Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

15 Mobil Baru di IIMS 2023: Listrik, Hybrid, Hingga SUV Murah

by Tigor Sihombing
bocoran mobil baru di iims 2023

Apa saja mobil baru di IIMS 2023 yang berlangsung pada 16 – 26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta? Ternyata banyak sekali, totalnya ada 15 unit.

Wajar banyak peluncuran mobil baru, karena IIMS merupakan tempat untuk berbagai merek melakukan pameran. Di sini ada  Astra Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Esemka, Honda, Hyundai, Jeep, Mitsubishi, MG, Prestige, Subaru, Suzuki, Toyota hingga Wuling. Bahkan, Indomobil Group yang menghadirkan lima brand yaitu Audi, Citroen, KIA, Nissan, Volkswagen (VW).

Untuk mobil baru di IIMS 2023 juga sangat beragam, dari segmen battery electric vehicle (BEV) ada Esemka Bima EV, DFSK Gelora E rakitan lokal, DFSK Super Cab EV, hingga MG 4 EV. Kemudian di segmen mobil hybrid, hadir Suzuki Grand Vitara mild Hybrid dan Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid. Kemudian mobil bermesin bensin terbaru yang meluncur di pameran ini juga sangat banyak, ada Wuling Alvez, Chery Omoda 5, Hyundai Creta Dynamic Black Edition, Subaru Forester Forest Explorer, MG ZS Dark Midnight Edition, hingga Hyundai Staria Lombardi. 

Kebanyakan yang meluncur adalah model SUV. Mau tahu lebih lengkap soal mobil-mobil yang meluncur di IIMS 2023? Lalu sebaiknya beli yang mana? Untuk bahasan detailnya simak bahasan berikut:

1. DFSK EC31

mobil baru di iims 2023 - dfsk ec31 - dfsk super cab ev pickup

DFSK EC31 disebut juga sebagai Super Cab EV

Mobil baru di IIMS 2023 yang pertama adalah DFSK EC31. Belum dijual, cuma diperkenalkan. Dari tampilan sekilas mirip pick-up DFSK Super Cab, hanya saja ini pakai sumber tenaga baterai alias mobil listrik.

Bicara spesifikasinya, DFSK EC31 Pick Up memiliki dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.635 mm, dan tinggi 1.985 mm. Lalu untuk ukuran baknya memiliki panjang 2.900 mm, lebar, 1.665 mm, dan tinggi 370 mm. Secara keseluruhan, Super Cab listrik ini memiliki kemampuan mengangkut barang hingga 1,2 ton.

Soal performanya, motor elektrik yang berada di roda belakang mampu memberi torsi maksimal mencapai 200 Nm. Lalu daya tahan baterai 38,7 kWh dari penuh bisa membawa mobil melaju hingga jarak 215 Km. Terkait pengecasan baterai, sudah didukung dengan teknologi fast charging di mana pengisian 20-80% baterai bisa dilakukan hanya dalam waktu 30 menit.

2. Suzuki S-Presso 2023

suzuki s-presso 2023 - tampak samping

S-Presso hadir dengan mesin baru dan fitur-fitur lebih modern di IIMS 2023

Walau tidak ada ubahan di eksterior, tapi Suzuki S-Presso masuk dalam daftar mobil baru di IIMS 2023. Pasalnya mobil mungil ini punya revisi yang sangat banyak di bagian interior, fitur, dan mesin.

Suzuki S-Presso 2023 kini memiliki electric mirror. Fitur tersebut mampu membuat pengaturan spion lebih mudah dengan tekan tombol, tidak perlu lagi menggunakan tuas secara manual. Ada pula ISOFIX yang dapat dimanfaatkan untuk meletakan baby car seat secara aman. Fitur ini penting, utamanya untuk keluarga muda.

City car berlogo S itu juga mendapat fitur head unit touchscreen baru berukuran 7 inch yang dapat terintegrasi dengan perangkat smartphone. Ada pula audio steering switch yang memudahkan pengendara mengatur berbagai hiburan, tanpa perlu melepas tangan dari kemudi.

Kemudian mesinnya pakai kubikasi 1.000 cc baru berkode K10C. Hal ini menjadikan Suzuki S-Presso 2023 diklaim lebih ramah lingkungan. Hanya saja dari sisi performa, lebih lemah. Mesin itu bisa mengeluarkan torsi 89 Nm pada 3.500 rpm dan tenaga maksimal 65 hp pada 5.500 rpm. Bicara transmisi, ada 5-percepatan auto gear shift (AGS) dan 5-percepatan manual (MT).

Bila kamu tertarik punya? Harga Suzuki S-Presso 2023 varian MT Rp 168,3 juta (OTR Jakarta) dan varian AGS Rp 178,3 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  Total Transaksi di IIMS 2023 Tembus Rp 3,45 Triliun

3. Hyundai Creta Dynamic Black Edition

Harga Hyundai Creta Black edition

Harga Creta Black Edition Rp 350 juta

Selanjutnya yang jadi mobil baru di IIMS 2023 adalah Hyundai Creta Dynamic Black Edition. SUV ini memperoleh ubahan di eksterior dan interior dengan penggunaan warna dominan hitam. Basisnya adalah Creta Trend, tapi ada lampu depan LED dan teknologi Bluelink.

Kemudian bicara mesin, Hyundai Creta Dynamic Black Edition tidak ada pembeda. Masih mengandalkan Smartstream G1.5 peminum bensin yang bisa melontarkan torsi puncak 143,8 Nm dan tenaga 115 PS. Bicara transmisi, cuma tersedia dalam transmisi otomatis iVT. Soal harganya, Rp 350 juta (OTR Jakarta).

4. Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid

Spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport

Corolla Cross GR Sport pakai fitur TSS

Toyota tidak mau ketinggalan menghadirkan mobil baru di IIMS 2023, lewat Corolla Cross GR Sport Hybrid. Inilah mobil hybrid pertama yang pakai embel-embel GR Sport. 

Selain ada ubahan di bagian eksterior dan interior yang membuat tampilannya semakin sporty, Toyota Corolla Cross GR Sport juga memberoleh kaki-kaki dan setir dengan racikan khusus. Alhasil rasa berkendaranya diklaim lebih menyenangkan.

Ada pula fitur Toyota Safety Sense (TSS) di mobil ini. Dengan ubahan yang cukup komprehensif tersebut, harga Corolla Cross GR Sport Hybrid 2023 tembus Rp 600,3 juta (OTR Jakarta).

5. Chery Omoda 5

bocoran mobil baru di IIMS 2023

Dimensi lebih bongsor dari Honda HR-V. Foto: Istimewa

Mobil baru di IIMS 2023 berikutnya adalah Chery Omoda 5. Mobil ini akan hadir untuk menyasar produk SUV ringkas dengan rival Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Di atas kertas, Omoda 5 mempunyai bodi dengan panjang 4.400 mm, lebar 1.825 mm dan tinggi 1.588 mm. Perihal dapur pacunya, menggunakan 1.500 cc turbo dengan tenaga 145 hp dan torsi 230 Nm.

Fitur-fiturnya juga lengkap layaknya mobil Cina, ada ADAS, panoramic sunroof, hingga layar di dashboard berukuran 20,5 inch. Khusus pasar Indonesia, harga Chery Omoda 5 varian R Rp 328 juta dan varian RZ Rp 398 juta (OTR Jakarta). 

6. MG 4 EV

mobil baru di iims 2023 - mg 4 ev

Mobil listrik MG 4 EV

Akhirnya Morris Garage (MG) mulai memasarkan mobil listriknya di Tanah Air yaitu MG 4 EV. Kalau konsumen tertarik, bisa bayar Rp 2,5 juta sebagai tanda jadi, kemudian kendaraan bakal dikirimkan ke rumah konsumen pada Juli 2023. 

Hanya saja mobil listrik MG ini hadir di Indonesia secara terbatas untuk mula-mula yaitu cuma 100 unit. Uniknya lagi, harganya belum diumumkan secara resmi, tapi bocoran yang kami dapat sekitar Rp 600 jutaan.

Bicara spesifikasi baterai, MG 4 EV pakai kapasitas 51 kWh dengan jarak tempuh 425 kilometer berdasarkan pengujian NEDC. Soal pengecasan baterainya diklaim dari 10 hingga 80 persen dalam 35 menit dengan mode DC atau fast charging. Kemudian mobil ini juga menggunakan penggerak roda belakang (RWD).

7. Subaru WRX

mobil baru di iims 2023 - Subaru WRX Wagon

Subaru WRX hadir dalam versi sedan dan wagon

Subaru pun memiliki mobil baru di IIMS 2023 yaitu WRX. Ini adalah mobil Subaru paling mahal dan paling bertenaga di Indonesia.

WRX terbaru pakai mesin 2.4 liter turbo boxer yang bisa menghasilkan torsi 350 Nm dan tenaga 275 PS. Kemudian sudah pakai Subaru Global Platform yang serupa dengan XV, Impreza, dan Forester. Alhasil rasa berkendaranya diklaim semakin menyenangkan. 

Di Indonesia, Subaru WRX tersedia dalam dua model yaitu sedan dan wagon. Hadir pula varian tS (Tuned by STI) yang dikembangkan bersama Subaru Tecnica International divisi motorsport. Komponen yang berubah adalah Adaptive suspension tuned by STI, STI Exhaust muffler, STI Steering wheel, dan STI Sports seat materials.

Baca juga  Beli Mobil, Gratis Motor Listrik Yandea di Indomobil Plaza IIMS 2023

Tertarik punya? Harga Subaru WRX 2023 sebagai berikut:

  • Subaru WRX M/T (manual) ditawarkan dengan harga Rp 849,5 juta 
  • Subaru WRX tS A/T EyeSight® ditawarkan dengan harga Rp 949,5 juta 
  • Subaru WRX Wagon GT-S EyeSight® ditawarkan dengan harga Rp 975,5 juta
  • Subaru WRX Wagon tS EyeSight® ditawarkan dengan harga Rp. 1,029 miliar

8. Suzuki Grand Vitara Generasi Kelima

mobil baru di iims 2023 - suzuki grand vitara terbaru

Suzuki Grand Vitara hadir dengan tampilan lebih macho dan modern

Mobil baru di IIMS 2023 selanjutnya datang dari merek Suzuki yaitu Grand Vitara terbaru 2023. Mobil ini punya teknologi mild hybrid, serta fitur-fitur modern. 

Bicara fitur, SUV Suzuki ini punya wireless charger, AC Auto, head up display, ambient light, hingga panoramic sunroof. Tidak kalah menarik ada head unit 9 inci yang bisa terhubung smartphone, digital MID, serta hadir pula cruise control dan paddle shift, dan USB port untuk penumpang depan dan belakang.

Mesin Suzuki Grand Vitara generasi kelima pakai 1.500 cc berkode K15C dengan teknologi Dual Jet, mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 103,06 PS pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm pada 4.400 rpm. Padanannya adalah transmisi 6-percepatan otomatis. 

Tertarik punya? Harga SuzukI Grand Vitara 2023 memang belum diumumkan. Hanya saja bocoran dari sales Suzuki di IIMS 2023, varian GL yang punya fitur lebih sedikit dijual Rp 360 jutaan. Sementara varian GX yang pakai fitur lengkap, banderolnya Rp 390 jutaan.

9. Wuling Alvez

mobil baru di iims 2023 - wuling alvez

Alvez adalah mobil baru dengan harga terjangkau yang hadir di IIMS 2023

Mobil baru di IIMS 2023 yang paling fenomenal adalah Wuling Alvez, pasalnya dari sisi harga sangatlah terjangkau mulai Rp 209 juta (OTR Jakarta). Padalah kalau dari segmennya, SUV 1.500 cc ini beririsan dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Dalam hal fitur, Alvez varian EX atau yang tertinggi sudah punya Internet of Vehicle (IoV), Advanced Driver Assistance System (ADAS), hingga Wuling Indonesian Command (WIND) seperti halnya Wuling Almaz RS. Kemudian hadir pula sunroof, walau memang ukurannya tidak terlalu besar.

Eksteriornya juga memukau dengan kemunculan opsi warna two tone. Ada pula ruang interior luas dengan jok belakang yang bisa direbahkan, sekaligus dilipat rata lantai. Tertarik punya? Wuling Alvez hadir dalam tiga varian:

  • Wuling Alvez SE: Rp 209 juta
  • Wuling Alvez SE: Rp 255 juta
  • Wuling Alvez EX: Rp 295 juta

10. Mitsubishi XFC

mobil baru di iims 2023 - mitsubishi xfc concept

XFC Concept siap diproduksi secara massal pada 2024

obil baru di IIMS 2023 selanjutnya adalah Mitsubishi XFC. Sesungguhnya ini adalah mobil konsep, namun di masa mendatang tentu bakal jadi mobil produksi massal. XFC pertama kali hadir di Vietnam pada 2022, hadir dengan gaya SUV ringkas, produk ini siap melawan Toyota Raize dan Honda WR-V.

Ada pula yang menyebut XFC sebagai rival Honda HR-V dan Hyundai Creta. Tidak banyak memang informasi tentangnya, Mitsubishi cuma membeberkan bahwa desainnya futuristik baik eksterior dan interior. Kemudian fitur-fiturnya modern dengan mode berkendara dan layar besar di dashboard. Kemungkinan versi massalnya bakal dijual di Indonesia pada 2024.

11. Mobil Listrik Esemka Bima EV

mobil baru iims 2023 - esemka bima ev

Esemka Bima EV bisa menampung 11 orang

Selanjutnya mobil baru di IIMS 2023 adalah Esemka Bima EV. Hal unik darinya adalah kendaraan elektrifikasi ini masih impor dari Cina. Bisa dikatakan mobil tersebut adalah rebadge dari minibus Shineray Group di Negeri Tirai Bambu. Jadi bukan karya anak bangsa.

Mobil listrik Esemka Bima EV, tersedia dalam dua varian: Passenger Van dan Cargo Van. Keduanya sama-sama memiliki dimensi yang cukup bongsor dengan panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm. Adapun untuk jarak sumbu rodanya adalah 2.925 mm. 

Baca juga  3 Kelebihan Wuling Alvez, Style & Innovation SUV

Lalu untuk perbedaannya ada di bagian belakang. Kalau Esemka Bima EV Cargo, tidak punya jok belakang, karena untuk angkut barang. Sementara Bima EV model Passenger jumlah kursinya bisa mencapai 11. Namun begitu, ada pula pilihan jumlah kursi, bisa 5, 7 atau 9 kursi. 

Tertarik punya, harga mobil Esemka Bima EV ini juga terbilang sangat mahal. Berikut daftarnya:

  • Esemka Bima EV Passenger Van: Rp 540 juta
  • Esemka Bima EV Cargo Van: Rp 530 juta

12. DFSK Gelora E Rakitan Lokal

Harga DFSK Gelora E produksi lokal

DFSK Gelora E kini sudah dirakit di Indonesia

DFSK juga menghadirkan Mobil baru di IIMS 2023 yaitu Gelora E rakitan lokal. Produksi yang dilakukan di Indonesia, membuat harga minibus elektrik ini jadi lebih murah Rp 100 jutaan dibanding versi CBU dari Cina.

Bicara spesifikasi tidak berbeda, tersedia model blind van untuk angkut barag. Ada pula varian passenger (mini bus) untuk 7 penumpang. Lalu untuk kapasitas baterainya 42 kWH, sanggup membuat mobil melaju dengan jarak tempuh hingga 300 Km. Kemudian untuk pengisian baterainya juga tidak lama. Dengan peralatan fast charging, diklaim cuma butuh 80 menit dari kondisi baterai 20-80 persen. 

Tertarik punya? Harga DFSK Gelora E produksi Indonesia:  

  • DFSK Gelora E MB: Rp399.000.000
  • DFSK Gelora E BV: Rp350.000.000

13. MG ZS Dark Midnight Edition

mobil baru di iims 2023 - mg zs dark midnight edition

MG ZS edisi serba hitam hadir di IIMS 2023

Selain menghadirkan mobil listrik MG 4 EV, ada pula MG ZS Dark Midnight Edition 2023 yang hadir di IIMS. Ini merupakan SUV edisi khusus yang diproduksi sekitar 100 unit. Basisnya pakai ZS varian Magnify, hanya saja mendapat sentuhan hitam di eksterior dengan tambahan body kit.

Alhasil secara keseluruhan, tampilan MG ZS Dark Midnight Edition tampak semakin elegan. Soal mesin tidak berubah, masih menggunakan .1500 cc DOHC yang dipadukan transmisi CVT 8-percepatan. Tertarik punya? Harganya Rp 351 juta atau Rp 7 juta lebih mahal dibanding ZS Magnify.

14. Hyundai Staria Lombardi

mobil baru di iims 2023 - hyundai staria lombardi

Hyundai Staria Lombardi punya interior istimewa

Mobil baru di IIMS 2023 selanjutnya ada Hyundai Staria Lombardi. Basisnya menggunakan Staria Signature 9 Seater yang diubah menjadi 6 seater. Dengan demikian, interiornya bisa dipasang Relax Seat electric by Lombardi di baris kedua. Jok istimewa itu dibalut kulit mewah dengan jahitan tangan khusus. Lalu warna joknya cerah dengan kombinasi hitam. 

Dimensi jok MPV Hyundai edisi khusus tersebut juga sangat besar, sehingga mampu menampung bobot tubuh penumpang dengan nyaman. Kemudian, bisa diatur maju, mundur, dan rebah sesuai kebutuhan. Ada pula fitur-fitur sandaran kaki, kursi panas dan dingin, yang semuanya diatur secara elektrik. Istimewa bukan?

Lombardi juga memberikan sekat interior untuk bangku baris pertama dan kedua, sehingga menjadikan ruang privasi untuk penumpang belakang. Ada pula TV Android berukuran 27 inci yang diletakkan persis di belakang kabin depan. Tidak ketinggalan, hadir messenger talk untuk komunikasi antara penumpang belakang dengan supir yang mengemudikan.

Tertarik punya? Harga Hyundai Staria Lombardi 2023 Rp 1,4 miliar dan dibuat hanya berdasarkan pemesanan.

15. Subaru Forester Forest Explorer

mobil baru di iims 2023 - Subaru Forester forest Explorer

Subaru Forester Forest Explorer siap untuk camping

Mobil baru di IIMS 2023 dari Subaru bukan cuma WRX, tapi ada Forester Forest Explorer. Ini adalah SUV yang siap camping, karena mendapat banyak aksesori tambahan. Sebut saja ban pakai model pacul dari Open Country AT2. Velg juga sudah mengadopsi merek Method MR502 17×8 inch. Alhasil untuk melewati jalan offroad, tidak sulit.

Lalu untuk berkemah, Subaru Forester Forest Explorer mendapat Yakima Crossbar, Yakima Awning, hingga kursi lipat outdoor dari KZM SCHWYZ. Total modifikasi yang dilakukan kurang lebih senilai Rp 50 juta. Menariknya lagi, mobil ini cuma diproduksi 7 unit yang masing-masing memiliki emblem nama hutan atau gunung di Indonesia.

Tertarik punya? Harga Subaru Forester Forest Explorer cuma Rp 599,5 juta (OTR Jakarta).

Itulah tadi daftar mobil baru di IIMS 2023. Pantau terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika