctor belum puas dengan catatan waktunya saat tes di Brno, meski mengakhirinya dengan berada di posisi keenam. Rossi mencatatkan waktu tercepat 1 menit 56.0155detik, lebih lambat 0,399 detik dari super Rookie Fabio Quartararo yang berhasil menjadi pembalap dengan mencatatkan waktu tercepat di tes.

valentino-rossi-jajal-prototipe-m1-2020Prototipe M1 2020 belum meyakinkan | Foto: autosport

Sadar motornya belum berkembang seperti apa yang diharapkan, Valentino Rossi enggan berbicara banyak mengenai prototipe dari M1 2020 ini. Pastinya, Rossi berharap Yamaha bisa lebih serius berbenah

“Itu adalah hari yang baik, hasil tes kami positif menunjukkan kalau kami punya sesuatu yang baru. Kami mencoba prototipe motor baru, meskipun sejujurnya kami tidak punya banyak part baru yang dicoba. Ini mesin yang berbeda dan ada perbedaan di setting sasisnya. Tapi ini baru prototipe pertama dan kami masih punya waktu untuk melakukan pengujian berikutnya di paruh kedua,” ungkap Rossi usai tes dikutip dari laman autosport.

“Motor baru (prototipe M1) memiliki daya cengkeraman yang lebih baik, terutama di bagian belakang. Karena basis motornya sama dengan yang lama, jadi kami tidak banyak melakukan ubahan setting. Motor ini ada sisi positifnya tapi juga masih ada kekurangannya. Jelas tugas kami sekarang fokus untuk membenahi sektor yang masih kurang,” sambungnya.

 

Maverick Vinales Fokus dengan M1 Miliknya

Sementara hal berbeda dilakukan oleh Maverick Vinales yang hanya mampu finis ke-10 di race akhir pekan lalu. Top Guns fokus pada pembenahan motornya di tes Brno, Senin (05/8). Menghadapi paruh kedua musim ini, Vinales mencoba mengeluarkan yang terbaik. Meskipun, di akhir tes Vinales sempat menjajal prototipe M1 2020.

valentino-rossi-jajal-prototipe-m1-2020Vinales apresiasi pembaharuan M1 | Foto: motorsport

Vinales menyambut positif apa yang dilakukan dengan Yamaha, sudah mempersiapkan motor yang bakal dipakai untuk mengarungi race di MotoGP 2020 sejak libur musim panas ini. Tapi pembalap yang menangi MotoGP Assen ini masih belum rasakan perbedaan yang signifikan dari M1.

“Saya harus apresiai perubahan kecil yang dilakukan Yamaha. Meskipun saya tidak bisa jamin apa arahnya sudah benar. Kami menjajal ini ketika ada banyak grip di trek, jelas dengan kondisi seperti ini motor kami memang baik. Kami harus coba saat tidak ada grip, Misano adalah tempat yang cocok, karena sangat panas dan licin. Di sana kami bisa tahu apa yang terjadi sebenarnya,” ungkap Top Guns.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *