oleh

Diskon PPnBM Diperpanjang, LCGC Jadi Prioritas

Pemerintah resmi mengumumkan diskon PPnBM diperpanjang hingga akhir tahun 2022. Dalam aturannya, mobil Low Cost Green Car (LCGC) dengan harga di bawah Rp 200 juta menjadi prioritasnya.

Meski begitu, aturan diskon PPnBM tahun 2022 tersebut berbeda dengan tahun 2021. Dimana mobil dengan harga di bawah Rp 200 juta atau sering kita kenal dengan mobil LCGC yang akan menikmatinya.

“Bapak Presiden Joko Widodo tadi sudah menyetujui diberikan juga fasilitas PPnBM yang ditanggung oleh Pemerintah khusus untuk sektor otomotif. Adapun fasilitas tersebut diberikan untuk mobil dengan harga jual di bawah Rp 200 juta atau yang kita kenal mobil LCGC. PPnBM yang sekarang tiga persen dan pada kuartal pertama (2022) diberikan fasilitas-fasilitas nol persen, artinya tiga persen akan ditanggung pemerintah, ” terang Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, seperti dikutip dari akun Youtube resmi Sekretariat Presiden pada Minggu (16/1/2022).

Dengan demikian, harga mobil LCGC yang sempat naik di awal Januari 2022 akan kembali direvisi alias turun. Meski begitu, aturan tersebut hanya berlaku untuk kuartal awal tahun 2022.

Baca juga  Apa Itu Mobil LCGC? Berikut Penjelasannya

Sebab pada kuartal berikutnya diskon PPnBm untuk mobil dengan harga di bawah Rp 200 juta akan disesuaikan kembali secara bertahap. Yaitu pada kuartal kedua mendapatkan PPnBM sebesar 2 persen, kuartal ketiga mendapatkan PPnBM sebesar 1 persen, serta pada kuartal empat konsumen kembali harus menanggung pajak sebesar 3 persen.

Adapun mobil-mobil LCGC yang akan menikmatinya antara lain Honda Brio Satya dengan harga Rp 151,4 juta, Daihatsu Ayla dengan harga Rp 103 juta, Daihatsu Sigra dengan harga Rp 120,6 juta dan Toyota Agya dengan harga Rp 144,9 juta.

Diskon PPnBM Diperpanjang Untuk Mobil Rp 200 Juta – Rp 250 Juta

diskon ppnbm diperpanjang
Beberapa mobil SUV di bawah Rp 250 juta

Selain mobil Low Cost Green Car (LCGC), Pemerintah juga memberikan diskon PPnBM untuk mobil dengan harga jual Rp 200 juta hingga Rp 250 juta pada juartal pertama tahun 2022. Yang normalnya mobil dengan rentang harga tersebut dikenakan PPnBM sebesar 15 persen.

“Di kuartal satu sebesar 50 persen (dari PPnBM) ditanggung pemerintah, jadi masyarakat membayar 7,5 persen. Di kuartal kedua (masyarakat) membayar full sebesar 15 persen,” jelas Airlangga.

Baca juga  Toyota Agya Facelift Siap Meluncur, Pakai Start/Stop Engine?

Meski tidak spesifik menyebutkan jenis mobilnya. Nampaknya mobil yang akan disasar adalah segmen SUV di bawah Rp 250 juta.

Adapun beberapa harga mobil dengan segmen SUV di bawah Rp 250 juta antara lain seperti Daihatsu Rocky di tentang harga Rp 191,3 juta hingga Rp 239,6 juta. Kemudian Daihatsu Terios (Rp 200 juta – Rp 242,6 juta). Serta tak ketinggalan Toyota Raize dengan rentang harga Rp 202,7 juta hingga Rp 243 jutaan.

Lewat adanya aturan baru tersebut, bagaimana menurut kamu? Apakah jadi tertarik untuk beli mobil pada awal tahun?

Moladiners, itulah ulasan mengenai diskon PPnBM diperpanjang hingga akhir tahun 2022 dengan skema baru. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru