by

Ini Bocoran Mobil Baru di GIIAS 2021, MPV hingga SUV!

Walau pamerannya dimulai pada 11 November nanti, namun bocoran mobil baru di GIIAS 2021 sudah ramai berseliweran. Kami mendapat informasi ini dari berbagai sumber, termasuk para pemangku kebijakan di agen pemegang merek (APM).

Gaikindo sendiri, sebagai penyelenggara memberi bocoran. Mobil baru yang meluncur di GIIAS 2021 bukan cuma satu atau dua, melainkan puluhan. Termasuk di dalamnya mobil listrik. Lalu yang tidak kalah menarik adalah adanya world premiere.

Sesungguhnya wajar kalau para pemegang merek memanfaatkan GIIAS sebagai ajang peluncuran produk. Di samping karena memang sudah begitu kelaziman yang ada, juga karena mereka banyak menahan meluncurkan mobil baru semasa pandemi Covid-19.

Oleh karena itulah dengan digelarnya GIIAS 2021, momen untuk melahirkan produk anyar datang lagi. Ditambah lagi, bolehnya GIIAS diselenggarakan juga menjadi tanda bahwa industri otomotif Indonesia kini sudah mulai bangkit.

Totalnya ada 24 merek kendaraan yang bakal ikut pameran akbar ini, baik dari Cina, Eropa, Jepang, hingga Korea Selatan. Lalu produk yang akan diluncurkan pun beragam, mulai jenis MPV, sedan, hingga SUV.

Ingin tahu lebih detail tentang bocoran mobil baru di GIIAS 2021? Simak bahasan berikut:

1. Honda

bocoran mobil baru di giias 2021
Mobil yang diselimuti kover ini diduga adalah Honda ZR-V

Bocoran mobil baru di GIIAS 2021 yang pertama adalah dari merek Honda. Pabrikan berlogo H mengkalim siap melakukan world premiere di sana.

Honda sangat antusias untuk berpartisipasi di ajang GIIAS, dimana kami dapat kembali menampilkan produk dan inovasi terbaru Honda secara langsung kepada konsumen, termasuk sebuah World Premiere yang sekali lagi menunjukkan komitmen Honda untuk konsumen di Indonesia.

Informasi yang kami terima, world premiere tersebut dilakukan untuk sebuah produk bergaya SUV. Bocorannya sendiri didapat dari foto rilis resmi Honda yang menampilkan siluet mobil ditutup kover. Jika dilihat lebih teliti, maka ada roof rail yang menunjukkan sebuah SUV.

Kemudian soal dimensinya cukup ringkas, maka kemungkinan besar mobil baru Honda yang meluncur di GIIAS akan jadi penantang dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Bukan tidak mungkin SUV tersebut adalah Honda ZR-V.

Peluncuran lain yang bisa jadi dilakukan Honda adalah Mobilio selaku saudara dekat dari BR-V. Kemudian ada kemungkinan pula City Sedan, Civic RS, dan HR-V Turbo.

Baca juga  Hyundai Before Service Manjakan Konsumen GIIAS 2021

2. Toyota

bocoran mobil baru di giias 2021 - avanza veloz
Sosok Avanza Veloz yang sudah bocor duluan

Dari pabrikan Toyota, bocoran mobil baru di GIIAS 2021 adalah Avanza dan Veloz generasasi ketiga. Kedua MPV tersebut digadang-gadang bakal mendapat penyegaran menyeluruh.

Informasi yang kami dapat, baik Avanza dan Veloz siap memiliki sistem penggerak roda depan. Lalu ada opsi transmisi CVT. Lalu akan ada fitur keselamatan canggih Toyota Safety Sense (TSS) untuk varian tertentu, seperti halnya di Toyota Raize.

Bahkan sosok Veloz sudah bocor terlebih dulu di dunia maya. Tampilanya lebih beraura SUV dengan penggunaan pelek 17 inci. Kemudian bodi pun semakin bongsor dari sebelumnya. Bicara interior juga sangat modern, ada rem parkir elektrik, head unit layar sentuh bergaya floating, dan lain-lain.

Selain Avanza, Land Cruiser 300 pun ada kemungkinan hadir di GIIAS 2021. Pasalnya saat ini beberapa sales Toyota telah membuka pre order untuknya.

3. Daihatsu

xenia baru hadir di giias
Sosok Xenia baru yang kemungkinan pakai basis dari mobil konsep DN Multisix

Kalau Avanza baru meluncur di GIIAS 2021, tentunya Xenia selaku kembaran ikut pula hadir. Maklum keduanya satu paket. 

Xenia anyar juga sama seperti Avanza yang bakal pakai penggerak roda depan. Lalu tersedia opsi transmisi CVT.

Bicara fitur keselamatan, Xenia baru pun istimewa. Ada varian tertinggi yang memiliki advanced safety assist (A.S.A.) seperti yang ada di Daihatsu Rocky.

Kemungkinan lain, Daihatsu bakal menghadirkan Sirion terbaru dengan transmisi CVT. pasalnya city car tersebut sudah terdaftar NJKB-nya.

4. Hyundai

Hyundai Creta
Sketsa Hyundai Creta sudah disebarkan ke media yang artinya peluncurannya tidak lama lagi

Pabrikan asal Korea Selatan ini tidak ketinggalan siap memberi gebrakan di GIIAS 2021. Salah satu yang kami dapat bocorannya adalah peluncuran SUV bernama Hyundai Creta. Kemudian kemungkinan lain, bisa jadi hadir MPV, Hyundai Stargazer selaku rival dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Kalau lebih revolusioner lagi, Hyundai bisa saja membawa mobil listriknya yang bakal diproduksi di Tanah Air. Modelnya memang sampai sekarang belum diketahui, tapi merek mobil negeri gingseng menjanjikan produksinya dilakukan pada 2022.

5. Mitsubishi

mitsubishi xpander baru 001 - tampak depan
Xpander terbaru tertangkap kamera

Bocoran mobil baru di GIIAS 2021 selanjutnya datang dari Mitsubishi. Senjata pabrikan tiga berlian ini tidak lain adalah Xpander terbaru. Informasi ini didapatkan, setelah sosok mobil menyerupai Xpander tertangkap kamera sedang melakukan syuting.

Baca juga  PPKM Bikin GIIAS 2021 Diundur, Sampai Kapan?

Dari spyshoot, tampak perbedaan di bagian parasnya sehingga lebih gagah. Kemudian pelek baru juga ikut dihadirkan. Kemudian yang tidak kalah penting, bocorannya adalah Xpander terbaru pakai transmisi CVT. Menarik bukan?

6. Isuzu

isuzu mu-x 1.900 cc
MU-X bermesin 1.900 cc siap melantai di GIIAS 2021

Tidak tanggung-tanggun, Isuzu siap menghadirkan dua produk di GIIAS 2021. Mereka adalah MU-X dan D-Max terbaru. Khusus MU-X, bakal pakai penggerak 4WD.

Lalu bocoran yang kami terima, mobil SUV rival Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner itu akan pakai mesin diesel dengan kubikasi 1.900 cc. Jantung mekanis kecil yang irit konsumsi bahan bakar.

“Kami akan mempersembahkan Indonesian Premiere untuk All New Isuzu D-Max dan All New Isuzu MU-X 4WD. Kami tunggu kehadiran teman-teman semua pada 11 November 2021 di GIIAS,” kata Marketing Communication PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Puti Annisa Moeloek dalam konferensi pers GIIAS pada Kamis (21/10/2021).

7. Nissan

mobil baru nissan di giias 2021
Sosok Nissan Note Aura Nismo e-Power

Bicara bocoran mobil baru di GIIAS 2021 dari Nissan, kemungkinannya adalah Note e-Power. Apalagi produk tersebut sudah didaftarkan oleh pabrikan asal Jepang tersebut di Kementerian Hukum dan Ham pada Agustus 2021.

Ditambah lagi, Nissan berjanji bakal lebih fokus menghadirkan mobil berteknologi e-Power di Tanah Air. Buat kamu yang belum tahu, e-Power adalah teknologi hybrid yang mengombinasikan mesin bensin dan motor elektrik.

Uniknya e-Power, mesin bensin hadir cuma sebagai generator yang mengisi baterai. Sementara roda bergerak pakai tenaga dari motor elektrik. Dengan demikian rasa berkendara mobil Nissan e-Power layaknya mobil listrik.

“Yang pasti arah kami lebih ke teknologi. Kami masih ada produk dan arahnya akan ke e-Power,” kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI), Evensius Go dalam diskusi dengan wartawan beberapa waktu lalu.

8. Kia

kia carnival high limousine 4-seater - eksterior
MPV mewah dari Kia yaitu Carnival terbaru

Pabrikan asal Korea Selatan, Kia juga tidak ketinggalan bakal hadir di GIIAS 2021. Mereka juga kemungkinan siap meluncurkan mobil baru bernama Carnival. Ini merupakan MPV bongsor bermesin diesel yang jadi kembaran dari Hyundai Staria.

Baca juga  GIIAS 2021: Honda Umumkan Harga BR-V Terbaru

Informasi tersebut didapat setelah Kia mendaftarkan nama Carnival 2.2 AT di laman samsat-pkb.jakarta.go.id pada awal 2021. Biasanya setelah muncul di sana, tidak lama lagi akan meluncur produknya untuk umum.

9. MG

bocoran mobil baru di giias 2021
Sedan MG 5 yang memiliki desain futuristik

Bocoran mobil baru di GIIAS 2021 selanjutnya datang dari merek asal Inggris, MG. Dari informasi yang kami terima, bukan cuma satu produk yang bakal mereka hadirkan di pameran otomotif akbar ini.

Hanya saja terkait produk apa, hingga sekarang belum ada informasi lebih lanjut. Satu yang jelas, MG kerap mengimpor produk dari Thailand.

Di negeri gajah itu ada beberapa mobil yang belum masuk Indonesia. Sebut saja sedan MG 5, hatchback MG 3, station wagon elektrik MG EP, SUV hybrid MG HS PHEV, hingga double cabin MG Extender. Kemungkinan salah satu dari mobil tersebut bakal hadir di GIIAS 2021.

10. Wuling

Wuling MINI EV
Sosok Wuling Mini EV saat diuji coba oleh pejabat Pemerintah Indonesia

Kali ini Wuling akan melakukan gebrakan, bocoran mobil baru di GIIAS 2021 dari pabrikan asal Cina itu adalah Mini EV. Produk tersebut sesungguhnya sudah lama tampak berada di Indonesia. Hanya saja belum diperkenalkan ke publik hingga sekarang.

Oleh karenanya, kemungkinan GIIAS 2021 akan jadi ajang perkenalan dari mobil listrik mungil Wuling Mini EV. Peluang kemunculannya semakin besar, lantaran Instagram @wulingev.id aktif menyebarkan kabar. 

“Lucu! Kecil Bentuknya, Jadi… Gesit di Gang Sempit. Hemat Lahan Parkir Tanpa Khawatir #EVolutionForABetterLife,” beber akun Instagram itu.

11. Suzuki

Suzuki S-Presso, Mobil Murah yang cocok untuk pasar Indonesia
Kemungkinan besar Suzuki S-Presso hadir di GIIAS 2021

Bocoran mobil baru di GIIAS 2021 selanjutnya datang dari Suzuki. Pabrikan berlogo S ini berjanji siap membawa dua produk baru. Salah satunya kemungkinan besar adalah S-Presso.

Suzuki S-Presso merupakan mobil mungil berpenampilan unik. Rumor kehadirannya  di Indonesia dikuatkan dengan data yang tercatat di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Di sana tampak S-Presso sudah didaftarkan.

Lalu untuk produk lainnya, bisa jadi merupakan varian terbaru dari Suzuki XL7 atau Ertiga. 

Itulah tadi informasi soal mobil baru yang bakal meluncur di GIIAS 2021. Dari puluhan produk, kira-kira mana yang paling kamu tunggu? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru