oleh

Doa Naik Kendaraan dari Berbagai Agama, Biar Selamat di Jalan

Sebagai umat beragama tentunya akan melakukan doa naik kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Tujuannya jelas, agar perjalanan bisa lebih tenang dan selamat sampai tujuan.

Selain berhati-hati selama perjalanan dan mematuhi rambu lalu lintas, berdoa adalah rutinitas yang wajib dilakukan sebelum melakukan perjalanan menggunakan kendaraan. Baik darat, laut dan udara.

Doa juga senjata yang ampuh setiap melaksanakan kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Tidak terkecuali bagi yang hendak bepergian menggunakan kendaraan. Tentu saja doa juga harus diimbangi dengan persiapan kendaraan dan kondisi fisik yang sehat.

Di dalam agama Islam, Rasulullah SAW sendiri mengajarkan kepada umatnya untuk membaca doa naik kendaraan ketika kita ingin menaiki atau mengendarai kendaraan, manfaat dari membaca doa tersebut adalah supaya kita pada saat menaiki kendaraan terhindar dari marabahaya yang akan menimpa,dan juga supaya dilindungi oleh Allah SWT.

Dalam pembahasan mengenai doa naik kendaraan ini, kami akan menginformasikan beberapa kumpulan doa dari beberapa agama. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Agama Islam Memiliki Beberapa Doa Naik Kendaraan

Doa naik kendaraan
Ilustrasi berdoa agama Islam

Di dalam agama Islam, ada beberapa doa yang harus dipanjatkan sebelum mulai perjalanan dengan menggunakan kendaraan. Mulai dari keluar rumah, sebelum menaiki kendaraan, selama perjalanan, saat singgah di suatu tempat, saat memasuki wilayah lain serta doa setelah sampai di tempat tujuan.

  • Doa saat keluar rumah

Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah, Yang artinya:
 
“Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”
  • Doa sebelum melakukan perjalanan

Subhaana ladzii sakhara lanaa haadzaa wa maa kunna lahu muqriniina wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun. Yang artinya:

“Maha suci Allah yang telah memudahkan ini (kendaraan) bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami lah kami akan kembali.” (QS Az Zukhruf: 43).

  • Doa saat melakukan perjalanan jauh

Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadza waatwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antashookhibu fiissafari walkholifatu fiil ahli. Yang artinya:

“Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

  • Doa saat melakukan perjalanan udara atau laut

Bismillahi majrehaa wa mursaha, inna rabbi laghafurur Rahim. Yang artinya:

“Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Nuh: 41).

  • Doa saat singgah di suatu tempat

A’uudzu bikalimaatillaahittaammaati min-syarri maa kholaq. Yang artinya:

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhlukNya” (HR. Muslim).

  • Doa memasuki suatu wilayah

Allahumma Rabbissamawati assab’i wamaa adhlalna wa Rabbal aradhina assab’i wamaa aqlalna wa Rabbassayathini wamaa adhlalna wa Rabbarriyaakhi wamaa daraina fainna nas’aluka Khaira hadzihil qaryah wakhaira ahliha wana’udzubika min syarriha wa syarri ahliha wa syarri maa fiiha.

Yang artinya: “Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para syaitan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepadaMu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.” (HR. Hakim, Ibnu Hikam dan Baihaqi).

  • Doa Ketika sampai tujuan

Alhamdu lillaahil-ladzii sallamanii wal-ladzii aawaanii wal-ladzii jama’asy-syamla bii. Yang artinya:

“Segala puji milik Alloh yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

2. Bacaan Doa Naik Kendaraan Dari Agama Kristen Protestan

Doa naik kendaraan
Ilustrasi berdoa agama Kristen Protestan

Ya Tuhan Bapa kami di dalam Surga, kami mengucap syukur serta berterima kasih atas rahmat dan kasih sayang-Mu yang terus melimpah terhadap kami.

Bapa di dalam Surga saat ini kami memohon kepada-Mu agar menyertai kami selama menempuh perjalanan dengan menggunakan moda transportasi ini. Lindungi kami sehingga terhindar dari segala gangguan dan marabahaya.

Berkatilah kondisi cuaca pada saat ini agar transportasi yang kami tumpangi terhindar dari segala gangguan. Demikian halnya dengan pengemudi hingga semua petugas, kiranya Tuhan juga memberikan kemampuan bagi mereka dalam menjalankan tugasnya dengan baik sehingga kami serta penumpang lainnya bisa selamat sampai tujuan masing-masing.

Kami serahkan hidup kami ke tangan-Mu ya Bapa Tuhan kami, dalam nama anak-Mu Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.

3. Doa Naik Kendaraan Dari Agama Katholik

Doa naik kendaraan
Ilustrasi berdoa agama Katholik

Dalam (demi) nama Bapa, Putera, dan roh Kudus, Amin. Ya Tuhan. Dahulu kala Engkau pernah menyelamatkan anak-anak Israel yang menyeberang laut dengan kaki kering. Dan tiga raja budiman dan sebelah timur telah Engkau tunjukkan jalan kepada-Mu dengan bimbingan bintang ajaib.

Kami mohon kepadaMu: Karuniakanlah kami suatu perjalanan yang selamat dengan cuaca yang bagus dan menyenangkan. Berilah supaya dengan bimbingan malaikat-malaikatMu yang kudus, awak kendaraan ini mengantarkan kami mencapai tujuan perjalanan kami dengan selamat.

Kami mohon juga agar keluarga yang kami tinggalkan Engkau hibur dalam rasa damai, sampai akhirnya boleh sampai dengan aman di tempat tujuan. Terpujilah nama Mu, sekarang dan selamanya. Amin. Demi nama Bapa, Putera dan roh Kudus.

4. Doa Naik Kendaraan Dari Agama Budha

Doa naik kendaraan
Ilustrasi berdoa agama Budha

Namo Tassa Bhagavato Arahato Samma Sambuddhassa. Sabbe Sata BhavantuSukhitatta. Sadhu! Sadhu! Sadhu!

Yang artinya: Terpujilah Sang Bhagava, Yang Maha Suci, yang telah mencapai penerangan sempurna. Semoga semua makhluk berbahagia. Demikianlah hendaknya.”

5. Doa Naik Kendaraan Dari Agama Hindu

Doa naik kendaraan
Ilustrasi berdoa agama Hindu

Om om jaya jiwat sarira raksan dadasi me. Om mjum sah waosat mrityun aya namah swaha. Om ayu widhi labhate dhanam widhi guna suci yadnya sudha sila sudhadyanam bhukti mukti phalam swargam.

Artinya: “Om Sanghyang Widhi Wasa yang maha jaya, yang maha mengatasi segala kematian. Kami memujamu. Lindungilah kami dari marabahaya. Om Sanghyang Widi Wasa, semua keuntungan kekayaan, dan kepandaian adalah atas yadnya suciMu. Semoga tingkah laku dan pikiran kami menjadi bersih dan mencapai kebahagiaan lahir dan batin.”

Moladiners, itulah beberapa kumpulan doa naik mobil atau kendaraan lain. Semoga bermanfaat. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru