by

Viar Q1, Motor Listrik yang Makin Pas Geber Buat Ngantor

MoladinViar Q1 generasi terbaru tampil beda dengan produk sebelumnya. Viar terbaru yang kali pertama diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, 18-29 Juli lalu di ICE BSD. 

Yucuanto Susetyo, Marketing Director Kencana Laju Mandiri (KLM), mengatakan, pola rancang bangun Q1 generasi baru didukung fitur multi fungsi untuk menunjang mobilitas kaum milenial yang dinamis.

Pada Viar Q1 kini dibekali dua baterai Lithium Ion dengan kapasitas masing-masing sebesar 60V/23Ah. Dua baterai ini diklaim mampu memiliki jarak tempuh 120 km, dua kali lipat dari Viar Q1 edisi pertama, cukuplah untuk jarak pergi pulang ke kantor.  

 

Viar Q1 Motor Listrik yang Tahan Banting

Viar Q1, Motor Listrik yang Makin Pas Geber Buat NgantorViar Q1 tahan banting

Memulai mencoba mengendarai motor listrik yang menggunakan motor tipe BLDC dari BOSCH yang memiliki keluaran tenaga 800 watt sejak awal terasa beda.

Keyless yang punya fitur Smart Key On yang sudah di genggaman, langsung diteken agak lama. Sama seperti motor bahan bakar yang menggunakan keyless.

Baca juga  Pengendara Wajib Tahu, Besaran Denda Resmi Tilang

Hanya saja, setelah tekan tombol di remote, panel instrument akan menyala, tidak terdengar suara mesin menggerung yang dikeluarkan Viar Q1 saat dinamonya aktif. Setelah menekan tombol P (parkir) agak lama, tarik gas skuter melaju dengan smooth.

Awalnya agak aneh. Tapi setelah melaju dengan kecepatan 60 km/jam rasanya makin nyaman dan pede naik motor mungil, enteng dan gak ada suaranya ini.

Di layar speedometer dengan panel full digital yang mudah dibaca saya tak kesulitan melirik sambil konsentrasi ke jalan. Ada  dua mode berkendara yaitu Standar dan Sport.

 

Viar Q1 18125 73442 large
Viar Q1

*DP mulai dari

 

Fitur ini bisa diaktifkan pada saat kendaraan posisi berhenti atau sedang berjalan. Kebetulan saya nyalakan mode standar untuk awalnya. Setelah jarak sekitar 500 meter, saya ganti mode sport untuk merasakan sensasinya.

Tinggal tekan saklar yang ada di atas grip gas. Terasa bedanya. Saat berkendara dengan mode standar tarikan gasnya lebih halus dan tenaganya juga smooth, tanpa entakan berlebihan. Tetapi ketika mode sport dinyalakan, karakter sedikit lebih keras, tarikannya kenceng dan akselerasinya lebih spontan.

Baca juga  10 Macam Tas Motor Terbaik yang Bisa Kamu Beli Untuk Bepergian Jarak Jauh

Kenyamanan berkendara pada Viar Q1 sangat terasa pada suspensi depan Telescopic dan suspensi belakang yang menggunakan Double Swing Shock Absorber.

Saat melewati gundukan, keseimbangannya sangat terjaga dan goncangannya tak terlalu membuat badan ikut getar.  Walaupun pelek sporty 10 inci cukup mungil, dan dibalut ban tubeless 90/90 untuk depan dan belakang rasanya guncangan tak tepengaruh.  

Saat mengerem, bekal Hydraulic Disk pada bagian depan dan belakang, terasa mesin listrik 800 Watt yang sedang melaju pada kecepatan 60 Km/jam mampu meberikan reaksi cengkeraman yang andal. 

 

Mungil Tapi Kaya Akan Fitur

Viar Q1 Kaya Akan FiturMeski bentuknya kecil, motor yang satu ini kaya fitur salah satunya Keyless yang punya fitur Smart Key On

Oya, Viar Q1 ini juga dibekali fitur Emergency Thottle Posistion yang berguna jika tuas gas tidak bekerja. Setelah mencoba beberapa putaran, motor berhenti, saat diparkir saya tekan tombol P (parking) sebagai pengaman saat parkir. Ini sebagai inovasi keselamatan berkendara Viar Q1.

Inovasi lain yang unik, adalah USB charge. Jadi tak perlu khawatir kehabisan baterai seluler dan smartphone di jalan. Tinggal colokin motor tetap bisa jalan. Dan, Viar Q1 yang dipasarkan Rp 18,9 juta ini dibekali bagasi yang cukup lega di bawah jok muat buat menyimpan bawaan belanjaan. Pas buat ngemall dan beraktifitas ke kantor sehari-hari.  

Baca juga  Viar Vintech 200, Motor Retro 20jtaan Gak Kalah Gahar Sama W175

Baca juga;

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru